6 Contoh Penerapan AI untuk Konten Marketing, Otomatis dan Cepat!

6 Contoh Penerapan AI untuk Konten Marketing, Otomatis dan Cepat!

Artificial Intelligence/ AI untuk konten marketing sudah bukan hal yang aneh di era digital saat ini. Setiap hari Anda mungkin menggunakan AI untuk menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas.

Contoh paling sederhana adalah penggunaan asisten virtual Google maupun asisten virtual Apple, SIRI,  untuk membuka aplikasi di ponsel pintar. Anda tentu sudah sering memakainya, kan?

Oleh karenanya, sulit menghindari AI sebagai masa depan pemasaran/ marketing bisnis. Pasalnya, AI sudah menjadi bagian penting setiap tahap pemasaran konten (content marketing). Mulai dari pembuatan konten, pemilihan topik, meningkatkan akurasi data, hingga memaksimalkan kinerja konten, semua bisa dilakukan oleh AI.

Berdasarkan laman Statistia, pemasaran dunia berubah dan penghasilan meningkat 79% setelah mengadopsi AI. Jelasnya, AI mampu membantu bisnis meningkatkan strategi pemasaran konten agar penjualan dan profit bertambah.

Akan tetapi, bagaimana AI bisa diterapkan dalam dunia konten marketing? Langsung yuk, simak contoh-contoh AI untuk pemasaran bisnis agar lebih memahaminya!

Contoh Penerapan AI untuk Konten Marketing

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan AI untuk aktivitas produksi konten pemasaran atau promosi usaha:

#1: Pembuatan konten SEO-friendly

Tim marketing biasanya membuat atau menerbitkan konten untuk meningkatkan traffic di akun media sosial, blog, maupun website.

Marketing tools AI seperti MAIA (Mayar AI Assistant) dapat membantu menghasilkan konten original dan SEO-friendly selayaknya asisten virtual Anda.

Dengan generator konten AI seperti MAIA, yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten menarik dan dioptimalkan dalam SEO dan mesin penelusuran Google.

Cukup memasukkan kata kunci target, deskripsikan perusahaan/ website, dan ciptakan landingpage Anda.

#2. Layanan dukungan pelanggan/ Customer Care

Menurut laporan Zendesk hampir 61% pelanggan akan meninggalkan merek jika pelayanannya buruk atau ketus.

Di sinilah peran AI sebagai Chatbot dapat membantu merespons pelanggan secara cepat dan efisien ketimbang tenaga manual.

Banyak website perusahaan memakai teknologi chatbot AI agar memandu pengunjung website dengan menjawab pertanyaan pelanggan atau menghubungi tim CS.

#3. Penerjemahan bahasa

Selanjutnya, jenis penerapan AI dalam dunia pemasaran adalah penerjemahan AI. Kenapa penerjemahan ini penting? Pasalnya, pengunjung website Anda berasal dari seluruh belahan bumi dengan bahasa yang berbeda-beda.

Fungsionalitas AI untuk menerjemahkan teks dapat membantu menerjemahkan website, aplikasi, atau dokumen agar menjangkau audiens secara luas.

#4. Menetapkan harga

Pernahkah Anda melihat harga produk/ jasa bisa berubah-ubah pada waktu tertentu? Katakanlah, ketika ada event Hari Belanja Nasional (Harbolnas), promo Tahun Baru, Lebaran Idul Fitri, dll.

Mengapa bisnis Anda perlu menyesuaikan harga secara dinamis berdasarkan waktu-waktu tertentu? Jawabannya adalah karena pelanggan juga membutuhkan personalisasi harga.

Penetapan harga yang dinamis mengikuti tren terbaru adalah strategi pemasarn di mana harga dan diskon suatu produk/ jasa ditetapkan berdasarkan permintaan dan penawaran di pasar.

Ketika permintaan sangat tinggi, harga akan otomatis naik. Namun, saat permintaan rendah, harga turun.

Strategi pemasaran ini tentunya sudah sering Anda temui saat memesan kamar hotel atau tiket pesawat.

Anda memang bisa menentukan harga secara manual dan menginput sendiri ke dalam sistem e-Commerce atau akun marketplace milik Anda. Tapi, bukankah itu terlalu menyita waktu dan tenaga?

Gunakan mesin AI untuk menentukan harga real-time yang sesuai agar lebih cepat dan intuitif dengan tren pasar.

#5. Mencegah churn rate

Churn rate adalah jumlah rata-rata pelanggan meninggalkan keranjang belanja atau stop berlangganan bisnis Anda.

Tentunya, churn rate harus dicegah untuk menghindari kerugian usaha. Jika pelanggan meninggalkan bisnis Anda, perlu diketahui penyebabnya. Misalnya, lakukan polling kepuasan, survey, meminta komentar/ ulasan pelanggan, dan banyak lagi.

Data-data saran dari pelanggan dapat dianalisis untuk mencegah churn rate. Katakanlah, Anda menemukan bahwa ternyata pelanggan mengeluhkan kualitas produk/ layanan yang rendah. Segera tindak-lanjuti kritikan dan masukan pelanggan.

#6. Email copywriting

Bosan menulis email copywriting tanpa ada hasil? Terlalu sibuk membuat konten email sendiri? Solusinya adalah asisten virtual penulisan AI. Dengan asisten virtual AI, Anda bisa membuat konten email marketing dengan konversi tinggi dalam hitungan menit.

Anda bisa memiliki lebih banyak waktu untuk fokus ke tugas inti seperti mengukur pemasaran dan menyusun ulang strategi marketing.

Kecerdasan Buatan untuk Menghasilkan Konten & SEO

Anda pasti sudah tahu kan, Google sudah lama memakai AI sebagai bagian algoritme mesin pencarinya. Maka itu, Anda juga perlu memahami penyajian konten yang relevan bagi audiens target Anda.

Untuk mencapai peringkat yang lebih tinggi, bisnis perlu menggunakan AI dan Big Data dalam strategi SEO. Gunakan AI untuk mengoptimalkan strategi SEO dan konten.

Misalnya, Anda bisa memakai AI untuk mengidentifikasi pola, memahami apa saja kata kunci yang sering dicari audiens, membuat prediksi berbasis data, serta menemukan topik konten ideal.

Memilih topik untuk konten adalah keunggulan lain yang bisa dilakukan dengan manfaat AI. Anda bisa memakai analisis untuk menentukan topik-topik tertentu yang potensial dan menawarkan ranking teratas.

Jadi, penerapan AI dalam strategi SEO akan membantu tim marketing membuat konten yang sesuai keinginan pelanggan sehingga merek Anda lebih unggul dibanding pesaing dalam hasil penelusuran Google.

FAQ

Bagaimana meyakinkan tim marketing agar memakai AI untuk konten?

Cara terbaik agar tim mau memakai AI ke strategi marketing bisnis adalah menunjukkan hasilnya. Misalnya, AI dapat menghemat anggaran, meningkatkan penjualan, atau menghemat waktu. Buktikan bahwa AI berkontribusi pada peningkatan omzet bisnis.

Simak langkah demi langkah berikut:

· Identifikasi kendala tim pemasaran, contohnya butuh waktu lama membuat konten atau menghabiskan banyak uang.

· Kemudian tentukan penerapan AI yang cocok, dalam hal ini adalah pembuatan konten SEO.

· Temukan alat AI yang relevan dengan uji coba gratis.

· Buatlah laporan, analisis, dan dokumentasi bagaimana hasil yang diperoleh.

· Jelaskan manfaat AI yang didapatkan, seperti menghemat anggaran karena tidak perlu merekrut jasa admin tambahan, memenuhi tenggat waktu yang ketat, mengatasi kebuntuan konten, dll.

· Perhatikan paket harga AI yang sesuai kebutuhan anggaran.

· Presentasikan laporan tersebut pada tim marketing.

Apa saja risiko AI dalam bidang marketing?

Segala hal pasti memiliki risiko, tak terkecuali AI mempunyai pro dan kontra. Entah itu Anda sedang menjalakan startup atau perusahaan multinasional, dapat menghadapi risiko AI dalam bidang marketing, seperti kehilangan pekerjaan karena otomatisasi.

Untungnya, manfaat AI jauh lebih besar ketimbang risikonya. AI dapat mempercepat pembuatan copywriting landingpage, menghemat biaya perekrutan karyawan tambahan, meningkatkan penjualan, menyempurnakan pengalaman pelanggan, dll.

Pada gilirannya, menghasilkan lebih banyak keuntungan dengan lebih sedikit waktu dan biaya.

Apakah copywriting yang dibuat AI cocok dengan tone/ gaya merek saya?

Ya, copywriting AI dapat menyesuaikan tone/ gaya merek Anda. Sebagian besar alat AI secara otomatis menjadi lebih cerdas saat menggunakannya.

Jadi, semakin sering memakai copywriting AI, semakin baik gaya penulisan konten sesuai tone/ gaya merek Anda.

Apa perbedaan antara AI dan machine-learning?

Di satu sisi, kecerdasan buatan/ AI (artificial intelligence) adalah istilah luas yang umumnya mengacu pada kemampuan komputer untuk meniru pikiran dan tindakan manusia dalam kehidupan nyata.

Di sisi lain, machine learning adalah metode sistem komputer agar semakin cerdas—dengan mempelajari semua bentuk konten dan mengidentifikasi pola untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya.

AI menggunakan machine learning dan metode lain untuk mengotomatiskan tugas manusia, jadi machine learning adalah bagian dari AI.

Efisiensi waktu menghasilkan konten marketing dengan MAIA (Mayar AI Assistant)

Penulis atau pembuat konten tidak perlu merasa terancam oleh kemajuan teknologi. Tidak ada yang bisa menggantikan kreativitas dan kecerdikan manusia.

Sebaliknya, kecerdasan buatan justru menjadi pendukung penulis dalam  menangani tugas-tugas kepenulisan agar lebih cepat dan mudah sehingga penulis bisa fokus pada kualitas akhir tulisan.

Mayar AI Assistant adalah asisten virtual berbasis AI yang sangat mendukung kreator konten, tim marketing, dan pebisnis menghasilkan konten-konten copywriting untuk sarana promosi bisnis.

Daftar akun Mayar hari ini tanpa biaya apapun untuk membuktikan kecanggihan MAIA. Pembuatan landingpage otomatis dengan copywriting berteknologi AI untuk mempercepat produksi konten berkualitas dan sesuai tone gaya brand Anda.

MAIA dapat mengotomasikan pembuatan tulisan landingpage, mencari gambar yang cocok, serta pemilihan headline/ judul yang menarik.

Kini dengan MAIA, Anda tak perlu ribet menangani copywriting konten sendiri dan menyita waktu yang berharga. Yuk, coba paket starter Rp0 dan awali langkah kesuksesan tim pemasaran sekarang!