Semenit Bikin Landing Page yang Mobile-Friendly dengan Desain Template

Semenit Bikin Landing Page yang Mobile-Friendly dengan Desain Template

Bingung mau bikin landing page untuk promosi bisnis atau produk Anda? Bagi yang masih awam dengan pembuatan website, mungkin bisa menghubungi jasa developer website maupun digital agency.

Tapi, di era modern saat ini, gak perlu ribet membuat website maupun landing page! Anda bisa membuat website/ landing page yang mobile-friendly dengan desain template, cukup sekali klik.

Apa itu web/ landing page yang mobile-friendly?

Istilah mobile-friendly sangat populer di masa sekarang, dimana hampir semua orang memiliki perangkat mobile atau perangkat seluler. Pengguna smartphone diperkirakan ada sekitar 4 miliar orang.

Setiap tahun, jumlah pengguna seluler semakin meningkat. Jadi, sangat wajar jika Anda ingin menjangkau konsumen yang lebih luas, maka buatlah web/ landing yang mobile-friendly agar mudah dibuka lewat HP.

Masyarakat modern di era milenial dikenal ingin yang serba praktis dan cepat. Smartphone atau tablet menjadi perangkat seluler favorit karena dianggap seperti komputer kecil yang memiliki koneksi Internet dan potabilitas tinggi.

Dengan begitu, website atau landing page yang dioptimalkan agar bisa diakses dengan smartphone atau perangkat seluler harus dimiliki setiap bisnis.

Yuk, baca terus ulasan di bawah agar tahu apa keunggulan membuat website yang mobile-friendly dan sukses mempromosikan usaha Anda!

Alasan mengapa web/ landing page harus mobile-friendly?

1. Web yang mobile-friendly bisa tampil lebih baik di smartphone.

Saat mengakses website, kita semua pasti ingin melihat tampilan layar yang cepat, responsif, dan intuitif. Inilah kunci agar mendapatkan ulasan positif dari pelanggan.

Jika web atau landing page tampilannya beda antara di perangkat seluler dan perangkat desktop, tentunya akan sangat menyulitkan pengguna. Misalnya, ketika dibuka di komputer atau laptop, website tampil bagus. Tapi, saat diakses di smartphone atau tablet, tampilannya jadi berantakan dan harus diperbesar.

Jangan sampai hal ini terjadi, karena bisa membuat pengguna atau pengunjung web menghabiskan banyak waktu hanya untuk menjelajahi web/ landing page Anda.

Menghadirkan web/ landing page yang mobile-friendly adalah salah satu cara paling efektif menjaga loyalitas pelanggan. Mereka jadi lebih betah berlama-lama di web atau landing page Anda. Sehingga, dapat mengurangi tingkat bounce rate atau jumlah pelanggan yang pergi meninggalkan web kita.

2. Mempertahankan loyalitas pelanggan.

Kalau pengunjung web merasa puas atau senang dengan web Anda yang interaktif, maka mereka akan memberikan review yang positif. Jadi, mereka tidak akan ragu datang lagi atau mengunjungi web Anda di kemudian hari.

Sebaliknya, kalau pengalaman mengakses web/ landingpage buruk, hampir 62% pengguna jadi enggan kembali di masa mendatang. Bahkan, pengalaman buruk pada saat pertama kali berbelanja di web, akan membuat pelanggan tidak tertarik mempertahankan hubungan jangka panjang dengan brand tersebut.

Membuat web yang mobile-friendly adalah cara untuk mendapatkan pelanggan yang loyal dan menghasilkan lebih banyak ketimbang pelanggan baru.

3. Web mobile-friendly disukai mesin pencari seperti Google.

Mesin penelusuran seperti Google menampilkan hasil yang berbeda untuk perangkat seluler dan perangkat desktop. Jadi, kalau web Anda tidak punya tampilan yang bagus saat dibuka di HP, maka sulit bagi pelanggan untuk memakai atau menemukannya.

Pada November 2016, Google memutuskan untuk menyediakan satu indeks khusus mobile-first untuk pencarian dekstop dan seluler. Ini artinya, jika website Anda tidak mobile-friendly, maka jangan berharap punya rating yang bagus di Google.

4. Menarik lebih banyak pengguna.

Karena perangkat seluler punya ukuran layar yang lebih kecil ketimbang komputer, desain template web juga harus mudah beradaptasi dengan ukuran layar apapun.

Pengguna seluler tidak ingin scroll secara horizontal atau memperbesar konten. Hampir 57% pengguna tidak akan merekomendasikan web yang tidak responsif. Sebelum meluncurkan web atau landingpage, cek dulu tampilannya.

Kalau responsivitasnya buruk, atur lagi tata letak web agar bisa tampil bagus saat dibuka di HP maupun komputer.

5. Web/ landingpage loadingnya lebih cepat.

Selain menampilkan layout yang keren, kecepatan loading web saat dibuka di perangkat seluler harus jadi perhatian utama.

Siapa sih yang suka nunggu loading web lebih dari 3 detik? Semua pengguna ingin web yang diakses bisa langsung tampil di layar sedetik itu juga. Jika tidak, kebanyakan pengguna akan langsung pergi atau menutup web.

Ini berarti, Anda bisa kehilangan pelanggan potensial yang beralih ke kompetitor dengan web atau landing page yang loadingnya lebih cepat. Kecepatan loading web adalah salah satu indikasi web Anda responsif atau tidak.

AMP (Accelerated Mobile Pages), dirancang khusus untuk mempercepat waktu loading perangkat seluler. Selain menerapkan AMP, Anda dapat menggunakan cara lain untuk meningkatkan kecepatan loading web.

6. Web mobile-friendly dipakai untuk membandingkan produk sebelum membeli.

Sebelum membeli produk tertentu, pengguna ingin membandingkan berbagai varian dan harga yang ditawarkan di toko online lainnya sebelum membeli.

Statistik menunjukkan bahwa 69% pengguna di seluruh dunia berusia 18-39 tahun meneliti produk yang diinginkan dari perangkat seluler. Meskipun bisa menggunakan formulir web yang diakses dari komputer, tapi di HP lebih cepat dan mudah.

Itulah sebabnya penelitian menunjukkan bahwa orang biasanya menggunakan penelusuran seluler untuk menentukan produk yang ingin mereka beli. Baru, kemudian bisa menggunakan laptop atau komputer saat menyelesaikan pembayaran.

Memakai desain template untuk web/ landing page yang mobile-friendly.

Memiliki web/ landing page yang menarik adalah keuntungan bagi bisnis apapun. Terlepas dari popularitas desain web yang unik, masih cukup lumrah memakai template desain web siap pakai untuk pengembangan web/ landing page.

Dengan begitu, banyak pelaku UMKM atau pebisnis yang mempertimbangkan apakah mau memakai desain template atau tidak.

Padahal, ada banyak manfaat menggunakan desain template untuk web/ landing page Anda. Berikut di antaranya:

Manfaat menggunakan template desain web/ landing page:

Desain template untuk web/ landing page praktis dipakai dan membuat web jadi mobile-friendly.

Templat desain web tersebar luas sebagian besar karena praktis digunakan dan membantu situs web Anda menjadi ramah seluler. Namun, keunggulan ini bukan satu-satunya. Di sini ada beberapa manfaat lebih dari bekerja dengan template desain web di situs web Anda.

1. Hemat waktu.

Dibutuhkan banyak waktu untuk membuat web/ landing page dari nol. Belum lagi, jika Anda harus menulis kode pemrograman PHP atau HTML, pasti akan makan waktu dalam hitungan hari atau bahkan minggu.

Manfaat utama menggunakan template desain web/ landing page adalah siap pakai. Jadi, tidak butuh waktu lama untuk mengembangkan web/ landing page sesuai kebutuhan. Desain template bisa langsung diterapkan dan dimodifikasi sesuai selera.

2. Efisiensi biaya.

Desain template web/ landing page harganya relatif terjangkau. Bahkan, ada yang menyediakan secara gratis. Sangat cocok untuk pelaku UMKM, freelancer, atau mungkin bisnis yang masih memiliki anggaran rendah.

Menggunakan desain template web jauh lebih murah ketimbang menyewa desainer web untuk membangun web/ landing page dari nol.

3. Bisa dimodifikasi dan banyak pilihan.

Satu lagi, bonus menggunakan desain template untuk web/ landing page. Yaitu, ada banyak pilihan dan bisa memodifikasi. Ada beberapa model dan gaya yang bisa dipilih.

Desain template web/ landing page juga nyaman untuk diintegrasikan dengan platform no-code lainnya. Seperti Zapier, Mayar, Wordpress, dan lainnya. Anda juga bebas menambahkan video, audio, gambar, artikel, dan lainnya.

Yuk, bikin Landing Page yang Mobile-Friendly dengan desain template siap pakai!

mayar.id

Agar web/ landingpage mendatangkan keuntungan, gak ada ruginya menerapkan desain template siap pakai. Hanya sekali klik, web/ landingpage siap dipublish untuk memasarkan brand atau produk bisnis Anda.

Selain itu, desain template web siap pakai juga memiliki fitur SEO bawaan yang dapat mengoptimalkan pencarian di mesin penelusuran.

Desain template adalah keputusan ideal bagi orang awam atau bukan di bidang IT, namun ingin membangun web/ landingpage yang cepat dan mudah.

Jika Anda memiliki kendala atau butuh bantuan mengembangkan web atau landingpage, Anda bisa menghubungi tim Mayar di [email protected]. Mayar memiliki beberapa template siap pakai agar Anda bisa segera meluncurkan web atau landingpage untuk bisnis Anda dalam hitungan menit.

Pilih desain template yang tersedia untuk branding usaha, modifikasi konten, dan web siap diluncurkan segera! No-ribet, no-pusing mikirin coding atau desain!

Ada beberapa fitur lainnya seperti:

· Pasang Video Youtube di Landing

· Carousel

· Form

· List Upload Asset

· Dll.

Yuk, dicoba sekarang bikin web/ landingpage untuk meroketkan penghasilan Anda tahun ini, ya!

source img: Photo by Charles Deluvio on Unsplash