Email List Building Dengan Mayar

Email List Building Dengan Mayar

Perkembangan teknologi semakin lama semakin memudahkan penggunanya dalam berbagai aspek kehidupan. Sektor bisnis tak luput dari gencaran perkembangan teknologi yang kian hari semakin maju. Di zaman sekarang istilah online marketing sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hampir semua orang menggunakan online marketing sebagai salah satu ujung tombak dalam memperoleh serta mempertahankan customer.

Salah satu metode yang online marketing adalah melalui email marketing. Seringkali, Email marketing dianggap remeh oleh banyak orang, padahal email marketing merupakan salah satu cara efektif dalam berkomunikasi dengan customer secara personal.

Apa Manfaat Email Marketing?

Berikut adalah beberapa keunggulan email marketing:

  • Pengguna jarang mengganti alamat email
  • Tidak tertumpuk dengan banyak update-an seperti halnya melalui twitter atau facebook
  • Pengguna email membukanya secara rutin, karena email kebanyakan hanya digunakan untuk pesan penting
  • Pengiriman lebih personal, sehingga pelanggan akan merasa lebih dihargai
  • Email memiliki conversion rates yang lebih efektif

Email List Building

Langkah awal yang harus dilakukan dalam melakukan Email marketing adalah dengan mengumpulkan dan membuat list penerima email atau dalam istilah ini disebut dengan Email List Building. Untuk membangun list building sebaiknya menggunakan cara yang organik, dan sebisa mungkin hindari membeli data alamat email dari pihak ketiga. Sebab, kualitas dan preferensi penerima tidak sepenuhnya terjamin.

Terdapat beberapa kriteria yang sebaiknya dipenuhi untuk mendapatkan alamat Email yang berkualitas dan tepat sasaran. Dan berikut adalah beberapa kriteria alamat email yang sebaiknya dipenuhi.

  • Kualitas, Email list sebaiknya tidak diambil dari email secara asal, guna pesan atau promosi kita benar-benar tersampaikan dan dibaca oleh orang atau penerima.
  • Relevansi, daftar Email list sebaiknya orang-orang atau perusahaan yang sesuai dengan target market kita.
  • Jumlah dan konten, Setelah memperoleh email yang berkualitas dan relevan, maka kita bisa memilah intensitas pesan yang akan dikirim sesuai dengan kebutuhan customer. Selain itu, isi pesan juga harus menggunakan bahasa yang menarik dan ramah.

Cara Membangun Email List Building dengan Mayar

Untuk memiliki email list yang berkualitas baik, sebaiknya menggunakan cara organik dalam mendapatkan daftar email dari pelanggan. Anda bisa memanfaatkan Mayar untuk memperoleh Email List yang berkualitas, dimana Mayar memiliki fitur-fitur terbaik untuk melakukan email list building diantaranya yaitu:

  • Opt-in forms - Metode ini merupakan metode yang banyak digunakan untuk membangun Email List Building. Opt-in forms sering sekali kita jumpai ketika kita membuka website, biasanya anda akan menemukan kotak yang berisi ajakan untuk mendapatkan email newsletter yang muncul di beberapa area, mulai dari pop-up, ada di footer, sidebar hingga di setiap artikel.
  • Di Mayar, anda bisa langsung memasang tombol pendaftaran untuk paket berlangganan anda di web/blog dengan mudah. Hanya dengan copy-paste tanpa perlu pengetahuan teknis atau koding. Calon pelanggan bisa langsung mendaftar dan bahkan membayar dari web/blog anda tanpa perlu pindah halaman.
  • Tautan di setiap post media sosial – Anda juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara mendapatkan email list berkualitas. Di Mayar Anda bisa mengundang calon pelanggan anda untuk berlangganan hanya dengan menshare link pendaftaran ke aplikasi sosial media dan chat. Calon pelanggan bisa langsung klik dari chat atau sosmed dan mendaftar.
  • Manfaatkan event – Ketika anda memasarkan produk secara offline, anda juga bisa memanfaatkanya untuk menunjang penjualan online anda. Sediakan form data pengunjung yang berisi nama, nomor telepon, dan alamat emailnya. Anda tinggal menambahkanya secara manual melalui Mayar.
  • Setelah anda masuk ke website atau aplikasi mobile Mayar, anda tinggal klik tombol “Pelanggan” yang berada di kanan atas aplikasi Mayar, lalu isikan nama, email dan nomor handphone sesuai dengan formulir, lalu tekan simpan. Data secara otomatis akan tersimpan.

Selain mempermudah anda dalam membuat Email List Building, di Mayar juga dilengkapi banyak fitur untuk mengelola email list dan kebutuhan bisnis anda. Mulai dari mengatur frekuensi pengiriman email, Portal pelanggan, Mengelola data pelanggan dalam satu tabel, Mengingatkan pembayaran dan tagihan otomatis.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan Perhitungan Pro-rata, Laporan dan matriks Saas, Tracking Invoice, Ekspor data transaksi ke Excel atau CSV dan masih banyak lagi. Nikmati segudang fitur untuk mengelola bisnis anda hanya dalam satu aplikasi yang mudah dan praktis, Mayar.id

Image Credit: Unsplash