Gimana sih Cara Menerapkan Ide Hebat Dalam Bisnis?

Gimana sih Cara Menerapkan Ide Hebat Dalam Bisnis?

“Big ideas equal big risk,” mungkin quote ini bisa menggambarkan betapa penting peran sebuah ide kecil yang berhasil berkembang menjadi besar, karena Anda berani mewujudkannya.

Hampir semua orang pasti memiliki ide-ide besar, benar? Namun sayangnya, hanya sedikit yang berani mewujudkan dan menerapkannya dalam kenyataan. Jangan meremehkan sebuah ide kecil. Sebetulnya, tidak ada ide yang terlalu kecil. Sebab, segala macam ide memiliki potensi untuk mengubah dunia yang kita tempati saat ini bisa menjadi lebih baik.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa menerapkan ide bisnis yang hebat untuk meraih keberhasilan? Yuk, simak tips-tips ini terlebih dulu!

1. Bagikan ide bisnis.

Setelah Anda punya ide bisnis dan bahan riset yang diperlukan, pilih mitra bisnis dan beberapa pelanggan. Mungkin bisa dari keluarga, komunitas, atau teman untuk berbagi ide Anda.

Pertanyaan atau kritik dari mereka akan menjadi bahan evaluasi yang berguna

2. Cari mentor.

Memulai sesuatu bisa sangat sulit. Tetapi, dengan mentor yang berkompeten, Anda bisa mendapatkan bimbingan, dukungan, serta masukan yang netral.

Mentor bisnis juga terkadang bisa menghubungkan Anda dengan relasi atau jaringan bisnis yang lebih luas.

3. Buat rencana bisnis.

Membuat rencana bisnis bagi pelaku usaha sangat penting. Strategi ini harus ditulis secara rinci, termasuk bagaimana konsep bisnis Anda? Alur keuangan? Permodalan? Dan sebagainya.

Jangan sampai kehilangan arah dan menjauh dari rencana bisnis Anda sebelumnya.

4. Memahami kondisi pasar.

Lakukan studi kelayakan usaha atau riset pasar. Termasuk siapa saja pelanggan potensial? Demografi pelanggan? Pola pembelian? Serta penentuan harga terbaik. Faktor-faktor dalam riset pasar akan membantu karena telah menguji sejauh mana kelayakan produk atau jasa Anda.

Jika memang perlu ada yang diubah atau ditingkatkan, Anda harus bisa segera beradaptasi.

5. Pelajari teknisnya.

Menjadi wirausaha atau entrepreneur berarti Anda siap dengan segala ujian dan tantangan hidup. Dalam industri jasa, kredibilitas dan reputasi adalah hal yang prioritas.

Untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan atau vendor, habiskan waktu untuk memahami detail teknis bagaimana layanan Anda.

6. Jaringan & Pameran Dagang

Jangan meremehkan jaringan atau relasi bisnis. Sebab, ketika memulai bisnis, Anda juga perlu bertemu orang-orang dengan visi dan pikiran yang sama.

Kunjungi pameran dagang di kota Anda, webinar, atau grup industri, di mana Anda bisa menemukan calon pelanggan potensial, vendor, atau bahkan investor bisnis.

7. Pilih tim terbaik.

Startup saat ini, mendambakan tim yang bisa berkembang sendiri, berkontribusi, dan jujur.

Untuk memastikan hal ini, startup perlu saling berkomunikasi terbuka dan saling berkolaborasi antar divisi.

8. Buat website bisnis.

Website sangat berpengaruh dalam keputusan pembelian pelanggan secara online.

Usahakan agar website memiliki desain yang simpel, informatif, dan interaktif agar pelanggan bisa mudah membeli atau menindaklanjuti transaksinya.

9. Jangan terlalu bersemangat.

Umumnya, semakin besar ide, semakin tipis batas antara kegembiraan dan kekhawatiran. Gembira atau memiliki antusiasme yang tinggi untuk membagikan ide bisnis Anda adalah hal yang bagus. Tetapi, kalau terlalu banyak antusiasme, berarti terlalu banyak risiko.

Di mana, ketika Anda melihat peluang bisnis yang prospektif, kemungkinan beberapa orang juga melihat hal yang sama. Jangan sampai Anda kecewa, karena menaruh harapan yang terlalu tinggi.

--

Ingat: Ide besar memiliki risiko besar. Perkenalkan ide Anda dengan keyakinan, tetapi tidak dengan semangat yang berlebihan.

Jika Anda muncul dengan ide-ide inovatif, ini adalah cara brilian dalam memberi kontribusi besar bagi perusahaan. Apalagi, kalau ide-ide cemerlang Anda bisa diimplementasikan dengan baik.

Namun, untuk memaksimalkan peluang keberhasilan, Anda juga harus berpikir strategis. Mayar sebagai solusi pembayaran dan penagihan online, membantu untuk memaksimalkan peluang keberhasilan dalam metode pembayaran yang praktis, cepat, dan instan.

Mayar membantu manajemen bisnis berlangganan dan jualan beragam produk digital, Saas, jasa, event, dan masih banyak lagi bisnis lainnya. Fitur invoice dan pembayaran online yang cepat dan gampang, tanpa perlu skill teknis dan koding sama sekali. Klik tautan ini untuk Coba GRATIS Mayar selama 30 hari.

Pelajari bagaimana Anda bisa mendukung kelancaran arus kas transaksi bisnis bersama Mayar, baca artikel Penggunaan Mayar di Berbagai Bisnis ini.