Hobi Seni Beromzet 200Juta Sebulan, Bikin Produk Digital Pakai AI Otomatis

Hobi Seni Beromzet 200Juta Sebulan, Bikin Produk Digital Pakai AI Otomatis

Tahukah Anda bahwa banyak orang bisa menghasilkan lebih dari $20.000 atau setara Rp290 juta per bulan dengan menjual produk digital di Etsy?

Jualan online adalah salah satu prospek bisnis yang menguntungkan. Anda cukup buat produk satu kali, tapi bisa dijual berkali-kali tanpa batas dan tak perlu repot mengemas atau mengirim apapun!

Namun sayangnya, Anda mungkin bukanlah seorang konten kreator, animator, videografer, maupun tak punya keahlian di bidang desain grafis?

Jangan pusing! Untungnya, sekarang sudah ada alat kecerdasan buatan (AI/ Artificial Intelligence) yang luar biasa untuk membantu Anda membuat dan menjual produk digital.

Ada banyak jenis produk digital yang bisa dibuat oleh AI secara otomatis, di antaranya:

  1. Clip art

  2. Background zoom meeting virtual

  3. Digital paper

  4. Undangan nikah digital

  5. Desain foto

  6. Buku mewarnai

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa jenis produk yang bisa dibuat secara otomatis oleh alat AI beserta langkah panduan membuatnya.

Oleh sebab itu, baca terus supaya tak ketinggalan infonya, ya!

1. Clip art

Coba tengok beberapa toko online yang ada di Etsy untuk mendapat gambaran seberapa banyak omzet mereka.

Contohnya, DigitalCurio mampu menghasilkan lebih dari $29.000 sebulan atau setara Rp420 juta rupiah sebulan dengan menjual clip art.

Jadi, clip art adalah produk digital yang tak akan pernah mati dan selalu dicari oleh banyak orang untuk mempercantik desainnya.

Baik itu, untuk scrapbooking, undangan pesta, atau grafis media sosial, clip art adalah karya seni yang sangat berguna dalam menambah nilai estetik desain grafis Anda.

Berikut adalah cara membuat clip art menggunakan alat kecerdasan buatan.

Langkah 1: Gunakan ChatGPT untuk brainstorming tema clip art

Anda dapat membuat produk clip art yang laku cepat dalam hampir semua tema. Jika Anda kesulitan mencari ide, maka gunakan ChatGPT untuk membantu Anda brainstorming.

Contohnya, ketikkan di prompt ChatGPT, “saya ingin menjual clip art sebagai produk digital di Etsy. Berikan daftar 10 tema clip art yang akan laris di Etsy”

Tema clip art yang laris di Etsy dapat berbeda-beda seiring waktu dan trend yang berkembang. Namun, berikut adalah daftar 10 tema clip art yang dapat menjadi pilihan:

  • Floral atau bunga, termasuk motif bunga vintage atau bunga modern.
  • Kartun, seperti karakter kartun yang lucu dan menggemaskan atau karakter tokoh film animasi populer.
  • Ilustrasi bayi, seperti ilustrasi bayi, perlengkapan bayi, dan perlengkapan kamar bayi.
  • Doodle atau coretan, seperti coretan tangan atau garis-garis simpel yang digunakan dalam desain grafis.
  • Kaligrafi atau huruf indah, termasuk tulisan tangan atau tulisan digital yang unik dan artistik.
  • Musim, seperti tema musim gugur, musim dingin, atau tema liburan seperti Natal dan Halloween.
  • Vintage atau retro, seperti gambar yang terinspirasi dari era 50-an, 60-an, atau 70-an.
  • Kucing atau hewan peliharaan, seperti ilustrasi kucing lucu atau gambar hewan peliharaan lainnya.
  • Makanan dan minuman, seperti gambar makanan dan minuman lucu atau gambar buah-buahan dan sayuran.
  • Ilustrasi alam, seperti gambar pemandangan alam, tanaman, dan hewan liar.

Pastikan untuk menyesuaikan tema clip art dengan minat pasar dan trend saat ini, serta mempertimbangkan faktor legalitas hak cipta dalam membuat produk digital untuk dijual di Etsy.

Langkah 2: Gunakan Midjourney untuk membuat karya seni

Kita dapat menggunakan Midjourney untuk membuat grafis yang menakjubkan yang dapat dijual sebagai Clip Art di Etsy.

Jika Anda tidak tahu cara menggunakan Midjourney, maka lihat panduan Midjourney ini. Anda dapat membuat seni yang indah dari prompt yang sangat sederhana.

Misalnya, katakanlah Anda ingin membuat clip art untuk restoran burger yang bakal digunakan di menu dan media sosial bisnis.

Anda bisa menggunakan kolom prompt di Midjourney untuk mengetik perintah "clip art untuk burger". Anda akan mendapatkan beberapa rekomendasi clip art terkait makanan yang bisa Anda jual di Etsy.

Berikut adalah beberapa contoh ide clip art untuk burger:

  • Ilustrasi burger, termasuk gambar hamburger yang terlihat lezat dan menggiurkan.
  • Ilustrasi bahan burger, seperti gambar daging sapi, keju, selada, dan tomat yang diiris.
  • Ilustrasi perlengkapan makan, seperti gambar piring, garpu, dan sendok yang digunakan untuk makan burger.
  • Ilustrasi koki atau chef yang sedang memasak burger, atau gambar alat-alat dapur seperti spatula atau pemanggang.
  • Ilustrasi restoran atau warung burger, termasuk gambar interior restoran dan neon sign yang menampilkan burger.
  • Ilustrasi kemasan burger, seperti gambar kotak atau bungkus yang digunakan untuk membungkus burger.
  • Ilustrasi makanan cepat saji atau fast food, termasuk gambar ayam goreng, kentang goreng, atau minuman soda yang sering disajikan bersama burger.
  • Ilustrasi burger dalam variasi, seperti burger vegetarian, burger dengan saus pedas, atau burger dengan topping unik seperti keju blue dan irisan bawang merah.
  • Ilustrasi orang yang sedang menikmati burger, seperti gambar orang yang tersenyum dan menikmati burger dengan penuh nikmat.
  • Ilustrasi gambaran burger dari berbagai belahan dunia, seperti burger khas Amerika, burger Jepang atau burger Italia.

Pastikan untuk membuat clip art yang unik dan menarik untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, perhatikan juga faktor legalitas hak cipta dalam membuat clip art untuk dijual di platform seperti Etsy.

Langkah 3: Perbesar gambar

Gambar dari Midjourney tidak selalu memiliki kualitas tertinggi, sehingga Anda dapat membuat gambar lebih terperinci dengan memperbesar gambar menggunakan alat perbesar gambar AI ini.

Langkah 4: Hapus latar belakang

Clip art harus dijual sebagai file PNG tanpa latar belakang. Untuk menghapus latar belakang dari gambar, Anda dapat menggunakan alat seperti Photoshop, Canva, & Shutterstock.

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan memiliki file foto yang siap untuk dijual di Etsy.

Dengan menggunakan alat kecerdasan buatan, kita dapat dengan mudah membuat ratusan set clip art dalam waktu beberapa hari.

2. Latar belakang zoom meeting

Sejak pandemi pada tahun 2020, banyak orang yang bekerja dari rumah. Hal ini berarti banyak orang yang menghadiri panggilan Zoom setiap hari dan mengundang orang lain untuk melihat dapur, ruang tamu, atau di mana pun tempat kita mengambil panggilan.

Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk menjaga privasi rumah sehingga pasar untuk latar belakang virtual semakin berkembang pesat.

Sekali lagi, alat kecerdasan buatan dapat membantu Anda untuk membuat dan menjual latar belakang ketika zoom meeting atau pertemuan virtual. Kita dapat menggunakan Midjourney untuk membuat latar belakang yang terlihat realistis & menarik.

3. Kertas digital

Toko online TheDigiRainbow adalah salah satu produsen kertas digital yang menghasilkan $500.000 atau setara Rp7,25 miliar rupiah di marketplace Etsy.

Kertas digital adalah gambar yang terdiri dari pola dan gradasi yang dicetak atau digunakan secara digital untuk meningkatkan desain gratis tertentu.

Kita bisa menggunakan alat kecerdasan buatan seperti Midjourney untuk membuat kertas digital seperti ini dan menjualnya di Etsy.

4. Template undangan nikah digital

Saat ini, undangan nikah digital sudah bukan hal yang aneh. Sejak beberapa tahun terakhir, permintaan akan undangan nikah digital semakin meningkat.

Membuat banyak konten kreator dan seniman digital berlomba-lomba membuat dan menjual produk digital surat undangan pernikahan di Etsy.

Salah satunya Marry Me Paper Boutique sebagai toko di Etsy yang telah menjual produk stationery pernikahan senilai lebih dari $3,25 juta atau Rp47,125 miliar rupiah.

Mereka menjual seperti template undangan pernikahan, dan Anda dapat dengan mudah meniru produk yang mereka jual dengan menggunakan Midjourney.

Untuk membuat template undangan pernikahan, coba ketik menggunakan prompt seperti “template undangan nikah minimalis tema pantai”.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memakai alat editor seperti Canva untuk menghapus, menambah, atau mengedit teks maupun gambar sesuai keinginan.

5. Foto Mockup

Apa itu foto mockup? Secara sederhana, foto mockup adalah gambar atau foto yang dipakai untuk berbagai kemasan produk, seperti t-shirt, mug, stiker, atau kemasan produk lainnya.

Ada ratusan ribu bisnis e-commerce online yang menjual poster, casing telepon, kaos, dan produk cetak lainnya. Semua bisnis ini hanya membutuhkan foto mockup agar bisa menghasilkan produk seperti kaos atau stiker yang menarik pelanggan.

Beberapa orang bahkan menghasilkan banyak uang dengan menjual bundel foto mockup di Etsy.

Bagaimana cara membuat foto mockup tanpa ribet? Gunakan alat kecerdasan buatan seperti Midjourney untuk membuat berbagai jenis foto mockup menarik, yang dapat kita bundel dan jual di Etsy.

6. Buku Mewarnai

Di masa lalu, buku mewarnai mungkin hanya dipakai anak-anak usia TK atau balita.

Namun, saat ini semakin banyak orang menyadari pentingnya kesehatan mental menggunakan hobi mewarnai sebagai terapi kejiwaan.

Coba cek di marketplace Amazon, Anda akan menemukan banyak orang menghasilkan ratusan ribu dolar dengan menjual buku mewarnai untuk dewasa maupun anak-anak.

Midjourney dapat digunakan untuk membuat halaman buku mewarnai yang menakjubkan.

Seniman cerdas menggunakan Midjourney untuk membuat buku mewarnai dan menggunakan layanan penerbitan mandiri seperti Amazon Kindle Direct Publishing untuk menjualnya di Amazon.

Jual produk & jasa dengan mudah dalam satu platform, Mayar asli Indonesia!

Masa depan AI dalam pemasaran sangat cerah. Orang masih membayar mulai dari satu dolar hingga $20 atau lebih untuk logo, template, clip art, dan berbagai karya seni digital lainnya. Entah itu, melalui Etsy, Fiverr, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, Indonesia juga punya alat penjualan produk digital yang handal dan lengkap, Mayar.id!

Mau penghasilan ratusan juta sebagai konten kreator yang menjual karya seni digital, kan? Pasti dong!

Ayo, daftar sekarang dengan seniman digital lainnya di Mayar.id dan dapatkan fitur terlengkap dan terus bertambah yang memudahkan anda menjual konten dan mengelola customer di era digital!