Integrasi Kurir dan Gudang untuk Percepat Distribusi Barang eCommerce

Integrasi Kurir dan Gudang untuk Percepat Distribusi Barang eCommerce

Bisnis Anda butuh penyimpanan sekaligus pendistribusian stok barang? Kalau begitu, Anda butuh integrasi antara sistem kurir dan gudang.

Sistem ini memiliki berbagai keuntungan yang bisa membantu pertumbuhan perusahaan agar lebih kompetitif di tengah pasar.

Berikut keuntungan yang bisa dinikmati bisnis Anda jika menggunakan sistem kurir dan gudang terintegrasi.

Keuntungan sistem manajemen gudang terintegrasi

Adapun keuntungan integrasi sistem kurir dan gudang adalah berikut:

1. Data stok barang real-time

Persediaan barang dan inventaris lebih mudah dilacak dengan cepat. Bisnis bisa menjalankan operasional lebih efisien.

Menyimpan barang di gudang kurir dapat memudahkan untuk menyediakan barnag yang diinginkan klien dengan cepat dan efisien.

Namun, sulit untuk mengelola bisnis tanpa mengetahui pasti berapa banyak stok yang ada. Sistem manajemen gudang bisa memberi tahu informasi secara real-time.

Sehingga, Anda tak akan pernah kehabisan stok atau kelebihan stok. Hal ini sangat penting untuk menjaga persediaan barang sekaligus anggaran yang efektif.

Sistem integrasi gudang dapat melacak barang yang dikirim, dan berapa yang masih tersisa di gudang. Informasi ini penting untuk mengurangi kesalahan dan waktu yang dibutuhkan staf untuk menemukan sebuah barang.

2. Data pengiriman barang akurat

Sistem manajemen gudang yang tertata rapi, dapat membantu bisnis dalam pembaruan order dan pengiriman barang secara akurat.

Anda akan selalu tahu persis di mana item barang berada, membuat pelanggan lebih senang dan puas.

Sistem barcode dan nomor resi dipakai untuk memantau pengiriman barang ketika meninggalkan gudang dalam perjalanan tujuan.

Saat perjalan distribusi atau pengiriman barang, Anda juga masih bisa memantau secara akurat posisi saat ini.

3. Stok aman dan terjamin

Sistem kurir dan gudang yang terintegrasi memiliki fitur bawaan yang memastikan stok aman ketika disimpan dan dipindahkan lagi.

Sistem membuat jejak audit penuh setiap kali ada proses pengiriman. Dengan begitu, ketika ada pengiriman barang, staf logistik maupun gudang bisa memantau dan terdapat pertanggungjawaban yang jelas.

Akses sistem integrasi kurir dan gudang juga dibatasi. Jadi, hanya staf tertentu saja yang bisa mengakses dashboard atau informasi tentang pengiriman barang.

Integrasi API Kurir untuk Bisnis eCommerce

API (Application Programming Interface) adalah kode pemrograman yang bertindak sebagai perpustakaan informasi untuk platform tertentu.

Menggunakan Integrasi API, dua platform dapat berbagi informasi dan sumber daya data yang diperlukan untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu.

Seperti pengumpulan data, transfer data antara kedua platform, analisis informasi, dan pengiriman pesan.

Integrasi API memungkinkan berbagai platform berfungsi, dari situs web media sosial hingga berbagai aplikasi lainnya.

Perusahaan kurir juga memanfaatkan integrasi API untuk merampingkan solusi pengiriman untuk bisnis eCommerce.

Integrasi kurir API membantu perusahaan kurir melakukan berbagai fungsi mulai dari pembuatan pesanan, pembuatan tagihan (bills), hingga pelacakan pesanan dan pemberitahuan pelanggan.

Sistem ini bekerja untuk mengoptimalkan efisiensi dan memaksimalkan pemenuhan menggunakan kode pemrograman strategis.

Berikut adalah keuntungan utama integrasi API kurir untuk eCommerce:

1. Menyederhanakan proses pengiriman

Integrasi API kurir mengotomatiskan banyak proses berbeda dalam mekanisme pengiriman.

Sistem ini membuat tugas tertentu seperti pencatatan order, pengambilan dan pengepakan pesanan.

Selain itu, pengiriman pembaruan pelacakan pesanan, dan pengumpulan bukti pengiriman, jauh lebih mudah untuk dilakukan dalam langkah yang lebih sedikit.

Integrasi kurir sangat menyederhanakan proses pengiriman dan membuat pemrosesan dan pemenuhan order menjadi pekerjaan cepat yang membutuhkan sedikit usaha dari bisnis eCommerce.

Hal ini membantu pelanggan dengan mudah menavigasi platform e-commerce untuk membeli pesanan dan mengikuti pengiriman mereka.

2. Pengiriman  barang aman

Pengiriman pesanan adalah proses panjang yang disertai dengan berbagai kerumitan dan berbagai kemungkinan komplikasi. Masalah kendaraan, kemacetan jalan, masalah bea cukai dapat mengakibatkan keterlambatan, pengiriman tertunda, atau bahkan pesanan rusak.

Integrasi API kurir memungkinkan bisnis eCommerce untuk melacak pesanan mereka selama perjalanan dan menanggapi masalah yang sesuai.

Pengiriman dapat diamankan melalui proses ini. Berbagai protokol keamanan juga dapat disederhanakan melalui integrasi API kurir.

3. Pelacakan real-time

Berbagai jenis API kurir eCommerce membantu melacak pesanan saat sedang diangkut.

Integrasi kurir memungkinkan mitra pengiriman mengirim pembaruan pelacakan dan memungkinkan perusahaan eCommerce menerima pembaruan pelacakan secara real-time.

Penggunaan integrasi API kurir yang efektif dapat memungkinkan pelanggan mendapatkan notifikasi pelacakan real-time. Sehingga, merasa lebih tenang dan nyaman selama proses pengiriman.

4. Mengurangi kesalahan dalam pengumpulan data

Analisis data adalah bagian penting dari logistik eCommerce. Inilah yang memungkinkan setiap bisnis eCommerce untuk menentukan berbagai bidang masalah dan isu-isu yang perlu ditangani dalam mekanisme pengiriman.

Integrasi kurir API bekerja secara efisien untuk memproses dan mengirim semua jenis informasi tentang pesanan di semua mitra pengiriman.

Berdasarkan informasi ini, data dapat dikumpulkan mengenai jumlah pengiriman yang tertunda, pengiriman yang dikembalikan, dan penyebabnya.

Hal ini penting untuk memastikan keakuratan data yang dikumpulkan. Serta,  dapat membantu mengurangi biaya logistik dan meningkatkan loyalitas merek secara signifikan.

5. Biaya pengiriman lebih rendah

Ada berbagai cara integrasi kurir dan gudang dapat membantu mengurangi biaya pengiriman.

Sebagai permulaan, mengotomatisasi tugas yang sebelumnya harus dilakukan secara manual mengurangi waktu yang terbuang dan sumber daya yang dikeluarkan.

Cara lain untuk menurunkan biaya adalah melalui penyelesaian masalah seperti yang disebutkan di bagian sebelumnya. Mengumpulkan dan menganalisis data pengiriman dengan cara yang lebih teliti dan efisien dapat membantu mengurangi jumlah potensi kerugian.

Integrasi API kurir juga dapat diterapkan dengan tarif pengiriman yang telah dinegosiasikan sebelumnya.

Semakin tinggi volume pengiriman bulanan Anda, semakin besar pengaruh Anda untuk menegosiasikan tarif rendah.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin juga dapat menggunakan integrasi pengiriman yang terkait dengan beberapa mitra logistik, yang selanjutnya menambah diskon yang ditawarkan. Sehingga, bisnis Anda jauh lebih profit dan efisien.

6. Mengurangi kesalahan administrasi

Integrasi API kurir bekerja secara efektif di hampir setiap area pengiriman dan pemenuhan pesanan, mencakup pekerjaan administratif.

Fungsi tertentu seperti manajemen inventaris, manifestasi pesanan, mengumpulkan umpan balik pelanggan, mengelola akun, dll., adalah semua hal yang dapat ditingkatkan dan disederhanakan dengan bantuan integrasi API.

Integrasi kurir API menawarkan dua keuntungan utama dalam hal tugas administratif untuk bisnis eCommerce.

Pertama, integrasi kurir dapat membantu mengurangi jumlah waktu dan energi yang dihabiskan untuk memproses informasi pesanan secara manual dan mengomunikasikannya kepada mitra pengiriman.

Kedua, mengotomatisasi proses administrasi memastikan bahwa tidak ada tugas yang diulang dan informasi diproses dengan cara yang seefisien mungkin.

Kemungkinan kesalahan yang dibuat saat menyelesaikan tugas administratif juga berkurang.

7. Meningkatkan efisiensi secara keseluruhan

Setiap manfaat yang disebutkan dalam daftar ini adalah contoh kecil tentang bagaimana integrasi kurir API membantu meningkatkan efisiensi layanan pengiriman.

Setiap bisnis yang menggunakan integrasi API akan secara konsisten memperbarui integrasi mereka karena perusahaan pelayaran melakukan peningkatan pada API yang berbeda.

Industri eCommerce adalah berbasis kepercayaan. Setiap pembeli online harus menaruh kepercayaan pada bisnis eCommerce saat melakukan order.

Setiap perusahaan eCommerce atau bisnis online, juga menaruh kepercayaan kepada mitra kurir dalam hal distribusi dan pengiriman barang.

Sementara itu, mitra kurir menaruh kepercayaan kepada integrasi kurir API untuk mendapatkan jaminan layanan dan mengoptimalkan pemenuhan pesanan sesuai ekspektasi pelanggan.

Integrasi API kurir memastikan transparansi dapat dipertahankan di semua tingkatan saat pesanan sedang diproses dan dikirim. Setiap pencapaian pengiriman dapat dilacak secara real-time menggunakan integrasi API.

Integrasikan kurir pengiriman secara otomatis pakai Mayar!

Tak perlu ribet mengecek ongkir atau print label manual, karena Mayar menyediakan fitur ini secara otomatis.

Termasuk perhitungan ongkir, berdasarkan berat dan dimensi produk. Alamat tujuan dan label bisa diprint secara otomatis dalam satu klik!

Pedagang atau pemilik bisnis online dapat melacak sudah sampai mana pengiriman barang berlangsung melalui dashboard Mayar. Pelanggan juga dapat kode tracking untuk melacak paket dari nomor resi.

Integrasikan kurir API dengan berbagai pilihan perusahaan pengiriman barang. Antara lain: JNE, JNT, SiCepat, AnterAja, Wahana, ID Express, dan banyak lainnya. Kontak [email protected] untuk info selengkapnya.