Jual eBook Laris dan Mudah, Ikuti Panduan Ini

Jual eBook Laris dan Mudah, Ikuti Panduan Ini

Internet telah mengubah banyak hal di dalam kehidupan kita. Surat surat khabar, kirim surat lewat pos dan sebagainya kini sudah diganti dengan email.

Kondisi buku bacaan juga telah banyak berubah, dari buku offline yang tebal, berganti dengan ebook yang praktis.

Ebook mudah diunduh secara online. Anda dapat menulisnya sendiri, mempekerjakan penulis, menggunakan konten domain publik, dan membuat ebook Anda dari banyak sumber.

Dan hampir semua subjek dapat diliput — sama banyaknya. Bahkan, dari apa yang mungkin dirilis oleh penerbit tradisional karena Anda dapat menyesuaikan buku-buku tebal Anda dengan pasar khusus.

Bagaimana Ebook Dijual?

Anda dapat membuat situs web Anda sendiri dan menjual ebook Anda langsung secara online. Anda mungkin membuat buku dalam bentuk format PDF untuk memudahkan pembaca.

Keranjang belanja harus dibuat praktis untuk memudahkan proses pembelian ebook. Biar laris, semuanya harus serba otomatis, dan Anda cukup mengawasi hal-hal untuk memastikan situs berjalan dengan lancar.

Manfaatnya adalah Anda mengontrol seluruh proses, mendapatkan semua informasi pelanggan (sehingga Anda dapat mempromosikan produk, layanan, atau buku tambahan), dan Anda dapat mengenakan harga yang lebih tinggi.

Memakai situs / platform online untuk menjual eBook.

Salah satu cara termudah untuk menjual ebook adalah bekerja melalui situs pihak ketiga seperti Amazon. Anda mungkin pernah memesan produk, bahkan buku, dari Amazon di masa lalu. Tapi ini adalah sisi yang berbeda dari situs e-commerce besar ini.

Manfaat besar lainnya adalah bekerja melalui Amazon Kindle Direct Publishing, Meskipun mereka membebankan komisi atas penjualan Anda, adalah jangkauan mereka. Sekitar seperlima orang Amerika (21%) dikatakan sebagai pembaca ebook aktif pada tahun lalu.

Ini berarti, ada banyak audiens potensial Anda. Yaitu, semua orang yang mengunjungi situs ini dan mencari buku baru. Bisa jadi buku Anda yang mereka temukan saat melakukan pencarian pada kata kunci terkait.

Meskipun Anda mungkin tidak menghasilkan uang sebanyak yang akan Anda jual langsung di situs Anda sendiri, Anda akan memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens yang tidak dapat Anda akses.

Proses menjual ebook Anda di Kindle sangatlah mudah. Anda mendaftar, lalu upload ebook Anda. Mereka mengurus mengubahnya ke format milik mereka. Kemudian Anda siap untuk menjual dan mengembangkan bisnis Anda melalui Amazon.com.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memasukkan penawaran bonus gratis ke dalam buku Anda dan meminta mereka kembali ke situs web Anda untuk mengklaim bonus mereka. Untuk mendapatkan akses ke bonus, mereka harus memilih dan memberi Anda alamat email mereka.

Setelah Anda memilikinya di daftar email Anda, Anda dapat menindaklanjutinya dan menjualnya kepada mereka ebook tambahan dari situs Anda sendiri, dengan harga yang lebih tinggi.

Cara Memasarkan Ebook.

Ada rahasia kecil di dunia penerbitan tradisional. Penerbit biasanya tidak secara aktif memasarkan atau mempromosikan sebagian besar buku yang mereka rilis.

Hanya mereka yang berasal dari penulis buku terlaris yang mapan yang mendapatkan perhatian ini.

Namun, sebagai penerbit ebook, Anda akan senang memiliki kendali yang sama atas strategi pemasaran dan penjualan Anda. Dengan semua opsi yang tersedia, Anda tidak akan kesulitan menemukan cara untuk mengeluarkan judul buku Anda ke seluruh dunia dan menarik perhatian pembaca potensial.

Jadi, bagaimana caranya? Direkomendasikan agar Anda memakai pendekatan multichannel atau pendekatan pemasaran dari beberapa sudut yang berbeda.

  1. Media sosial.

Salah satu saluran yang pasti adalah media sosial. Manfaatkan halaman Facebook Anda, Twitter, kontak LinkedIn, dan lainnya untuk menyebarkan berita.

Saat buku diterbitkan, posting di Facebook dengan tautan kembali ke situs web Anda dengan informasi lebih lanjut dan cara memesan, misalnya.

Tapi, hal ini masih kurang untuk mengirimkan satu pengumuman. Anda harus membangun buzz di sekitar ebook Anda. Dorong orang untuk memberi tahu teman tentang ebook Anda dan sebarkan beritanya.

Posting konten yang terkait dengan buku Anda. Buat kontes. Lakukan giveaway. Jadilah kreatif dengan pemasaran Anda.

2. Blog.

Anda juga harus mempromosikan buku Anda di blog Anda. Aktiflah di forum yang berhubungan dengan topik buku Anda dan beri tahu orang-orang tentangnya.

Dan jika Anda memiliki daftar email, pastikan untuk mempromosikannya juga di sana.

Anda mungkin juga menawarkan bab gratis dari ebook Anda. Itu akan membuat pembaca ketagihan sehingga mereka menginginkan lebih dan akan membeli sisa ebook.

Kuncinya adalah proaktif dengan upaya pemasaran Anda untuk terus menghasilkan buzz dan minat untuk buku Anda.

3. Iklan berbayar.

Selain itu, jika Anda menjual eBook Anda di Amazon, Anda dapat melakukan iklan berbayar langsung di Amazon untuk mempromosikan buku Anda ke audiens yang sangat bertarget berdasarkan pencarian kata kunci dan produk tertentu (seperti buku terkait).

Beberapa tips dan pantangan menjual eBook yang sukses.

Menghasilkan uang dari ebook tidak otomatis. Anda tidak bisa hanya memasukkan apa pun ke dalamnya dan berharap mendapat untung.

Hal ini bukan tugas yang sulit, tetapi Anda harus mengikuti beberapa praktik terbaik untuk memastikan ebook Anda menarik perhatian pembaca dan menghasilkan penjualan.

1. Hindari stres.

Hanya karena Anda sedang menulis buku tidak berarti Anda harus stres. Dengan rencana, Anda dapat menyelesaikan pekerjaan Anda dan menjualnya.

Anda hanya perlu membuat outline untuk buku yang akan diikuti, mengatur jadwal kapan Anda akan menulis (apakah itu karya asli) atau kapan Anda akan mengerjakannya, bagaimana Anda akan memasarkan buku dan kapan setiap tugas perlu dilakukan, dan menetapkan tanggal publikasi tujuan kapan akan ditawarkan pada penjualan.

Ini masalah menyisihkan waktu setiap hari. Anda tidak bisa hanya mengerjakan ini ketika Anda "merasa" menyukainya ... jika tidak, itu tidak akan pernah selesai.

2. Pilih topik yang familiar.

Anda ingin menulis dengan otoritas dan kepercayaan diri… dan semangat. Bukanlah ide yang baik untuk memilih sebuah topik hanya karena Anda pikir itu mungkin buku terlaris. Ingat, Anda selalu dapat mengalihdayakan tulisan ke ahlinya juga.

3. Jangan membuat tulisan yang rumit.

Pastikan semua teks Anda mudah dibaca dan dipahami. Lebih baik menulis dengan cara percakapan dan bukan secara akademis. Banyak ahli menyarankan agar Anda menulis pada tingkat menulis delapan kelas.

4. Memeriksa dan kroscek ulang.

Periksa kembali kesalahan tata bahasa, salah eja, dll. Pastikan Anda memiliki teman tepercaya atau bahkan korektor profesional yang memeriksa ebook Anda sebelum dipublikasikan. Tidak ada yang lebih buruk daripada merilis buku yang penuh kesalahan — itu tidak menginspirasi kepercayaan pada pembaca Anda, dapat menyebabkan pengembalian uang, dan ulasan buruk.

5. Membuat layout dan sampul yang profesional.

Hanya karena Anda menerbitkan sendiri bukan berarti Anda ingin seperti seorang amatir yang melakukannya. Pekerjakan seorang desainer grafis di situs seperti Sribulancer.com untuk membuat sampul yang bagus berdasarkan arahan dan masukan Anda dengan biaya yang tidak sedikit.

Mereka juga dapat menata halaman interior juga. Hanya karena buku Anda diterbitkan sendiri tidak berarti harus terlihat dan terasa seperti itu.

Mengambil langkah selanjutnya untuk menjual ebook secara online.

Jadi sekarang Anda mengerti mengapa menjual ebook bisa menjadi penghasil uang, inilah saatnya untuk memulai.

Cari tahu jenis ebook apa yang ingin Anda jual, di mana Anda akan mendapatkan kontennya, dan kemudian di mana Anda akan menjualnya — dan bagaimana Anda akan memasarkannya secara online.

Hal ini adalah peluang bisnis berbiaya rendah, berisiko minim, namun memiliki keuntungan besar.