Kapan sih Waktu Terbaik Kirim Email Invoice Reminder ke Klien?

Kapan sih Waktu Terbaik Kirim Email Invoice Reminder ke Klien?

Sebagai pelaku UMKM, Anda perlu membuat dan mengirimkan invoice untuk menagih pembayaran ke pelanggan.

Tapi, jika pelanggan masih juga menunda pembayaran, saatnya mengirimkan pengingat pembayaran (invoice reminder). Agar terlihat lebih profesional, gunakan Mayar sebagai solusi pembayaran dan penagihan otomatis.

Di aplikasi Mayar, tersedia fitur reminder atau pengingat pembayaran yang akan memberitahukan pelanggan sudah jatuh tempo untuk melunasi pembayarannya.

Apa itu fitur invoice reminder/ pengingat pembayaran di Mayar?

Bayangkan betapa ribetnya jika Anda harus membuat email pengingat tagihan secara manual setiap hari.

Kalau hanya 1-2 tagihan mungkin tidak masalah, tetapi jika sudah memiliki puluhan atau bahkan ratusan klien? Tentunya, akan sangat menyita waktu Anda yang berharga.

Dengan Mayar, Anda bebas ribet menangani penagihan. Sebab, sistem Mayar secara otomatis akan mengingatkan pelanggan via email ketika mendekati jatuh tempo dan pada saat hari H jatuh tempo pembayaran, agar pelanggan atau klien bisa membayar tepat waktu.

Saat ini, Mayar terus berinovasi untuk mengembangkan fitur pengingat tagihan dalam format SMS dan Whatsapp.

Mayar didukung fitur pengingat pembayaran (invoice reminder) dan penagihan otomatis. Fitur invoice reminder adalah salah satu keunggulan dan solusi yang membantu bisnis Anda mengirimkan email pengingat otomatis kepada klien agar membayar tagihan yang belum dilunasi.

Tips mengirimkan email invoice reminder ke klien agar tagihan cepat dilunasi.

Sangat penting mengirimkan tagihan tepat waktu, karena bisa meningkatkan peluang agar pembayaran segera dilunasi.

Sebagai pemilik bisnis, waktu adalah uang. Semakin menunda-nunda mengirim email invoice reminder, semakin besar kemungkinan klien tidak membayar dan omzet bisnis berkurang.

· Kirim pengingat sebelum hari H dan tepat hari H jatuh tempo.

Pelanggan atau klien Anda harus mengetahui bahwa mereka punya kewajiban tagihan yang perlu dilunasi. Maka itu, Anda bisa mengirimkan email pengingat pembayaran ini pada hari H jatuh tempo agar pembayaran bisa tepat waktu.

Ingatlah untuk memasukkan semua informasi yang dibutuhkan secara rinci. Dan mintalah konfirmasi klien bahwa mereka sudah menerima email tagihan. Jika masih belum ada pembayaran, tanyakan kapan mereka bisa menindaklanjuti atau ada kendala lainnya.

Cantumkan nomor invoice, jumlah nominal tagihan, tanggal jatuh tempo, dan keterangan lainnya yang dianggap perlu dicantumkan.

Sebutkan juga produk atau layanan apa yang invoicenya sudah dikirim. Hal ini akan membantu klien Anda mudah memahami dan membayar lebih cepat.

· Ketika pembayaran tertunda lebih dari 7 hari setelah jatuh tempo.

Apabila klien masih juga belum membayar tagihan, Anda secara hukum berhak menambahkan sanksi denda administratif. Sanksi denda ini bisa berupa suku bunga atau kompensasi lainnya.

Jelaskan syarat pembayaran ini di awal proyek agar kedua pihak bisa saling memenuhi tanggung jawabnya. Tagihan bisa dikirimkan ulang dalam jangka waktu : 7 hari, 30 hari, 60 hari, 90 hari. Lebih dari 120 hari, Anda boleh untuk mengambil tindakan hukum atau ke agen khusus penagihan.

Anda perlu menyebutkan biaya keterlambatan pembayaran pada klien dan sebutkan nominalnya. Jika klien gagal membayar, Anda bisa mengambil tindakan hukum.

Otomasi pengingat pembayaran dan penagihan bisnis Anda dengan Mayar

Lupakan kerumitan penagihan karena cuma mengandalkan pembuatan invoice reminder secara manual. Sebab, kini telah hadir aplikasi Mayar sebagai solusi pembayaran yang modern, praktis, dan cepat.

Anda bisa mengelola smart invoicing secara instan, semudah beberapa klik saja. Hal ini akan sangat menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Dengan Mayar, Anda bisa mengirimkan pengingat pembayaran serta penagihan sebelum dan sesudah jatuh tempo invoice, semuanya sudah diatur secara OTOMATIS. Jadi, sekali lagi, Anda bebas ribet, agar bisa lebih fokus mengembangkan usaha.

Mayar juga dilengkapi fitur untuk pembayaran berbagai channel seperti kartu kredit/ kartu debit, transfer bank, ShopeePay, Gopay, dan merchant mini market (Alfamart/ Indomaret).

Ayo, buktikan kemudahan penagihan bersama Mayar GRATIS selama 30 hari, daftar melalui tautan ini.