Kenali Aplikasi Pembayaran Online Dengan QRIS, Lebih Canggih dan Aman!

Kenali Aplikasi Pembayaran Online Dengan QRIS, Lebih Canggih dan Aman!

Kehadiran teknologi digital yang ada saat ini, semakin menjadikan semuanya lebih praktis dan instan. Tidak terkecuali dalam hal transaksi pembayaran. Metode cashless yang diusung oleh beberapa platform online shop atau aplikasi pembayaran online, saat ini menjadi lebih populer. Belum lagi dengan adanya transaksi pembayaran terima QRIS.

Apa itu QRIS?

QRIS atau Quick Response Indonesia Standard, ialah kode QR yang dirancang sesuai standar nasional guna memfasilitasi sistem pembayaran digital dengan aplikasi e-money. Baik itu untuk pembayaran melalui mobile banking, dompet digital, atau aplikasi fintech lainnya.

Penggunaan QRIS semakin mempermudah banyak merchant untuk menerima sistem pembayaran di aplikasi apapun dengan cara membuka akun di salah satu penyelenggara pembayaran terima QRIS. Dengan kata lain, QRIS memungkinkan semua akun bisa melakukan pembayaran dengan mudah hanya menggunakan satu QRIS saja.

Hal ini berbeda dari sebelumnya, dimana setiap aplikasi e-payment di Indonesia pasti mempunyai kode QR sendiri. Misalnya, pada 5 aplikasi e-payment yang dipakai, maka Anda harus mempunyai 5 jenis kode QR.

Keuntungan QRIS Bagi Penjual

Seperti sudah dibahas sebelumnya bahwa dengan adanya QRIS akan memudahkan transaksi menggunakan aplikasi e-payment yang dapat diakses secara online. Maka dari itu, QRIS menawarkan berbagai macam keuntungan bagi para pembeli maupun penjual itu sendiri.

Lalu, apa saja keuntungan terima QRIS bagi penjual?

1. Membuat Transaksi Menjadi Lebih Praktis

Dengan adanya QRIS, secara otomatis menjadikan proses transaksi lebih simpel dan mudah. Sebab Anda hanya perlu menggunakan satu kode QR saja untuk bisa melayani aplikasi e-payment yang ada dan sudah berizin resmi di Indonesia untuk pembayaran.

Keuntungan lainnya, membuat tampilan pada meja kasir Anda lebih rapi tanpa harus memasang beberapa QR Code setiap aplikasi. Jadi, setiap merchant sendiri cukup menempelkan kode QR yang diperoleh dari QRIS.

2. Memudahkan Pendaftaran Toko atau Merchant

Jika sebelum memakai QRIS, biasanya penjual harus mendaftar terlebih dahulu sebagai merchant atau mitra di aplikasi e-payment tertentu. Namun berbeda setelah adanya QRIS, Anda tidak perlu lagi melakukan hal tersebut. Anda cukup mendaftar satu kali saja untuk menerima sistem pembayaran digital lewat aplikasi apa saja.

3. Meminimalisir Resiko Penyebaran Uang Palsu

Melalui pembayaran terima QRIS tentu saja bisa meminimalisir peredaran uang palsu. Sebagai kode pembayaran online atau digital, adanya QRIS tentu saja semakin mengurangi transaksi pembayaran dengan uang tunai. Ini artinya Anda juga bisa terhindar dari uang palsu yang bisa saja dipakai oleh pembeli, baik secara sadar maupun tanpa sadar.

Metode pembayaran online dengan QRIS juga sangat penting di masa pandemic Covid-19 saat ini. Karena bisa mencegah resiko terpapar virus saat kontak langsung dengan pembeli. Mengingat sistem pembayaran ini dilakukan secara digital, jadi dengan QRIS bisa menekan penyebaran virus Covid-19.

Keuntungan QRIS Bagi Pembeli

Selain bagi penjual, QRIS juga memberikan berbagai kemudahan dan keuntungan bagi banyak pembeli. Diantaranya sebagai berikut :

1. Membuat Transaksi Lebih Mudah

Untuk membeli atau melakukan pembayaran tagihan, Anda tidak perlu repot-repot mencari uang tunai lagi. Karena dengan pembayaran online terima QRIS ini, Anda bisa  langsung membayar tagihan dengan mudah dan cepat. Sehingga transaksi pembelian pun menjadi lebih praktis.

2. Menawarkan Pilihan Pembayaran yang Bervariasi

Keuntungan memakai QRIS lainnya bagi pembeli ialah menawarkan metode pembayaran yang semakin beragam. Anda bisa memakai aplikasi pembayaran mana saja yang telah berizin resmi dari Indonesia untuk melakukan pembayaran online.

3. Transaksi Lebih Aman

Selain memudahkan transaksi, melalui QRIS baik pembeli maupun penjual sebenarnya sama-sama diuntungkan. Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan keamanan bertransaksi. Sebab semua aplikasi yang sudah menerima QRIS sudah diawasi Bank Indonesia secara langsung dan sudah berizin resmi. Maka dari itu, keamanan transaksi menjadi lebih terjamin.

Itulah beberapa keuntungan penerapan QRIS yang didapatkan bagi penjual maupun pembeli. Oleh karena itu, pilihlah aplikasi yang menyediakan layanan QRIS untuk mempermudah transaksi Anda sekarang juga!

QRIS Payment Dengan Mayar

Apakah Anda sedang mencari aplikasi e-payment yang menerapkan sistem pembayaran dengan QRIS? Jika ya, maka Mayar.id bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Bagi para pengusaha onine, kini bisa memanfaatkan aplikasi Mayar.id yang dapat diunduh di Google Play Store.

Aplikasi Mayar membantu para entrepreneur dan bisnis untuk menerima sistem pembayaran online secara mudah dan praktis. Menariknya lagi Mayar.id juga terima QRIS untuk berbagai tagihan, seperti pembayaran berlangganan atau produk.

Dengan aplikasi ini, maka bisnis Anda bisa menerima sistem pembayaran untuk membership, paket berlangganan, jasa, produk dan terima QRIS hanya dalam 1 aplikasi saja. Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan.

Aplikasi Mayar.id penting sekali bagi pemilik bisnis UKM, entrepreneur dan bisnis individu. Semakin mempermudah proses transaksi dan menjadi lebih aman, serta membuat bisnis Anda semakin dipercaya.

Anda hanya perlu memilih paket berlangganan saja dan nikmati kemudahan menerima pembayaran dari berbagai e-wallet seperti ShopeePay, OVO, DANA, dan Gopay. Namun yang paling penting ialah Mayar.ID terima QRIS sebagai sistem pembayaran online yang banyak disukai oleh kaum milenial.

Image Credit: BI