Keuntungan Program Affiliate untuk Mengembangkan Bisnis

Keuntungan Program Affiliate untuk Mengembangkan Bisnis

Dikutip dari laman HubSpot, hampir 63% perusahaan merasa bahwa tantangan terbesar bisnis adalah menghasilkan lalu lintas  website dan prospek penjualan.

Makanya, untuk mengatasi hal tersebut, 70% berkomitmen untuk menambah anggaran agar bisa memperkenalkan brand dan produk ke berbagai kanal pemasaran baru.

Salah satu metode yang makin populer untuk menghasilkan cuan adalah pemasaran afiliasi atau program affiliate.

Program affiliate makin populer di Indonesia.

Kebanyakan pemasaran afiliasi atau program affiliate masih didominasi perusahaan teknologi atau startup yang berbasis digital. Misalnya seperti software house, penyedia layanan jasa hosting dan domain, atau platform digital lainnya.

Sementara, program affiliate sudah sepatutnya diterapkan untuk pengembangan berbagai jenis usaha. Sebut saja seperti Skyscanner, situs tiket pesawat ini menawarkan harga murah dibandingkan website maskapai besar.

Siapa yang tak kenal Skyscanner? Rupanya, Skyscanner juga termasuk dalam contoh program affiliate marketing. Bukan hanya menjadi salah satu situs pemesanan tiket pesawat yang terpercaya dan kredibel, tetapi Skyscanner juga mendapatkan komisi untuk setiap calon penumpang yang mengunjungi website maskapai.

Ini sebabnya, Skyscanner merupakan salah satu bisnis berbasis komisi atau affiliate. Marketer yang mendaftar program affiliate, bisa mempromosikan produk atau jasa melalui tautan unik atau kode kupon yang mengarahkan ke website tertentu. Selanjutnya, jika ada yang membeli produk, marketer akan dibayar komisi 30%-70% dari penjualan.

Dari perspektif bisnis, program affiliate dapat dianggap sebagai cara memperluas jangkauan tim pemasaran. Mengapa begitu? Sebab, program affiliate dapat mengajak siapapun bekerja sama melalui perusahaan pihak ketiga yang dibayar hanya setelah penjualan berhasil dilakukan.

Secara sederhana, program affiliate sama seperti sales yang menawarkan produk atau jasa secara online melalui link tautan atau kode kupon tadi.

Keuntungan program affiliate untuk pengembangan usaha.

Saat ini, mungkin banyak yang bingung mau kerja apa? Atau, kesulitan modal dalam mengembangkan usaha? Program affiliate adalah model bisnis online termudah untuk mendapatkan penghasilan pasif secara online.

Bisa dibilang, program affiliate adalah industri yang menawarkan modal minim, dengan keuntungan besar. Strategi program affiliate bergantung pada tekad, pendekatan, dan kinerja Anda.

Sebelum memulai program affiliate, yuk kita selami dulu apa aja sih keuntungan program affiliate ini?

1. Bisnis jutaan rupiah.

Pemasaran afiliasi adalah industri bernilai jutaan rupiah yang berkembang cukup baik. Apalagi, sebagai affiliate marketer, Anda juga tidak perlu keluar rumah.

Penghasilan pasif bulanan langsung dikirim ke rekening, setelah ada orang yang membeli produk atau jasa melalui tautan link atau kode kupon Anda. Menarik, kan?

Keuntungan lainnya dari program affiliate adalah mudah diikuti siapa saja, meski tanpa keahlian teknis IT atau bisnis.

Masalahnya adalah apakah Anda mau mencoba atau tidak? Yang harus dilakukan hanya membuat website program affiliate atau daftar saja di program affiliate yang ditawarkan berbagai bisnis saat ini.

Kemudian, pilih program affiliate yang paling menarik dan relevan untuk Anda pasarkan.

2. Tidak perlu keahlian teknis khusus.

Seperti yang sudah disinggung di atas, menjadi affiliate marketer tidak perlu keahlian khusus. Siapapun bisa langsung mulai mendaftar program affiliate yang ada di website-website milik brand atau perusahaan tertentu.

Program affiliate menawarkan keuntungan bisnis yang bisa Anda pelajari sembari proses berjalannya waktu. Selain itu, ada banyak cara mengelola program affiliate.

Misalnya, memanfaatkan pengalaman pemasaran yang sudah didapat sebelumnya, dan bereksperimen mana yang bisa berhasil dan tidak. Lalu, optimalkan dan ulangi pola pemasaran yang berhasil tadi agar lebih cepat mendapatkan keuntungan.

3. Biaya operasional program affiliate kecil.

Sebenarnya, boleh dikatakan kalau biaya operasional program affiliate hampir tidak ada. Kenapa begitu? Karena Anda bekerja online sehingga bisa dijalankan dari rumah. Hanya saja, mungkin biaya dasar yang perlu disiapkan adalah langganan Wi-Fi atau internet rumah.

Kemudian, kalau Anda membuat website program affiliate, maka ada juga biaya tambahan untuk sewa jasa hosting, domain, desain layout, dll. Tapi, saat ini juga sudah banyak platform pembuatan website gratis no-code, sehingga biaya-biaya operasional program affiliate bisa ditekan.

Apalagi, program affiliate ini juga tidak membutuhkan kantor atau pegawai. Jadi, ya, Anda adalah freelancer atau pekerja lepas yang menjadi bos untuk diri sendiri. Tanpa biaya rekrutmen pegawai, tidak ada biaya sewa kantor, dan semua keuntungan bersih masuk ke rekening pribadi Anda.

4. Sumber pendapatan tambahan.

Memulai sebagai affiliate marketer, bukan berarti Anda harus meninggalkan pekerjaan saat ini. Anda bisa menjalankan program affiliate cukup sebagai pekerjaan sampingan saja dan meraih penghasilan ekstra.

Model skema penghasilan yang diperoleh dapat dilihat pada program afiliasi dari Niagahoster.co.id yang menawarkan sampai 70% komisi. Dikutip dari laman Niagahoster, pada periode Agustus 2021 mereka sukses mencairkan komisi sebesar jumlah total Rp 220.984.261, kepada sekitar 98 anggota program afiliasinya.

Nantinya, setelah bergabung, marketer affiliate bisa membuat kode kupon atau membuat banner referral di websitenya. Kalau ada pelanggan baru yang membeli produk atau jasa Niagahoster, maka Anda berhak menikmati komisi sampai 70% dari jumlah transaksi yang dibayarkan pelanggan.

Selanjutnya, untuk mencairkan komisi afiliasi tersebut, syaratnya minimal harus mendapatkan 2 pelanggan baru yang aktif. Dalam arti, pelanggan baru tersebut tidak berstatus ditangguhkan atau dibatalkan.

Jika transaksi dari affiliate marketing sukses, dana bisa dicairkan setelah 30 hari proses kerja. Sayangnya, apabila hanya mendapatkan satu pelanggan baru dalam setahun, maka komisi affiliate akan hangus.

5. Kenyamanan dan fleksibilitas.

Untuk memaksimalkan program affiliate, Anda bisa membuat promosi atau kampanye di media sosial, website, atau landing page untuk memasarkan link afiliasi Anda tadi.

Selain itu, tidak apa-apa jika Anda ingin mengikuti beberapa program affiliate sekaligus. Terutama, jenis program affiliate yang berbeda kategori dan promosikan setiap hari.

Misalnya, setelah Anda bergabung dengan suatu program affiliate. Mulai promosikan ke media sosial link tautan bergabung ke program affiliate tersebut. Kemudian, gunakan alat bantu seperti MailChimp atau alat pemasaran online lainnya.

Fleksibilitas untuk menjalankan program affiliate juga menjadi keuntungan tersendiri untuk mengembangkan bisnis Anda.

Apakah Anda mau bekerja online dari tepi pantai? Di dalam kedai kopi? Atau, di ruang keluarga sambil mengawasi buah hati bermain? Sebagai marketer affiliate yang bekerja lepas, Anda tidak perlu mengikuti peraturan perusahaan apapun atau dikejar target tertentu.

Fleksibilitas dalam menjalankan program affiliate akan menjadi metode meraih penghasilan dengan menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaan.

6. Penghasilan pasif, dapat uang meskipun ketika tidur.

Keuntungan program affiliate yang banyak memikat orang adalah ide untuk mendapatkan penghasilan pasif bulanan. Ya, tepat sekali, tagline program affiliate ini dipopulerkan oleh Neil Patel, “Dapat Uang Ketika Anda Tidur”.

Peluang untuk mendapatkan penghasilan pasif berarti Anda masih bisa mendapatkan uang saat Anda sedang tidur dan tidak melakukan apapun.


Nah, gimana, sudah membayangkan betapa asyiknya mengikuti program affiliate? Bangun di pagi hari, buka laptop dan cek saldo rekening, tiba-tiba sudah bertambah dengan sendirinya.

Kerja keras mengikuti program affiliate tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jadi, apalagi yang Anda tunggu, yuk ikuti program affiliate sekarang juga dan mulai raih penghasilan pasif jutaan rupiah meskipun Anda sedang tidur!