Kreator Konten Digital Perlu Email Marketing untuk Alat Promosi

Kreator Konten Digital Perlu Email Marketing untuk Alat Promosi

Masyarakat awam mungkin masih bingung, mengapa pembuat konten atau content creator yang menjual produk digital perlu email marketing? Apa kegunaannya?

Nah, sebenarnya, email marketing adalah alat promosi terbaik bagi para pembuat konten produk digital, seperti ebook, video, musik, atau foto dan produk digital lainnya.

Dengan email marketing, nantinya pembuat konten dapat membangun sebuah daftar email para pelanggan. Dari daftar email para pelanggan inilah, pembuat konten digital bisa meraup penghasilan atau pundi-pundi rupiah.

Sekilas Anda mulai memahami pentingnya email marketing sebagai alat promosi konten digital, kan? Untuk mempelajari lebih lanjut manfaat email marketing bagi pembuat konten, simak pembahasan di bawah ini!

Meraup Penghasilan Pasif Dari Konten Digital

Tak bisa dipungkiri, sama seperti model bisnis lainnya, kondisi finansial pembuat konten juga tidak menentu.

Meskipun ada pembuat konten digital yang meraup popularitas dan penghasilan milyaran per bulan, namun ada pula yang jumlah followersnya atau penontonnya masih bisa dihitung jari.

Contoh pembuat konten digital yang sukses, antara lain:  Khaby Lame (tips sehari-hari, TikTok), Charli D'Amelio (menari, TikTok), dan PewDiePie (komedi, YouTube) semuanya termasuk kategori seleb konten yang sukses.

Tetapi sebagian besar vlogger, blogger, podcaster, dan sejenisnya tidak mendapatkan cukup uang agar bisa berhenti dari pekerjaan utama, karena penghasilan yang diperoleh tidak seberapa dari konten digital.

Di samping memanfaatkan platform seperti TikTok, YouTube, atau Instagram untuk menghasilkan lebih banyak, solusi praktis yang bisa dicoba adalah produk digital dan email marketing (pemasaran email).

Keuntungan Menjual Produk Digital

Produk digital memiliki banyak keunggulan dibandingkan barang fisik dan menawarkan alternatif monetisasi yang menarik.

Contoh produk digital yang bisa dijual dapat berupa format yang berbeda, antara lain:

· Musik yang dapat diunduh,

· File audio,

· Seni dan grafis,

· konten pendidikan,

· Resep,

· Perangkat lunak dan kalkulator,

· Lisensi konten,

· Buletin berbayar,

· Ebook,

· Keanggotaan.

Dalam banyak kasus, produk digital relatif murah untuk diproduksi. Sebab, hanya membutuhkan modal seperti keahlian dan waktu, bukan berupa uang seperti ketika menyediakan stok produk fisik.

Misalnya, seorang akuntan dapat membuat kursus “cara mengelola uang bulanan rumah tangga”, dengan modal webcam dan ilmu pengetahuan yang dimilikinya

Keuntungan lain dari menjual produk digital, termasuk:

· Pendapatan pasif.

Setelah dibuat, produk digital dapat dijual berulang kali. Pembuat konten hanya perlu membuat konten satu kali, tapi bisa menjualnya berulang kali.

· Skalabilitas.

Produk digital memiliki persediaan yang tidak ada habisnya, membuatnya relatif mudah untuk diukur dan diskalasi.

· Margin tinggi.

Biaya modalnya rendah untuk mengembangkan produk digital, namun dijual dengan margin keuntungan yang tinggi.

· Modal rendah.

Produk digital tidak memerlukan ruang gudang dan staf atau overhead minimal.

· Kompetisi

Singkatnya, produk digital menarik. Seorang kreator konten hanya perlu membuat ebook, lagu, ilustrasi, atau sejenisnya dan mulai menghasilkan uang.

Sayangnya, ada satu hal yang perlu disadari para kreaton konten, yaitu kompetisi. Di luar sana saat ini, kompetisi produk digital semakin sengit.

Bukan hanya bersaing dengan sesama kreator konten dalam negeri, namun seluruh dunia. Coba saja, ketik “kursus manajemen keuangan”, di laman pencarian Google. Maka, hasil penelusurannya akan muncul sangat banyak, semuanya menawarkan kursus manajemen keuangan individu maupun badan usaha.

Hal ini menggambarkan betapa ketat persaingan di bidang kursus atau pelatihan online. Pembuat konten tidak bisa hanya mengandalkan produk digital saja. Mereka perlu memasarkannya.

Pentingnya Email Marketing Bagi Kreator Konten

Bagi bisnis, pemasaran adalah ujung tombak penjualan. Kreator konten memiliki audiens. Katakanlah, Anda menjual tanaman hias secara online dan memasarkannya via Youtube Channel atau Live Instagram.

Meskipun, audiens menonton konten Anda, namun bagaimanapun, audiens tersebut adalah milik Youtube.

Akan tetapi, kalau kreator konten bisa membuat sendiri daftar email audiens atau calon pelanggan, ia bisa mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif.

Misalnya, kreator dapat mengirimkan buletin setiap minggu yang menjelaskan cara budidaya tanaman hias, atau mengajak audiens menjadi afiliator ebook, maupun mengirimkan voucher dan promo diskon harga.

Dengan cara ini, produk digital dan email marketing akan menjadi strategi yang membantu pembuat konten membangun basis pelanggan dan audiens sendiri untuk menghasilkan pendapatan pasif.

Mayar Sebagai Platform Email Marketing di Indonesia, Alternatif MailChimp

Email marketing adalah cara yang bagus untuk memberi tahu audiens Anda ketika ada produk digital baru yang dijual. Selain itu, Anda bisa menginformasikan di platform mana audiens bisa membeli, dan masih banyak info terperinci lainnya yang bisa disampaikan.

Namun, bagi pembuat konten pemula, terkadang masih bingung apa itu email marketing? Jangan khawatir, coba ikuti pembahasan dasar email marketing berikut:

Apa itu email marketing atau pemasaran email?

Email marketing adalah bentuk pemasaran yang memanfaatkan email untuk mempromosikan produk atau jasa bisnis Anda.

Membuat pelanggan mengetahui produk baru atau penawaran terbaru Anda. Selain itu, mengedukasi audiens tentang brand, serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

Manfaat email marketing / pemasaran email

Kita semua tahu betapa pentingnya promosi bisnis. Namun, terkadang meremehkan pentingnya email marketing.

Sekarang, mari kita lihat manfaat email marketing berikut:

· Dapat mengirimkan konten atau pesan yang dipersonalisasi.

· Membantu membangun kredibilitas dan loyalitas pelanggan.

· Meningkatkan penjualan dan pendapatan (lebih banyak penjualan = lebih banyak uang!).

· Membangun hubungan pelanggan (membuat mereka lebih mungkin untuk membeli lagi).

· Meningkatkan lalu lintas (kunjungan) ke profil dan halaman Anda.

· Membangun semangat dengan penawaran baru (membuat audiens lebih mungkin membeli dengan cepat, mendorong penjualan).

Sebagai pembuat konten, sangat penting mempertahankan brand dan metode komunikasi Anda dengan para audiens. Inilah mengapa, email marketing sangat penting karena data tidak akan pernah hilang dan dapat tersimpan dengan aman.
Berbeda dengan media sosial yang terus berubah, dan bahkan peraturannya bisa dinamis seiring waktu.

Cara Memulai Newsletter dan Mengirimkannya Lewat Email Marketing

Jadi, Anda sudah memahami manfaat email marketing dan ingin memulai, tapi bingung tidak tahu dari mana? Mari ikuti langkahnya di bawah ini!

1. Pilih penyedia layanan email marketing

Di luar sana ada banyak penyedia layanan email marketing, baik gratis maupun berbayar. Contohnya seperti MailChimp, ConvertKit, dan masih banyak lagi. Di Indonesia, ada alternatif platform email marketing, seperti Mayar yang menyediakan layanan pemasaran email.

2. Mengundang audiens ke daftar email marketing

Anda mungkin sudah memiliki daftar email dari audiens sebelumnya. Kalau iya, tentunya lebih mudah membangun basis data pelanggan. Tetapi, jika belum punya, saatnya mengundang audiens untuk berlangganan ke daftar email Anda.

Caranya, tambahkan tautan ke bio Instagram atau media sosial lainnya. Jika tautan yang akan dibagikan lumayan banyak, Anda bisa memakai LinkTree.

3. Tambahkan kontak ke akun pemasaran email

Sekarang tambahkan kontak Anda ke daftar email agar lebih mudah untuk mengirimnya secara broadcast sekaligus. Setelah audiens mendaftarkan email, daftar email bisa segera dibuat dan dikelompokkan sesuai kategori yang diinginkan.

4. Siapkan email selamat datang

Setelah audiens mendaftar, biasanya akan terkirim secara otomatis email selamat datang. Dalam email ini, Anda perlu menyesuaikan dengan brand Anda. Ucapkan terima kasih karena telah mendaftar dengan pesan yang lucu dan unik atau tambahkan tautan yang bisa menghibur audiens.

Misalnya, undanglah audiens ke halaman landing page dan beritahu mengenai promo atau penawaran yang Anda punya di sana. Anda juga bisa mengundang mereka agar mau follow dan like Instagram, Twitter, Facebook, Youtube, dll.

Fitur Broadcast / Blast dari Mayar untuk Memasarkan Produk dan Layanan

Mayar menghadirkan sejumlah fitur mutakhir untuk mendukung penjualan produk digital, pembayaran, serta pemasaran agar lebih mudah dan praktis.

Fitur Broadcast/ Blast dari Mayar memungkinkan pengguna untuk mengirimkan penawaran, promo, pesan, atau strategi pemasaran lainnya melalui email. Bahkan, pengguna juga bisa mengirimkan WA dan SMS broadcast/ blast langsung ke pelanggan dari dashboard Mayar (segera hadir)

Adapun keuntungan fitur Email Broadcast dari Mayar, antara lain:

1. Desain dan navigasi yang sederhana

Tanpa perlu pengetahuan teknis atau coding sama sekali, pengguna dapat mebangun email semudah menggerakkan jari, drag-n-drop. Email menarik seperti newsletter/ buletin, info penawaran, promo, dan sebagainya, bisa dikirim ke pelanggan dengan cepat dan mudah.

2. Tersedia template instan

Bingung soal desain email buletin? Jangan khawatir, Mayar sudah menyediakan berbagai template menarik yang siap dipakai instan. Tak perlu lagi ribet mendesain dari nol. Tinggal dimodifikasi sesuai kebutuhan brand Anda.

3. Data Analytics

Anda dapat mengkonfirmasi siapa saja yang sudah membuka pesan lewat dashboard Mayar. Periksa data berapa pesan yang terkirim, siapa saja yang sudah membuka pesan, dan berapa orang yang mengklik isi email, semuanya tersaji dalam daashboard Mayar untuk memudahkan analisis data.

4. Mengirim pesan berdasarkan segmentasi pelanggan

Menindak lanjuti pesan khusus bagi kelompok pelanggan semakin mudah. Misalnya, Anda bisa mengirimkan email hanya kepada pembeli produk ebook yang belum membayar.

5. Menjadwalkan pesan

Ada kalanya, mungkin Anda ingin mengirimkan email broadcast pada jam dan tanggal khusus. Cukup atur jadwal sesuai kebutuhan.

6. Harga Broadcast / Blast sesuai pemakaian (pay-as-you-go)

Anda hanya perlu membayar sesuai jumlah pesan yang terkirim saja, bukan membayar bulanan.

7. Kontak Unlimited / Tidak Terbatas

Berbeda dengan plaform lain, Mayar tidak membatasi jumlah kontak email pelanggan yang akan dikirim broadcast.

Bagaimana, mudah dan keren kan, memanfaatkan email marketing bersama Mayar? Silakan buktikan sendiri keampuhannya untuk mendukung pemasaran produk Anda. Bila ada pertanyaan lain atau info lebih lengkap, hubungi [email protected].