Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung: Perbedaan & Kelebihannya

Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung: Perbedaan & Kelebihannya

Link pembayaran vs pembayaran tunai langsung, manakah yang Anda pilih?

Saat ini, muncul berbagai cara pembayaran yang praktis secara online atau digital. Bisa dikatakans pembayaran online sudah sangat lumrah dilakukan di berbagai lini bisnis, ya.

Hal ini disebabkan hadirnya smartphone atau ponsel pintar yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat. Dengan kemudahan fitur Hape atau smartphone, bayar apa-apa sekarang juga bisa secara online.

Tak perlu repot membawa uang tunai atau datang langsung ke toko fisik, pelanggan bisa membayar transaksi detik itu juga. Nah, di artikel kali ini kita akan mencoba membahas perbandingan antara Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung.

Kira-kira apakah pembayaran tunai secara langsung masih diminati masyarakat di tengah era digital? Atau, justru mayoritas orang menggunakan pembayaran online karena kepraktisannya?

Mari simak ulasannya di bawah ini!

Semakin banyak bisnis dan konsumen di Indonesia yang memilih bertransaksi lewat sistem pembayaran elektronik. Berdasarkan laman Data Indonesia, respon masyarakat usia 15-44 tahun sangat tinggi menggunakan pembayaran online. Hampir 90% generasi muda memakai dompet digital, transfer bank, atau mobile banking.

Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan minat masyarakat Indonesia dalam memakai pembayaran tunai langsung. Menurut Badan Pusat Statistik, hampir 78% pengguna e-Commerce memilih COD atau pembayaran tunai langsung ketika berbelanja barang.

Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda sudah beralih ke pembayaran modern yang lebih praktis seperti Link Pembayaran. Sementara itu, masyarakat yang berada di daerah atau pelosok memilih pembayaran tunai langsung karena keterbatasan akses infrastruktur digital.

Terlepas dari itu, ekonomi pembayaran digital akan menjadi metode transaksi di masa depan. Tak bisa dipungkiri, teknologi pembayaran akan terus berkembang dan berinovasi.

Jadi, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa mengabaikan layanan pembayaran secara digital untuk mempermudah pelanggan membayar transaksi. Pasalnya, hal ini sangat berdampak besar bagi bisnis Anda, terutama dalam hal arus kas masuk atau sumber penghasilan perusahaan.

Di bawah ini kita akan mempelajari apa perbedaan link pembayaran vs pembayaran tunai langsung berdasarkan maknanya.

Apa itu pembayaran tunai langsung?

Sesuai namanya, pembayaran ini dilakukan ketika bertransaksi secara tatap muka dengan uang tunai di tangan. Contohnya seperti berbelanja COD, belanja di pasar tradisional, atau membeli di toko secara fisik.

Sedangkan, sistem link pembayaran adalah transaksi pembayaran yang dilakukan dengan mengklik tautan yang dibuat si pedagang. Dengan Link Pembayaran, pelanggan bisa memilih opsi metode pembayaran elektronik, seperti kartu kredit/ debit, dompet digital, transfer bank, dll.

Mari kita lihat fitur utama yang membedakan Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung:

1. Keamanan

Jika bisnis Anda menyimpan atau menerima uang tunai dalam jumlah besar setiap hari, ada potensi pencurian atau perampokan yang membahayakan keselamatan.

Kemungkinan besar, perusahaan harus memiliki brankas dan berhati-hati dalam menyimpan uang tunai yang berjumlah besar.

Dengan Link Pembayaran, uang transaksi langsung masuk ke rekening dengan aman dan terenkripsi. Selain itu, Link Pembayaran juga dilapisi standar keamanan untuk mencegah kecurangan, seperti OTP, verifikasi silang, PIN, Password, dan sebagainya.

2. Kenyamanan

Terkadang pembayaran tunai langsung membuat pemilik bisnis tidak nyaman karena harus bolak-balik setor manual ke bank.

Hal ini dapat menghabiskan waktu, tenaga, bahkan uang transportasi. Belum lagi, jika Anda sering ke bank untuk menyetorkan uang bisnis Anda secara berkala, maka bisa menjadi sasaran target kriminalitas.

Dengan solusi Link Pembayaran, uang pemasukan bisnis langsung masuk ke rekening secara otomatis. Uang bisa dikelola kapan saja dan dari lokasi manapun.

Yang terpenting, Link Pembayaran memungkinkan pelanggan untuk transfer cepat dan mudah. Hal ini sangat penting untuk bisnis yang ingin segera memutar modal untuk mengembangkan bisnisnya.

3. Berbagai metode pembayaran

Salah satu fitur penting yang membedakan antara Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung adalah opsi metode pembayaran. Perlu diketahui bahwa saat ini tidak semua pelanggan membawa uang tunai dalam jumlah besar di dalam dompet.

Bayangkan betapa rumit atau bahkan kecewanya pelanggan, jika ternyata toko Anda tidak menyediakan pembayaran online. Mungkin si pelanggan harus mencari ATM terdekat untuk tarik tunai. Selain tidak efisien waktu, hal ini juga dapat menurunkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan bisnis Anda.

Oleh sebab itu, sediakan Link Pembayaran agar pelanggan atau mitra bisnis Anda bisa bertransaksi seketika melalui ponsel pintar untuk mengirim uang secara instan.

Opsi pembayaran bisa dipilih sendiri, mulai dari transfer bank, kartu kredit/ debit, dompet digital, paylater, merchant Indomaret/ Alfamart, dan sebagainya.

4. Bisa bayar lewat HP/ ponsel pintar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tidak semua pelanggan Anda membawa uang tunai di dalam dompetnya. Tapi, bisa dipastikan pelanggan Anda pasti membawa ponsel atau Hape di saku atau tasnya.

Maka itu, pelanggan akan lebih mudah melakukan pembayaran lewat tautan atau link yang dikirimkan via Whatsapp. Mereka bisa langsung membayar cukup dari ponsel atau Hape tanpa perlu pergi ke ATM.

5. Transparansi

Selanjutnya, yang membedakan antara Link Pembayaran vs Pembayaran Tunai Langsung adalah dari segi transparansi data. Setiap transaksi yang dilakukan dari Link Pembayaran tercatat otomatis, rapi, dan terorganisir.

Anda cukup login untuk melihat dashboard dan memeriksa status pembayaran pelanggan. Hal ini memberikan transparansi dan kemudahan dalam melacak data pelanggan atau data transaksi bisnis.

Sedangkan, jika menggunakan metode pembayaran tunai langsung, Anda harus mencatat secara manual. Bila transaksi mencapai ribuan pelanggan, tentunya hal ini kurang efektif dan menghabiskan waktu serta tenaga karyawan admin Anda.

Link Pembayaran

Pembayaran langsung/ tunai

Transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun

Transaksi dilakukan mengikuti jam kerja toko atau tempat bisnis

Menggunakan teknologi modern untuk mengelola data

Membutuhkan proses manual untuk mengelola data

Dilengkapi standar keamanan dan terenkripsi

Beresiko dan rentan terhadap pencurian

Dapat langsung ditarik dan disimpan secara online

Penarikan dan penyetoran membutuhkan waktu dan dilakukan secara manual

Opsi pembayaran tersedia bervariasi

Opsi pembayaran terbatas karena hanya bisa dilakukan bertatap muka

Mudah untuk melacak status transaksi

Kurang transparan pada status dan pelacakan

Rekonsiliasi pembayaran otomatis

Rekonsiliasi manual dengan dokumentasi yang cukup besar

Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat diikuti agar lebih aman bertransaksi dengan Link Pembayaran:

• Hindari koneksi Wifi publik yang rentan peretasan dan tindak pencurian identitas dunia maya.

• Jangan buka tautan yang mencurigakan dari sumber yang tidak diketahui atau memiliki ekstensi program tertentu (.apk atau .exe).

• Jangan memberitahukan kode OTP atau kata sandi pada siapapun dan hindari menyimpan detail bank di ponsel Anda.

• Lakukan tindakan pencegahan seperti menginstal pembaruan keamanan terbaru dan buat kata sandi baru setiap bulan. Anda juga bisa memakai sistem penguncian atau penghapusan data jarak jauh dari ponse pintar.

Hanya melakukan aktivasi akun 5 menit, Anda sudah bisa membuat Link Pembayaran dan membagikannya ke media sosial, Whatsapp pelanggan, email, website, dan sebagainya.

Payme Link Mayar membantu mempermudah bisnis Anda untuk mengumpulkan arus kas dari pelanggan, mitra bisnis, vendor, atau siapapun yang akan mengirimkan uang ke rekening Anda.

Anda juga bisa mengirimkan Link Pembayaran ke beberapa orang sekaligus atau secara massal, seperti SMS blast, Whatsapp blast, mailing list, dan lainnya. Terima uang lebih cepat dan instan dalam hitungan detik, tanpa repot harus membuat surat tagihan, mengetik, mencetak, atau bahkan mengirimkan ke kantor Pos.

Hebatnya lagi, Payme Link Mayar dilengkapi berbagai opsi metode pembayaran digital dan non digital. Pelanggan bisa memilih opsi link pembayaran atau pembayaran tunai langsung.

Sebagai contoh, jika memilih opsi Link Pembayaran, pelanggan dapat menggunakan metode pembayaran, antara lain:

-      Dompet digital (ShopeePay, OVO, Jenius, LinkAja)

-      Kartu kredit/Debit

-      Akulaku

-      Transfer bank/ virtual account, Flip, ATM Bersama, Prima Link, ALTO

-      QRIS (ShopeePay, OVO, Gopay, LinkAja, BCA Mobile, DANA)

Sedangkan, jika memilih pembayaran langsung tunai dapat memilih opsi Mini Market seperti Alfamart dan Indomaret.

Ayo, langsung aktivasi akun Mayarsekarang juga, ya! Promo Starter Rp 0 untuk Anda yang ingin mulai langkah digitalisasi bisnis di era digital.

Jangan lupa, subcsribe Blog Mayar dan kepoin akun Instagram @mayar_id karena ada banyak info menarik seputar bisnis menanti Anda dan supaya Anda tak ketinggalan artikel inspiratif lainnya.

Butuh info fitur lebih detail? Silakan cek Youtube Mayar untuk berbagai video tutorial selengkapnya.