Linktree x Mayar.id Untuk Berjualan Webinar Online

Linktree x Mayar.id Untuk Berjualan Webinar Online

Para pengguna Instagram, umumnya sudah sangat familiar dengan Linktree. Linktree adalah akun dari https://linktr.ee yang bisa dipakai untuk membuat berbagai tautan berbeda agar pelanggan semakin mudah menjangkau atau menghubungi bisnis Anda.

Kenapa sih perlu memakai Linktree?

Kecuali Anda telah memiliki 1.000 followers di Instagram, Anda tidak bisa menempatkan link website yang bisa di-klik di story feed atau postingan. Maka itu, Instagram menambahkan fitur agar pengguna bisa menambahkan alamat website di bagian profil. Nah, di sinilah peran Linktree. Hanya dengan mengklik alamat website atau link bio Instagram, audiens dan calon pelanggan bisa lebih mudah mengakses berbagai kontak bisnis Anda lainnya. Mulai dari alamat website, Whatsapp, Telegram, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi.

Linktree tersedia versi berbayar dan gratis. Bisa dibuat dalam beberapa menit. Setelah dibuat, Anda hanya perlu menempatkan LInktree di bagian profil Instagram (bio).

Mayar.id menghadirkan fitur istimewa untuk menyederhanakan tugas panitia webinar online dalam registrasi dan pembayaran yang sangat simpel. Dengan aplikasi Mayar, peserta webinar bisa melakukan pembayaran hanya cukup satu klik.

Selanjutnya, metode pembayaran bisa memakai transfer bank, ShopeePay, Gopay, bahkan Indomaret atau Alfamart. Mayar berkomitmen untuk mendukung startup, UMKM Indonesia, serta digital creator dalam mengelola pembayaran dan penagihan secara praktis dan otomatis.

Berikut adalah langkah-langkah membuat link pembayaran untuk webinar online atau kelas online berbayar. Nantinya, link ini bisa langsung dibagikan sebagai link registrasi para peserta.

  1. Buka https://web.mayar.id dan login.
  2. Klik tombol “BUAT”, dan pilih “Link Pembayaran”
  3. Isi dan lengkapi form yang tersedia sesuai kebutuhan.


Kelas online atau webinar biasanya menggunakan aplikasi Google Meet atau Zoom sebagai ruang pertemuan virtual. Akan tetapi, pembayaran masih memakai transfer bank secara manual. Penyelenggara juga harus merekap dan mencatat data para peserta secara manual yang terkadang menyita waktu dan tenaga.

Sekarang, dengan Link Pembayaran dari Mayar, semua peserta yang mendaftar telah tercatat secara otomatis. Cukup buka dashboard, maka data peserta berupa nama, nomor HP, dan email serta status pembayaran tercatat dengan rapi dan bisa diekspor ke Excel.

Metode pembayaran juga beragam. Mulai dari Transfer Bank, E-Wallet (OVO, DANA), Kartu Kredit/Debit, Retail Outlet (Indomaret - Alfamart), dan scan kode QRIS. Setelah membayar biaya registrasi webinar melalui Link dari Mayar, para peserta akan dikirimkan resi atau tanda bukti pembayaran via email.

Data peserta seperti alamat email atau no HP, tentunya akan menjadi aset yang sangat berguna bagi bisnis Anda ke depannya. Anda bisa merancang database peserta yang valid untuk menawarkan promo-promo menarik webinar online sesi berikutnya.

Setelah membuat Link Pembayaran dari Mayar, sekarang Anda bisa menambahkan Link Mayar tersebut di Linktree Anda.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke halaman admin Linktree Anda;
  • Klik ‘Add new link’ untuk memunculkan jendela form link builder.
  • Berikan judul pada link tersebut, misalnya “Link Webinar 1”.
  • Selanjutnya, tambahkan url dari Link Mayar.
  • Selesai.

Nah, sekarang link Anda sudah aktif di Linktree. Anda bisa menambahkan Linktree ini di dalam Instagram bio untuk memudahkan para peserta mendaftar dan melakukan pembayaran webinar online. Selamat mencoba!

Image Credit: Unsplash