Mau Hasilkan Uang dari Podcast, Coba 4 Aplikasi No-code Ini

Mau Hasilkan Uang dari Podcast, Coba 4 Aplikasi No-code Ini

Podcast biasanya berupa rekaman audio atau video asli, tetapi juga dapat berupa rekaman siaran dari program televisi atau radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lainnya.

Sekarang, banyak sekali selebriti maupun artis yang sengaja membuat program podcast di Youtube berupa acara talk show atau wawancara dengan setiap episode menampilkan bintang tamu berbeda. Namun, sebenarnya podcast bisa berupa audio atau video. Sehingga, pelanggan bisa menikmati program tersebut  setiap saat.

Aplikasi no-code adalah inovasi yang bisa mengubah lanskap pengembangan aplikasi dan website. Jenis pemrograman tanpa code ini sangat cocok untuk mereka yang tidak memiliki keahlian teknis. Termasuk bagi pemula atau mungkin mereka yang baru mulai belajar podcast untuk menghasilkan ekstra penghasilan.

Yuk, cek beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda membuat menyiarkan podcast tanpa perlu keahlian coding di bawah ini!

1. Anchor.fm.

Anchor adalah sebuah platform yang dirancang mudah dipakai, sekalipun bagi pemula di bidang podcast. Membuat podcast semakin gampang, tanpa perlu koding apapun. Selain itu, aplikasi ini juga GRATIS!

Bisa dipakai untuk merekam, mengedit audio, mengatur per episode podcast, serta menerbitkan file podcast yang sudah jadi ke platform tertentu seperti Spotify atau Youtube.

Asyiknya lagi, agar bisa menghasilkan uang ekstra, Anda juga bisa memonetisasi konten dengan mengumpulkan kontribusi dan keterlibatan para pendengar. Serta, menambahkan iklan ke setiap episodenya.

2. Usecastup.com.

Platform Usecastup.com menawarkan editor audio berbasis teks yang lebih cepat ketimbang yang lain. Sebab, Castup dapat menangani pengaturan yang mulus setiap potongan file. Anda juga bisa menambahkan musik dan suara yang ikut terupdate secara otomatis.

Cukup login ke Usecastup.com, Anda bisa segera mengunggah rekaman file dari setiap episode terbaru. Termasuk, materi-materi lainnya ke Drive. Simpel dan praktis, kan!

Selanjutnya, untuk proses podcast yang lebih lancar, Usecastup.com bisa menyiapkan Transkrip per episodenya dalam waktu 24 jam. Dengan Usecastup.com, Anda lebih mudah mengelola konten.

Selebihnya, biar Usecastup.com yang tangani. Seperti menjernihkan file audio, menambahkan intro/ outro, iklan, menggabungkan rekaman, menangani mic bleed, mengatasi echo, dan sebagainya.

3. Descript.com.

Descript adalah editor audio dan video lengkap yang membuat pengeditan podcast jadi semakin praktis. Semudah mengedit dokumen teks atau word editor.

Rekam video dengan webcam untuk siaran video terbaru, dan edit atau koreksi jika ada kesalahan sebelum mempublikasikannya. Akses fitur pengeditor pro, meliputi pengeditan multi-track, kolaborasi live, teks otomatis, dan banyak lagi.

Kalau Anda masih pemula atau ingin belajar mengedit podcast dengan aplikasi tanpa kode yang user-friendly, descript adalah jawabannya.

4. Otter.ai.

Apa yang membuat Otter.ai bisa diandalkan dalam pembuatan podcast adalah kemudahan dalam mengubah percakapan suara menjadi transkrip secara cepat.

Transkrip ini bisa menjadi catatan cerdas yang bisa Anda bagikan ke media sosial atau media lainnya. Anda bisa memakai Otter untuk membuat notasi atau catatan ketika rapat atau wawancara.

Selain itu, Otter juga cocok dipakai menangkap ide atau mungkin pemikiran dari siaran podcast sewatu Anda menyetir mobil. Sehingga, menyalin rekaman dan podcast jadi lebih praktis tanpa perlu bolpoin atau pena.

Otter.ai membebaskan Anda dari membuat catatan di rapat, dengan bergabung secara otomatis ke siaran yang dipilih, serta menghasilkan transkripsi secara langsung.

Transkrip ini bisa Anda highlight atau diberi tanda khusus secara real time oleh Anda maupun peserta lainnya yang mendengar. Menyalin wawancara atau talkshow jadi lebih hemat waktu dan akurat, seperti jika Anda menyewa seorang penulis atau sekretaris. Asyik, kan!

5. Transistor.fm.

Satu lagi, layanan hosting podcast yang sudah pasti jelas, sederhana, dan terintegrasi dengan baik. Transistor.fm adalah salah satu aplikasi tanpa kode yang menjadi favorit banyak kalangan untuk mengelola satu atau lebih feed podcast.

Tak perlu mengetik kode apapun, karena Transistor.fm dilengkapi antarmuka drag-and-drop yang gampang digunakan.

Dalam dunia podcasting, Transistor.fom cukup menonjol karena fiturnya yang intuitif dan fungsional. Sangat user-friendly di bagian back-end, terutama dalam hal hosting atau sisi administrasinya.