Mayar Sebagai Alternatif Patreon Untuk Musisi & Kreator Konten Indonesia

Mayar Sebagai Alternatif Patreon Untuk Musisi & Kreator Konten Indonesia

Selama bertahun-tahun, musisi dianggap sebagai salah satu profesi yang dipandang sebelah mata.

Meskipun, membutuhkan ide dan kreativitas tinggi dalam bermusik, sayangnya terkadang jalan mencapai kesuksesan sangat berliku.

Musisi kerap menghadapi tantangan dengan negosiasi label rekaman yang rumit dan menguntungkan sepihak.

Namun, kabar baik bagi Anda para musisi dan kreator Indonesia. Jika Anda pernah mendengar platform berlangganan atau subscription seperti Patreon, kini di Indonesia sudah hadir Mayar sebagai alternatif Patreon.

Apa Dan Bagaimana Platform Membantu Musisi & Kreator Indonesia Menghasilkan Uang?

Sebagai musisi dan kreator musik, Patreon dapat menjadi perantara atau penghubung antara musisi dan para penggemar. Patreon akan mengarahkan musisi dan kreator yang ingin terhubung langsung dan mendapatkan uang dari penggemar dengan berbagai fitur menarik.

Misalnya, musisi bisa menjual foto di belakang panggung, Live streaming musik, menjual lagu yang belum dirilis, atau konten eksklusif lainnya.

Sejak 2013, platform seperti Patreon sangat digemari dan sudah diakui secara global dengan 6 juta pengguna aktif.

Para pembuat konten dan musisi bisa menghasilkan hingga sekitar 2 miliar dolar pendapatan kolektif dari penjualan konten.

Mayar bagi Musisi dan Kreator Indonesia, Bagaimana Cara Kerjanya?

Untungnya, sekarang di Indonesia sudah ada alternatif Patreon yang bisa diandalkan, seperti Mayar.

Mayar menawarkan cara kerja yang sederhana, yaitu pembuat konten menawarkan konten kepada penggemar dan dapat melakukan pembayaran langsung di platform Mayar.

Sangat sederhana dan simpel, kan!

Umumnya, penggemar akan membayar biaya berlangganan bulanan dengan keuntungan dapat mengakses konten eksklusif yang ditawarkan.

Bagi musisi, konten yang dijual pilihannya sangat banyak. Misalnya, konten musik atau lagu ekskslufi, merchandise, foto, dan masih banyak lagi.

Jadi, Kenapa Harus Pilih Mayar Sebagai Platform Musisi Dan Kreator Indonesia?

Berbeda dengan platform crowdfunding lainnya seperti GoFundMe dan IndieGoGo, Mayar berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara pembuat konten dan penggemarnya.

Kedua pihak sama-sama memperoleh keuntungan bisnis, baik musisi maupun penggemarnya.

Jadi, ketika pembuat konten menghasilkan uang untuk mendukung kariernya, penggemar mendapatkan lebih banyak konten eksklusif dari musisi dan artis favoritnya. Secara langsung, mereka dapat mendukung dan berkontribusi terhadap karier dan bakat artis idola.

5 Tips Menggunakan Mayar Sebagai Musisi Indie

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dipertimbangkan untuk memakai platform Mayar sebagai tempat berjualan konten musisi Indie:

1. Membuat landing page perkenalan

Sebagai musisi atau artis Indie yang baru memulai karier, mungkin masih belum terlalu banyak penggemar yang mengenal latar belakang Anda sebagai musisi.

Anda bisa membuat landing page atau website secara otomatis di Mayar. Hal ini akan menjadi strategi promosi awal yang sangat bagus.

Anda bisa membagikan landing page tersebut ke media sosial seperti Instagram dan Facebook. Jelaskan secara ringkas apa yang menjadi motivasi, tujuan, dan pesan yang ingin disampaikan sebagai musisi.

Fans yang mungkin ingin mengenal Anda lebih intens, bisa diarahkan ke landing page tersebut.

2. Membuat rencana

Rencana yang terstruktur akan membantu beberapa project musik yang dijalankan berjalan lancar sesuai ekspektasi.

Luangkan waktu untuk merencanakan dan membuat semua konten yang ingin disediakan bagi penggemar setelah meluncurkan landing page Anda.

Misalnya, Anda bisa fokus membuat program kampanya seperti mempromosikan musik atau lagu baru, membuat konser mini, live streaming, Question And Ask bagi penggemar, dan sebagainya.

3. Manfaatkan sumber daya yang tersedia

Salah satu bagian terbaik memakai Mayar adalah platform Mayar sudah dirancang khusus bagi pembuat konten.

Mayar menawarkan berbagai fitur untuk menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa. Di antaranya:

- Anda bisa mengunggah konten seperti musik, foto, dan file dalam format apapun dengan kapasitas 1 GigaByte.

- Konten terjaga keamanannya, sehingga penggemar bisa mengakses konten eksklusif lebih tenang.

- Berbagi konten dan file digital download lebih praktis, modern, dan cepat antara musisi dan penggemar.

- Berjualan produk fisik juga lebih mudah, karena musisi dapat menjual atau bahkan menawarkan hadiah merchandise gratis kepada penggemarnya.

4. Cari tahu apa yang diinginkan penggemar

Banyak cara untuk memahami penggemar Anda. Misalnya, melalui survey, polling, atau bertanya langsung dalam kolom komentar atau email.

Masukan dan kritikan dari penggemar adalah bahan bakar agar karier Anda terus melejit.

Kunci sukses berjualan konten adalah memberikan konten yang memang benar-benar diinginkan audiens, kan?

Itulah sebabnya, sangat penting mengidentifikasi dan mengenali apa keinginan penggemar.

Sebagai musisi yang mungkin sudah merilis musik dan mempromosikan, Anda juga perlu menambahkan konten eksklusif lainnya bagi penggemar.

Seperti foto pemotretan sampul album, cuplikan video klip musik, video acara wawancara terbaru, atau segala jenis audio visual lainnya sebagai bagian konten yang berharga.

Kalau Anda masih belum menemukan ide baru, Anda bisa mencoba membuat konser mini yang direkam atau live streaming pertunjukkan musik. Nantinya, penggemar yang membayar sejumlah biaya dapat mengunduh dan menonton video tersebut. Terdengar seru, kan!

Kenapa penggemar mau membeli konten Anda di Mayar? Sebab, banyak video atau file digital musik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Inilah yang membuat seni visual semakin dipandang berharga dan membuat penggemar rela membayar untuk mendapatkannya.

5. Dengarkan masukan dan buat penyesuaian

Seperti yang dijelaskan, masukan penggemar adalah ide segar bagi karier Anda. Meskipun, Anda sudah berhasil dan sukses, jangan mengabaikan masukan berharga para penggemar.

Mereka menyayangi dan ingin Anda terus berkembang sebagai musisi Indie. Teruslah tumbuh dan membangun basis pelanggan atau penggemar setia.

Umpan balik atau masukan dari penggemar akan memainkan peran penting dalam membuat penyesuaian terkait apa jenis konten yang disukai, berapa harga yang relevan, dan keuntungan apa yang diminati penggemar.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat konten atau genre musik yang tepat di album selanjutnya. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda sebagai musisi mau mendengarkan para penggemar dan menanggapi secara positif.

Contoh Konten Eksklusif Yang Bisa Dijual Di Mayar Untuk Penggemar Anda

Masih pikir-pikir dan bingung mau menawarkan konten apa bagi audiens Anda? Berikut ide yang bisa dipertimbangkan:

- Konten bonus: contohnya seperti berlangganan paket premium, akses eksklusif ke video musik selanjutnya, cuplikan di balik layar,  & lainnya.

- Hadiah atau merchandise fisik: contohnya seperti menjual kaos T-shirt, poster, tiket, cangkir/ mug, gantungan kunci, dan souvenir lainnya.

- Live Streaming: Anda bisa menampilkan konser mini atau pertunjukan solo secara live streaming. Dan hanya penggemar dengan akses berlangganan yang bisa menontonnya.

- Sesi tanya jawab dan QnA: Berkomunikasi dan mengenal penggemar Anda secara personal akan menjadi suatu momen langka bagi penggemar. Mereka bersedia membayar dengan harga apapun.

Membuat Strategi Promosi Jualan Konten bagi Musisi dan Kreator di Mayar

Untuk meningkatkan strategi promosi penjualan konten musik Anda, cobalah menggabungkan landing page Mayar dengan media sosial.

Sehingga, Anda bisa mengarahkan followers atau audiens Anda untuk mengunjungi landing page tempat karya musik Anda ditampilkan.

Beritahukan pada follower Anda di media sosial, bahwa musik terbaru Anda akan segera dirilis pada tanggal dan jam tertentu.

Hal ini penting untuk menciptakan kewaspadaan dan keterlibatan audiens sebelum peluncuran musik baru.

Seminggu atau beberapa hari sebelum peluncuran, Anda mungkin ingin memberi informasi resmi. Beritahukan kepada penggemar tentang manfaat luar biasa jika mereka mau mendaftar sebagai anggota atau berlangganan bulanan konten eksklusif Anda.

Jangan lupa siapkan semua tautan yang dicantumkan dalam postingan media sosial dan landing page.

Mayar Mendukung Musisi dan Kreator Indonesia Terus Berkarya Secara Digital

Jika Anda bisa berkarya dan berkiprah dalam industri musik dengan lebih mudah? Mengapa harus mempersulit keadaan!

Mayar mendukung musisi dan kreator Indonesia untuk terus berkembang dan maju dengan karya-karya musik digital yang mendunia. Wujudkan impian menjadi kenyataan sebagai musisi Indie yang hasilkan uang secara online bersama Mayar.

Bila Anda membutuhkan informasi lebih detail terkait cara menjual konten di Mayar atau ada pertanyaan lainnya? Silakan hubungi tim Mayar melalui [email protected].