Mayar Sebagai Alternatif Teachable & Podia di Indonesia

Mayar Sebagai Alternatif Teachable & Podia di Indonesia

Pernah dengar tentang Podia atau Teachable? Ini bukan sejenis iPod atau Podcast, ya. Melainkan, keduanya adalah platform SaaS yang menyediakan fitur untuk menjual kursus online.

Saat ini, banyak orang yang mendapatkan penghasilan tambahan dengan kursus online. Terutama, bagi para profesional atau pakar di bidang atau keahlian tertentu. Dalam karir maupun industri spesialis, saran dari para konsultan dan ahli sangat dibutuhkan.

Karena itu, ada banyak pemimpin industri atau konsultan yang menjual kursus online. Produk digital seperti kursus online dapat menghadirkan peluang bisnis yang sangat prospektif.

Jadi, kalau Anda bertanya-tanya, “gimana sih cara membuat konten edukasi dan memasarkan secara online?” Jawabannya, sederhana, pakai aplikasi no-code seperti Podia atau Teachable di atas.

Tapi, kalau Anda ingin menggunakan platform yang asli bikinan Indonesia, gunakan Mayar sebagai alternatif platform Teachable atau Podia.

Mayar sebagai Alternatif Podia dan Teachable di Indonesia.

Photo by Armin Rimoldi from Pexels

Sekadar informasi, Podia didirikan pada 2014 untuk membuat dan menjual kursus online. Selain itu, bisa membuat unduhan produk digital, langganan keanggotaan, dan banyak lagi.

Podia juga memberikan pengguna kemudahan dalam membuat promosi penjualannya. Mulai dari fitur tombol check-out, email marketing, marketing affiliate, dll.

Sedangkan, Teachable, dirancang untuk membantu para pelajar dan guru. Terutama untuk menerbitkan konten bagi siswa. Seperti webinar, tutorial video, panduan step by step, kuis, dan sebagainya.

Saat ini, sudah ada lebih dari 275 ribu kursus online aktif yang dijual di Teachable. Terdapat 83 ribu guru, dan 23 juta orang siswa.

Di Indonesia sendiri, Mayar Online Course dapat menjadi alternatif ideal dari platform pembuat kursus online. Menawarkan akses multi-platform yang bisa diakses dari HP, tablet, komputer maupun laptop.

Tentunya, Mayar akan sangat mendukung para content creator untuk membuat kursus yang bisa diakses oleh semua orang.

Membuat konten kursus di Mayar juga sangat mudah. Cukup drag-and-drop sederhana, yang memungkinkan pengguna membuat blog atau website sendiri dan merancang kursus online yang diinginkan.

Tak perlu keahlian coding atau programming khusus, Mayar cocok bagi pembuat kursus online pemula, atau yang baru saja memulai memasarkan produk digital berupa kursus online.

Membangun Bisnis Edukasi Dengan Mayar Online Course (On demand)

Siapa bilang membuat dan jualan kursus online itu susah? Sekarang, sudah ada Mayar Online Course sebagai alternatif penyedia Saas di bidang online class atau e-course (on demand).

Gak perlu ribet membuat website dengan code atau pemrograman rumit. Pasalnya, Mayar Online Courses menyediakan website online course secara otomatis, lho!

Anda nantinya cukup copy-paste URL website kelas online untuk dibagikan kepada audiens. Misalnya, bisa melalui media sosial, email blast, SMS blast, blog, maupun Whatsapp dan Telegram.

Soal pembayaran juga bisa diatur otomatis masuk ke rekening. Jualan produk digital makin mudah dan untung, karena bisa beroperasi 24 jam!

Contoh Mayar Online Course dan Tampilan Desain Websitenya.

Coba perhatikan salah satu contoh website yang menggunakan Mayar Online Course, di bawah ini:

Atau, Anda juga bisa mengunjungi langsung melalui tautan ini.

Katakanlah Anda ingin membeli video kursus yang ditawarkan. Maka, cukup klik pada tombol “Beli Sekarang” untuk memproses pembelian.

Audiens diberikan berbagai opsi metode pembayaran yang mudah dan praktis. Mulai dari QRIS, transfer bank (Virtual Account), E-Wallet, Kartu kredit /kartu debit, hingga merchant seperti Alfamart dan Indomaret. Perhatikan gambar di bawah ini, yuk:

Setelah audiens membayar, Anda akan mendapatkan dana secara otomatis.

Ciptakan pengalaman kursus online yang menyenangkan bersama Mayar Online Course.

Photo by Armin Rimoldi from Pexels

Di masa lalu, mungkin butuh berhari-hari atau berminggu-minggu untuk membuat website online course. Selain itu, content creator terkadang juga harus meminta bantuan jasa programmer atau developer website yang menambah biaya anggaran.

Untungnya, sekarang membuat kelas online (on-demand) hanya butuh beberapa menit saja. Cukup sekali klik, website berbasis Mayar Online Course bisa dibuat secara otomatis.

Anda cukup menambahkan berbagai bahan ajar atau materi kursus online. Seperti video tutorial, file/ attachment, teks, audio, quiz, meeting room, serta pengelolaan peserta kursus hingga pembayaran dan pemasaran (marketing).

Semua manajemen kursus online komplit, hanya dalam satu platform Mayar.

Berikut ini beberapa fitur yang tersedia di Kelas Online Mayar (on demand) :

1. Otomasi pembuatan  website kelas online.

Bagi para pemula atau yang baru pertama kali ingin membuat website kursus online, Mayar Online Course akan sangat memudahkan pengguna. Halaman kelas online dibuat secara otomatis, sehingga setiap materi bisa dilihat atau ditinjau terlebih dahulu sebelum dibeli.

2. Manajemen peserta kursus.

Bila jumlah peserta kursus di kalangan internal perusahaan atau akademisi masih sedikit, tentu tidak masalah. Tetapi, jika sudah melibatkan audiens lingkup global, maka dibutuhkan manajemen peserta kursus yang lebih memadai.

Di Mayar Online Course, Anda bisa menentukan sendiri berapa jumlah kuota peserta yang diizinkan. Kalau, kuota sudah terpenuhi, maka link pendaftaran akan tertutup secara otomatis.

Atau, untuk kursus online tertentu seperti training motivasi, jumlah peserta bisa diatur unlimited.

Link pendaftaran bisa diatur apakah aktif selamanya, atau akan ditutup pada tanggal yang ditentukan.

4. Membangun daftar email.

Membantu dalam analisis demografi audiens dan manajemen peserta, dashboard Mayar Online Course juga dilengkapi pengelompokkan dan daftar email. Selain itu, data peserta dapat diimpor ke format Excel atau CSV dalam sekali klik.

Jangkau dan perluas promosi kursus online, dengan membagikan tautan atau link website ke media sosial, Whatsapp, atau email blast. Nantinya, audiens bisa langsung klik pembayaran dari link yang dibagikan.

6. Tombol Pendaftaran

Cukup copy-paste tombol pendaftaran langsung di website Anda. Tak perlu ribet kode HTML atau bahasa pemrograman yang bikin sakit kepala.

Mempermudah audiens yang ingin langsung mendaftar dan membayar kursus online dengan cepat, tanpa harus pindah ke halaman berbeda. Setelah proses pembayaran selesai, audiens bisa langsung mengakses kelas online dari link yang dibagikan di email atau Whatsapp.

Mayar Online Course, platform yang paling ideal untuk bisnis edukasi Anda

Pada dasarnya, setiap platform pembuat kursus online akan menawarkan fitur yang berbeda-beda. Jadi, tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda dalam memilih.

Teachable cocok untuk guru atau tutor yang ingin menawarkan kursus online bagi siswa. Sedangkan, Podia juga menawarkan fitur yang menarik untuk menjual konten pendidikan secara online, sekaligus menampilkan dengan desain yang indah.

Namun, jika ingin alternatif Podia atau Teachable dengan harga yang terjangkau, gunakan Mayar Online Course. Tarif mulai dari Rp 99k per bulan!

Silakan pakai aplikasi Mayar, tersedia demo GRATIS selama 30 hari. Temukan info detailnya laman fitur Mayar Online Course/ Kelas Online (on-demand).

source img: Photo by Polina Tankilevitch from Pexels