Mayar Sebagai Perusahaan Terdesentralisasi (Decentralized Company)

Mayar Sebagai Perusahaan Terdesentralisasi (Decentralized Company)

Sejak covid-19 yang memaksa banyak perusahaan untuk menerapkan metode bekerja remote, kami mengamati untuk perusahaan teknologi yang tidak banyak berinteraksi secara fisik dengan pelanggan, memilih bekerja secara remote justru menambah produktifitas dan efisiensi tim.

Dimana kantor Mayar?

Jika ditanya dimanakah kantor Mayar, kami memiliki kantor fisik di Bandung. Namun setiap harinya hampir tidak ada yang bekerja dari sana, 99% tim mayar bekerja dari rumah, cafe atau co-working space yang dekat dengan rumah masing-masing. Mayar memberikan pilihan yang fleksibel untuk bekerja dari kantor atau rumah sesuai dengan preferensi masing-masing. Kami percaya dengan pilihan preferensi anggota tim yang akan membawa performa terbaik mereka.

Remote-First

Dengan mengamati segala kekurangan dan kelebihan dari bekerja remote, kami mempertimbangkan bahwa kelebihan dari kerja remote mengalahkan kekurangannya. Memang ada beberapa hal yang tidak dapat tergantikan seperti pertemuan fisik dan berinteraksi secara langsung, namun kami berusaha mengimprovenya sedikit demi sedikit. Tapi lebih dari itu, manfaat yang dirasakan anggota tim seperti otonomi, fleksibilitas, fokus, dan tidak adanya perjalanan panjang ke kantor adalah manfaat yang sangat besar pengaruhnya kepada produktifitas.

Orang-orang terbaik menginginkan otonomi dan fleksibilitas

Dengan menggunakan pendekatan remote, Mayar daapt bekerja dengan banyak talenta hebat yang memang menginginkan pekerjaan yang menawarkan otonomi dan fleksibilitas. Karena banyak talenta hebat yang membutuhkan cara bekerjanya sendiri untuk dapat produktif, seperti misalnya bekerja dimalam hari atau di waktu subuh.

Komunikasi Harus Lebih Baik

Dikarenakan tidak mampu bertemu secara langsung, komunikasi menjadi tantangan tersendiri. Di Mayar kami berusaha untuk membuat pengalaman komunikasi se-smooth mungkin dengan menggunakan berbagai aplikasi pendukung. Salah satu yang menjadi favorit kita saat ini adalah Discord, kemampuannya untuk drop-in voice chat secara langsung sangat membantu mengakselerasi komunikasi di Mayar. Di setiap room, baik itu engineering, marketing atau lainnya, jika ada pertanyaan, anggota tim dapat langsung masuk ke room chat untuk berkomunikasi dengan tim lainnya yang sedang standby.

Menjadi perusahaan yang terdesentralisasi memiliki tantangan tersendiri, terutama bagaimana kita dapat mengoptimasi masing-masing anggota tim untuk belajar, bonding dan berkembang. Mayar selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik untuk anggota tim dimanapun mereka berada, dan selalu terbuka untuk berbagai masukan untuk mengimprove pengalaman bekerja secara remote.

Kami di Mayar percaya bahwa pertemuan fisik tak dapat tergantikan, namun fleksibilitas waktu dan kesempatan untuk lebih dekat dan lebih banyak waktu dengan keluarga adalah sebuah kelebihan untuk generasi internet yang patut kita syukuri.