Mayar Sebagai Solusi Terima Pembayaran QRIS dari Berbagai e-Wallet

Mayar Sebagai Solusi Terima Pembayaran QRIS dari Berbagai e-Wallet

Era digitalisasi industri semakin merebak, berbagai aktivitas manusia sehari-hari kini telah banyak beralih ke digital.

Salah satu yang paling menggebrak adalah digitalisasi pembayaran. Dimana-mana saat ini, kebanyakan masyarakat modern memilih pembayaran non tunai daripada uang fisik.

Bahkan, gerobak bakso atau pedagang kaki lima menyediakan pembayaran digital seperti QRIS untuk memudahkan transaksi jual beli.

Jika dulu membayar barang atau jasa harus memakai uang fisik, sekarang bayar apa-apa tak perlu ribet! Cukup scan kode QRIS di kasir, Anda sudah bisa membayar transaksi dengan berbagai e-Wallet, seperti: OVO, DANA, ShopeePay, JeniusPay, Gopay, dll.

Mayar sebagai salah satu perusahaan finansial dan e-Commerce ternama di Indonesia. Mayar sangat mendukung pelaku ekonomi dan konten kreator untuk menerima pembayaran non tunai melalui kode QRIS.

Mengenal Apa itu Pembayaran QRIS?

Kode QRIS saat ini sangat mudah dijumpai di berbagai kios, gerobak, atau kasir toko. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan transaksi non tunai dengan e-Wallet akan merasa perbedaan signifikan dengan berbagai fitur menarik, hingga promo diskon yang didapat.

Tak perlu membawa dompet tebal yang berisi berlembar-lembar uang fisik, cukup scan kode QRIS dan transfer uang secara digital akan jauh lebih aman.

Terlebih lagi, Mayar menyediakan berbagai pembayaran melalui e-Wallet di Indonesia. Bahkan, mungkin Anda juga sudah mengenalnya, seperti: LinkAja, OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, Jenius Pay, dan masih banyak lagi.

Kemudahan Terima Pembayaran e-Wallet Dengan Kode QRIS Mayar

Kode QRIS merupakan sebuah solusi yang akan memberikan kemudahan dalam menerima pembayaran bagi para pedagang.

Di masa lalu, calon pembeli yang akan membayar melalui transfer bank harus memiliki akun rekening bank yang sama. Termasuk, dalam hal pembayaran melalui aplikasi e-Wallet.

Sebagai contoh, Anda akan membeli makanan ayam geprek di warung makan. Sayangnya, akan sangat ribet jika ternyata e-Wallet yang Anda gunakan berbeda dengan e-Wallet milik penjual.

Katakanlah, Anda menggunakan Gopay, sementara pedagang menggunakan kode QRIS LinkAja, dimana sistem QR Code akan berbeda.

Jika semua pembeli harus menggunakan aplikasi yang sama, tentu akan mempersulit pembeli. Oleh karena itu, solusi menerima pembayaran dengan kode QRIS hadir.

Bagaimana Cara Kerja Kode QRIS Untuk Terima Pembayaran Transaksi Jual-Beli?

Solusi Pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah salah satu alternatif solusi pembayaran dengan menggunakan standar nasional kode QR.

Kode QRIS adalah QR standar nasional yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli secara non-tunai.

Dalam hal ini, Bank Indonesia dan ASPI telah merilis solusi pembayaran QRIS pada 17 Agustus 2019. Selanjutnya, mulai diimplementasikan pada 01 Januari 2020 yang lalu.

Cara Menggunakan QRIS sebagai Solusi Pembayaran

Solusi pembayaran QRIS terbukti sangat mempermudah masyarakat dalam melakukan proses transaksi non-tunai menggunakan QR code.

Pasalnya, dengan menggunakan solusi pembayaran QRIS ini, Anda hanya perlu melakukan scan satu QR code untuk bisa digunakan di semua metode pembayaran, baik melalui OVO, LinkAja, ShopeePay, GoPay, Dana, dan lain sebagainya.

Sehingga, Anda tidak perlu memenuhi memori handphone dengan menginstal semua aplikasi e-wallet. Karena, QRIS sudah mengintegrasikan semua metode pembayaran.

Dengan demikian, transaksi dalam berlangsung dengan lebih cepat, mudah, dan murah.

Selain itu, dengan mengandalkan sistem untuk membantu proses transaksi jual beli juga bisa meminimalisasi antrian, tenaga kasir, dan mempercepat proses pembayaran dengan tingkat akurasi yang tidak perlu diragukan lagi.

Keunggulan Solusi Pembayaran QRIS Mayar

Agar lebih memahami tentang solusi pembayaran QRIS, berikut beberapa kemudahan QRIS Mayar dalam melakukan proses transaksi jual beli.

1. Berbagai Metode Pembayaran

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, solusi pembayaran QRIS bisa digunakan untuk melakukan pembayaran di berbagai e-wallet, baik ShoopePay, GoPay, OVO, LinkAja, Dana, dan lain sebagainya.

Hanya dengan melakukan scan satu buah QR code, maka Anda akan diberi keleluasaan untuk melakukan pembayaran melalui berbagai aplikasi pembayaran yang tersedia.

Anda juga tak perlu ribet menginstal semua e-wallet untuk bisa melakukan pembayaran dengan QRIS. Cukup scan dan bayar dengan metode pembayaran sesuai preferensi.

2. Mudah Dan Cepat

Keuntungan lainnya yang bisa dirasakan saat menggunakan solusi pembayaran QRIS adalah prosesnya yang sangat mudah untuk dilakukan.

Dalam hal ini, Anda tidak perlu ribet menyesuaikan sistem pembayaran yang dimiliki dengan sistem pembayaran yang digunakan pedagang.

Pasalnya, dengan sekali scan QRIS, Anda bisa mengakses beragam metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai yang biasa digunakan.

Setelah proses scan QRIS berhasil, layar aplikasi akan menampilkan nama penjual. Apabila nama telah sesuai, Anda hanya tinggal melakukan pembayaran dengan sekali klik pada aplikasi.

Proses pembayaran menggunakan QRIS pun selesai dilakukan. Sangat mudah, bukan?

3. Otomatis dan akurat

Anda orang yang super sibuk dengan kepadatan jadwal aktivitas? Atau, Anda  malas mengantri di tengah kerumunan orang? Maka, QRIS tentunya menjawab kebutuhan Anda akan proses pembayaran yang cepat, efektif, dan efisien.

Hanya dengan melakukan klik bayar pada tampilan aplikasi, maka secara otomatis proses pembayaran akan dilakukan.

Kemudian, tidak butuh waktu lama sistem akan mengkonfirmasi bahwa proses pembayaran telah berhasil dilakukan dengan tampilan notifikasi.

Selain itu, sistem juga akan meneruskan pesan ke penjual bahwa Anda telah berhasil melakukan pembayaran dengan QRIS.

Jadi, proses pembayaran akan jauh lebih mudah, efisien, dan efektif untuk dilakukan.

Jenis Solusi Pembayaran QRIS Mayar

Setelah mengetahui berbagai kemudahan dan keunggulan yang diberikan solusi pembayaran QRIS, sekarang saatnya Anda mempelajari tentang jenis-jenis pembayaran QRIS.

· QRIS Statis

QRIS Statis merupakan salah satu jenis implementasi dari solusi pembayaran QRIS, dimana QR code telah disediakan oleh pihak penjual.

Dalam hal ini, konsumen hanya perlu melakukan scan pada QRIS tersebut dan langsung melakukan pembayaran.

Biasanya, jenis solusi pembayaran QRIS berbasis Statis banyak dijumpai saat melakukan pembayaran di kasir.

Hal ini karena, QRIS yang disediakan oleh penjual tidak akan berganti dan selalu sama untuk digunakan oleh setiap konsumen yang ingin melakukan pembayaran.

· QRIS Dinamis

QRIS Dinamis adalah salah satu jenis implementasi dari solusi pembayaran QRIS, dimana QR code akan diberikan oleh pihak penjual sesuai dengan jenis transaksi yang dilakukan oleh pembeli.

Dalam hal ini, solusi pembayaran QRIS berbasis QRIS Dinamis akan memberikan QR code yang berbeda-beda untuk setiap pembeli.

Oleh karena itu, jenis solusi pembayaran QRIS ini dinamakan Dinamis atau  bersifat tidak tetap dan berubah-ubah untuk setiap transaksi pembelian yang berbeda.

Jadi, QRIS Dinamis yang tampil hanya untuk satu kali transaksi saja.

· QRIS on Checkout

Mayar juga menyediakan integrasi Checkout dengan scan QRIS. Membuat pengalaman transaksi belanja pelanggan Anda menjadi lebih mudah dengan berbagai e-Wallet apapun.

· QRIS Custom Print

Anda pemilik toko atau pengusaha UKM? Silakan mendesain sendiri QR Code QRIS yang sesuai brand atau logo perusahaan Anda. Setelah dicetak, Anda bisa memajang di meja kasir atau di toko Anda.

QRIS Mayar Sebagai Tren Pembayaran Kekinian di Indonesia

Di masa depan, QRIS diprediksi akan terus tumbuh dan berkembang. Terlebih lagi, banyak masyarakat yang masih khawatir dengan penyebaran virus COVID-19.

Dengan pembayaran QRIS, maka kita tak perlu kontak fisik dengan siapapun maupun uang fisik.

Indonesia sendiri juga diproyeksikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto akan meningkatkan transaksi digital hingga mencapai Rp 1,7 Triliun pada 2025.

Angka tersebut diprediksi akan membawa Indonesia menjadi posisi teratas ASEAN sebagai negara yang memiliki nominal transaksi digital terbesar sebanyak 40%.

Sementara, menyusul di bawah Indonesia, ada Thailand, Malaysia, dan Filipina.

Mengingat jumlah populasi masyarakat Indonesia yang sangat besar, nilai transaksi digital juga tak main-main. Mencapai 72% dari total transaksi e-Commerce.

Selain e-Commerce, transaksi digital datang dari layanan ojek online, media online, online travel, edukasi online, serta kesehatan online.

Pertumbuhan Indonesia telah dicatat oleh Bank Dunia hingga 200% pencarian edukasi online atau e-Learning. Mayar juga menghadirkan fitur yang memudahkan para konten kreator kursus online mengelola e-Learning sangat praktis dan modern.

Permudah Transaksi Digital Bisnis Anda dengan QRIS Mayar!

Terima pembayaran bisnis dengan QRIS Mayar akan mendatangkan sejumlah keuntungan. Pelanggan milenial saat ini mendambakan kemudahan dan kepraktisan dalam membayar. Terlebih lagi, mereka jarang membawa uang tunai yang besar di dalam dompet.

Dengan menyediakan QRIS, pembeli cukup scan kode QRIS di kasir, dan bisa lebih cepat mentransfer uangnya melalui aplikasi bank atau e-Wallet favoritnya. Satu kode untuk terima pembayaran dari metode apapun!

Pembayaran QRIS Mayar harapannya dapat meningkatkan keamanan serta menambah pengalaman pelanggan.

Yuk, daftar akun Mayar dan segera cetak QRIS Mayar hari ini di toko Anda! Info selengkapnya lihat Pusat Bantuan atau email: [email protected].