Mayar, Solusi Kembangkan Kursus Online Cohort-Based di Indonesia

Mayar, Solusi Kembangkan Kursus Online Cohort-Based di Indonesia

Di masa lalu, umumnya seminar atau kursus diadakan di suatu tempat seperti hotel, kantor, atau kampus, dan diadakan secara tatap muka. Akan tetapi, seiring kemajuan zaman, kita semua mengenal kursus atau pembelajaran online, terlebih ketika pandemi COVID-19 melanda.

Hampir semua kegiatan masyarakat saat ini, berubah menjadi serba virtual. Online Learning atau belajar online menjadi solusi untuk menekan penyebaran virus. Namun, di sisi lain, turut menghadirkan inovasi pembelajaran yang inovatif dan lebih efisien.

Akan tetapi, daripada belajar online sendiri, kenapa tidak belajar bersama-sama atau kursus berbasis kelompok?

Dengan belajar kelompok, suasana belajar jadi lebih seru ketimbang sendirian. Karena, bisa saling bertukar pikiran, tanya jawab, berdiskusi, atau berbagi ide.

Pembelajaran Cohort-Based sebenarnya bukan konsep asing. Di luar negeri, pelatihan edukasi online seperti ini sudah lumrah. Banyak dipakai sebagai sarana atau alat pembelajaran untuk sekolah, universitas, perusahaan, dan entrepreneur.

Kalau Anda adalah seorang kreator konten, inilah yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan platform seperti Mayar sebagai solusi pembelajaran Cohort-Based di Indonesia untuk menyampaikan materi kursus Anda.

Pengertian dan cara kerja pembelajaran Cohort-Based

kelas online

Pada dasarnya, pembelajaran berbasis kohort atau cohort-based adalah pendekatan pembelajaran, di mana antara individu yang berkumpul untuk belajar dan berkolaborasi mengenai suatu mata pelajaran tertentu pada waktu yang sama.

Pernah ingat, bagaimana saat Anda duduk di Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah, dan sering mengadakan belajar kelompok ke rumah guru atau rumah teman? Nah, seperti itulah gambaran pembelajaran cohort-based!

Metode belajar cohort-based bisa dilakukan mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, hingga perguruan tinggi.

Semua siswa mempelajari materi yang sama dengan kecepatan yang sama. Para siswa bisa saling berkolaborasi, saling membantu, dan kreator konten dapat membangun komunitas belajar yang interaktif.

Manfaat kursus atau pembelajaran cohort-based

kursus online

Secara umum, kita lebih nyaman bertanya pada sesama teman atau rekan kerja jika ada hal yang tak diketahui. Benar, kan?

Konsep ini berlaku untuk kursus atau pembelajaran cohort-based. Siswa yang belajar online sendirian pasti akan mudah bosan, mengantuk, bahkan cenderung malas.

Tapii… bayangkan, jika siswa bisa belajar online bersama-sama temannya! Tentunya, belajar akan semakin menyenangkan, karena bisa berdiskusi dan bertanya jika ada materi yang susah dipahami.

Berikut adalah manfaat dan keuntungan utama mengikuti kursus berbasis kohort/ pembelajaran cohort-based:

1.    Kolaborasi.

Meningkatkan pengalaman belajar dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

2.    Struktur.

Tanggal jatuh tempo dan forum diskusi menyediakan struktur—sesuatu yang dianggap penting oleh banyak orang untuk pembelajaran yang efektif.

3.    Dukungan.

Koneksi dengan kelompok menawarkan jaringan dukungan yang sangat berharga. Siswa tidak hanya menikmati manfaat memahami materi, tetapi mereka juga mendapatkan motivasi dan akuntabilitas dari sesama peserta kursus.

4.    Perspektif.

Pembelajaran cohort-based memperkenalkan siswa pada ide dan perspektif baru. Mereka berinteraksi secara dekat dengan orang-orang dari berbagai latar belakang, mempelajari cara-cara baru untuk melihat dunia.

Mayar, solusi mengelola dan mengembangkan kursus berbasis cohort di Indonesia

kelas online bareng Mayar.id

Salah satu platform di Indonesia yang dapat membantu mengembangkan dan mengelola pembelajaran cohort-based di Indonesia adalah Mayar.id.

Kenapa harus Mayar.id? Tahukah kamu, mengelola kursus atau pembelajaran jarak jauh membutuhkan tenaga, pikiran, dan waktu?

Akan tetapi, dengan Mayar.id, Anda bisa mengintegrasikan berbagai fitur dan fungsi pembuatan kursus online semudah drag-and-drop!

Mulai dari pembuatan landing page kursus online otomatis, mengelola peserta/ list email, pembayaran, hingga materi bab pembelajaran yang seru. Misalnya, Anda bisa membuat quiz, video, teks, meeting virtual, dan attachment file.

Gak hanya itu, Anda masih bisa mengintegrasikan Mayar.id dengan platform no-code lainnya seperti Zapier, bahkan untuk menjual merchandise atau buku secara online, Mayar dapat terintegrasi dengan aplikasi Kurir, Gudang, dan lainnya.

Fitur -fitur yang mendukung pengelolaan kursus online di Mayar.id

Berikut ini beberapa fitur membuat kursus online di Mayar.id yang bisa dimanfaatkan para kreator konten:

1. Pembuatan otomatis website / landing page kursus online.

Buat halaman atau landing page kursus onlineuntuk memudahkan peserta mendapatkan informasi secara lengkap detail materi, jadwal, pelaksanaan virtual, dan lainnya.

2. Mengelola kuota peserta.

Anda dapat mengelola berapa jumlah peserta atau kuota yang tersedia. Jika sudah melewati batas kuota, link pendaftaran akan tertutup otomatis. Atau, Anda juga bisa mengatur dengan jumlah peserta unlimited.

3. Mengatur rentang waktu link pendaftaran.

Link pendaftaran atau pembayaran dapat diatur sampai tanggal tertentu, atau diaktifkan seterusnya.

4. Membangun database peserta.

Yang lebih menarik, dari link pendaftaran bisa diciptakan database untuk email marketing yang selanjutnya bisa dikirimkan broadcast atau blast (WA dan SMS segera hadir).

5. Pengelolaan bab pembelajaran atau materi kursus.

Bab materi atau kursus juga bisa disusun dan dikelola sesuai kategorinya. Termasuk dalam format video, teks/ bacaan, attachment/ files, modul, meeting, quiz, dan lainnya.

6. Eksport dan import data ke format xls/ csv.

Mengelola data peserta kursus online di Mayar.id, semudah satu kali klik tombol eksport atau import sesuai kebutuhan.

7. Membagikan kursus untuk promosi ke medsos.

Hanya dengan sekali klik dari medsos atau Whatsapp, calon peserta kursus bisa langsung masuk ke halaman pendaftaran. Semudah dan sepraktis itu!

8. Embed tombol pendaftaran/ checkout.

Pasang tombol checkout atau link pendaftaran kursus tanpa ribet. Cukup copy-paste ke website, landing page, atau blog yang sudah dibuat sebelumnya secara otomatis di Mayar.id.

9. Link akses kursus diberikan otomatis via email/ Whatsapp.

Begitu peserta kursus membayar, link untuk akses ke kelas online akan segera dikirim secara otomatis melalui Whatsapp dan email.

Menciptakan komunitas belajar kelompok yang seru dan modern.

belajar online

Dengan pembelajaran atau kursus berbasis kohort, lingkungan belajar jadi lebih seru dan menyenangkan. Karena, tujuan utama pembelajaran cohort-based adalah menyediakan ruang komunitas khusus, agar para peserta bisa saling berinteraksi.

Selain itu, dengan perangkat lunak atau aplikasi seperti Mayar.id, pengelolaan kursus online jadi lebih efektif dan mudah! Bahkan, memungkinkan siapapun belajar bersama suatu materi atau topik, tanpa terkendala jarak atau lokasi.

Kreator konten atau materi kursus bisa langsung mempublikasikan konten kursus multimedia yang menarik. Termasuk bacaan, kuis, video, survey online, dan ya.. webinar!

Peserta juga bisa memanfaatkan chat online untuk saling bertukar pendapat atau berdiskusi. Setelahnya, instruktur kursus atau kreator konten dapat memposting materi atau pembahasan bab secara eksklusif di blognya.

Bagaimana cara memulai kursus berbasis kohort?

membuat konten kurus online

Sudah siap membuat kursus online sendiri? Ikuti beberapa langkahnya berikut:

1.    Audiens target.

Lakukan riset dan tanyakan pada diri Anda, apa yang dibutuhkan audiens target saya? Apa hasil belajar yang ingin dicapai? Buat profil terperinci dari audiens target untuk memahami lebih lanjut.

2.    Harga kursus.

Sekarang, saatnya menentukan harga kursus. Seperti disebutkan, kursus berbasis kelompok umumnya dihargai lebih tinggi daripada kursus mandiri. Lakukan riset, lihat harga pesaing, lalu pilih harga yang reasonable.

3.    Landing page.

Buat landing page atau sales page. Nantinya, semua calon peserta akan diarahkan ke halaman ini untuk memahami materi, kontak yang bisa dihubungi, dan lainnya.

4.    Desain materi.

Selanjutnya, membuat rancangan materi yang sesuai dengan struktur, hasil pembelajaran, dan audiens targetnya.

5.    Bangun komunitas.

Ide yang bagus jika ada aplikasi atau tools untuk membangun komunitas sejak awal. Contohnnya, siapkan grup Facebook, grup Whatsapp, grup Telegram, atau cukup di Zoom, maupun Gmeet agar sesama peserta bisa saling berdiskusi dan mengajukan pertanyaan ketika sesi berlangsung.

Yuk, luncurkan konten kursus online berbasis cohort dengan aplikasi Mayar.id!

Daftar Mayar.id sekarang!

Mayar.id menggabungkan fitur-fitur penting agar penyampaian dan pengelolaan kursus berbasis kohort semakin cepat, mudah, dan efisien!

Mayar siap menjawab pertanyaan atau membantu, jika Anda mengalami kendala saat mempersiapkan kursus online terbaru Anda. Daftar Mayar sekarang atau hubungi [email protected] hari ini!

Jangan lupa follow, like, dan comment di IG @mayar_id untuk update info-info menarik lainnya, yaa.

Source img: Photo by lucas law on Unsplash