Mengapa Bisnis Harus Siap Menerima Pembayaran Online?

Mengapa Bisnis Harus Siap Menerima Pembayaran Online?

Di era saat ini di mana perkembangan teknologi begitu pesat, masyarakat makin mudah dalam menyelesaikan berbagai macam keperluannya, seperti menjual dan membeli barang. Bahkan saat ini, untuk berbisnis pun bisa dilakukan dengan mudah, karena semuanya bisa dilakukan secara online.

Dengan semakin majunya teknologi, berbagai macam inovasi pun juga dihadirkan, dan salah satu inovasi yang dihadirkan adalah munculnya sistem pembayaran online. Dengan munculnya pembayaran online, tiap-tiap individu dan bisnis bisa melakukan transaksi dengan mudah, cepat, dan aman.

Mengenal Pembayaran Online Saat Ini

Saat ini ada beberapa inovasi dalam pembayaran online, di antaranya adalah:

  • Virtual account.
  • E-wallet.
  • QRIS

QRIS (dibaca KRIS) adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard yang merupakan penyatuan berbagai macam bentuk QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP).

QRIS sendiri bisa hadir di tengah-tengah masyarakat setelah BI (Bank Indonesia) dan PJSP mengembangkannya bersama-sama guna menghasilkan proses transaksi menggunakan QR Code yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan aman.

Dan untuk semua PJSP yang menggunakan QR Code dalam proses transaksinya, pihak BI mewajibkan PJSP tersebut untuk menggunakan QRIS. Ada banyak keunggulan ketika menggunakan QRIS, di antaranya adalah:

  • QRIS menerima pembayaran dari berbagai macam aplikasi yang menggunakan QR Code.
  • Untuk para merchant, mereka tidak perlu memajang banyak QR Code, karena mereka cukup menggunakan QRIS.
  • Pembayaran langsung diproses, dan nantinya para pengguna dan merchant akan segera mendapatkan notifikasi pembayaran.

Virtual Account

Virtual account adalah rekening buatan yang tidak nyata, yang dikeluarkan oleh Bank. Umumnya, metode pembayaran ini digunakan oleh perusahaan, karena memang lebih memudahkan ketika terjadi proses transaksi.

Adapun untuk cara kerja virtual account, para pelanggan akan mendapatkan VA number yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Masing-masing pelanggan pun akan mendapatkan VA number yang unik, yang berbeda satu sama lain.

Setelah pembayaran dilakukan, merchant akan mendapatkan notifikasi, dan bisa segera melakukan pengecekan pada invoice yang diterima. Metode pembayaran dengan virtual account ini sangat cocok digunakan dalam dunia bisnis, khususnya dalam skala besar.

E-wallet

E-wallet atau dompet elektronik adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk memudahkan proses pembayaran hanya dengan menggunakan smartphone. Saat ini sendiri, masyarakat banyak menggunakan e-wallet.

Ada banyak e-wallet yang tersedia saat ini, di antaranya adalah:

  • GoPay
  • LinkAja
  • DANA
  • OVO

Cara kerja dari e-wallet ini adalah pengguna harus mengisi saldo di akun e-wallet mereka terlebih dahulu. Setelah akun memiliki saldo, maka proses transaksi melalui dompet elektronik baru bisa digunakan.

Pembayaran Online Memudahkan dalam Berbisnis

Di awal sudah disebutkan bahwasanya kemajuan teknologi memberikan kemudahan dalam berbagai hal, di antaranya kemudahan dalam berbisnis. Dan ketika sudah terjun ke dunia bisnis pun, kemajuan teknologi kembali memberikan kemudahan, salah satunya kemudahan dalam bertransaksi.

Dan kemudahan tersebut terlihat jelas dengan hadirnya QRIS, virtual account, dan juga, e-wallet. Dan dunia bisnis saat ini sendiri, mau tidak mau memang harus siap menjalankan sistem pembayaran online demi memudahkan para pelanggan dalam melakukan transaksi pembayaran.

Image Credit: Unsplash