Mengapa memilih bisnis model berlangganan (Subscription) untuk bisnis anda?

Mengapa memilih bisnis model berlangganan (Subscription) untuk bisnis anda?

Brian Feroldi, seorang analis dan penulis di Motley Fool (https://www.fool.com/) pernah menulis di twiternya tentang cara menemukan bisnis yang berkualtas, salah satu faktor yang terpenting dan ada di nomor satu adalah bisnis tersebut memiliki Recurring Revenue atau pendapatan dari pelanggan yang berlangganan (membayar secara rutin setiap periode):

Salah satu kelebihan bisnis yang memiliki pendapatan yang berulang (recurring) adalah adanya pendapatan yang dapat diprediksi di masa depan. Mungkin jika hanya beberapa pelanggan akan sulit untuk memprediksi pendapatan dari berlangganan (recurring), namun jika bisnis telah memiliki banyak pelanggan dan data, maka kan terlihat pola yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui pendapatan di masa yang akan datang.

Saat ini sedang terjadi perubahan paradigma bisnis model di perusahaan-perusahaan teknologi besar untuk mengubah bisnis modelnya dari yang sebelumnya menggunakan lisensi sekali bayar ke bisnis model berlangganan.

Adobe

Adobe adalah salah satu contoh perusahaan yang berhasil melakukan transisi paling sukses dari model lisensi ke model berlangganan. Dari 2010-2019, pendapatan dari berlangganan sebagai persentase dari total pendapatan meningkat dari kurang dari 10% menjadi lebih dari 90%; pergeseran ini telah menyebabkan nilai perusahaan meningkat dengan pesat.

Apple

Apple adalah contoh dimana pendapatan dari layanan berlangganan (Apple Music, Apple One, iCloud, dll) mulai berkembang dengan pesat dan semakin banyak menyumbang pada keseluruhan presentase pendapatan Apple. Pada Kuartal Pertama 2014, Apple memperoleh ~ $ 4,6 miliar dari pendapatan layanan/berlangganan atau ~ 10% dari total pendapatan, pada kuartal ketiga 2020 mereka memperoleh $ 13,1 miliar yang merupakan ~ 22% dari pendapatan keseluruhan. Perlu dicatat bahwa selama periode waktu tersebut total pendapatan meningkat + 30% sedangkan pendapatan dari layanan/berlangganan meningkat jauh lebih pesat di +186%.

Mayar adalah platform yang membantu bisnis anda untuk menerima pembayaran baik berupa pembayaran sekali, atau pembayaran berlangganan. Jika bisnis anda menggunakan bisnis model berlangganan, anda tidak perlu lagi repot membuat sistem untuk penagihan, penggingat dan analitik/laporan bisnis, karena semua yang anda perlukan untuk memulai bisnis berlangganan (recurring) sudah tersedia di Mayar.

Image Credit: Business Model Toolbox