Mengenal Program Affiliate Marketing di Tiktok
Foto oleh cottonbro dari Pexels
Di dunia nyata, Anda mungkin pernah bertemu salesman atau salesgirl yang menawarkan produk tertentu. Nah, kalau di dunia maya, inilah yang bisa dikatakan sebagai affiliate marketing.
Di mana, cukup dengan menawarkan produk atau jasa orang lain/ milik sendiri, kepada calon konsumen melalui sebuah tautan. Dan jika, produk atau jasa tersebut benar-benar terjual, maka akan ada komisi 10-30% yang siap diberikan.
Affiliate marketing saat ini bahkan menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat modern yang mengandalkan internet. Ada banyak program affiliate marketing yang ditawarkan dari berbagai perusahaan dan brand. Mulai dari perusahaan retail, perusahaan layanan jasa, hingga aplikasi-aplikasi populer yang ternama di dunia.
Salah satunya adalah program affiliate marketing dari TikTok. Sebagai platform media sosial yang populer se-antero planet, TikTok bisa menjadi sumber penghasilan sampingan dalam affiliate marketing.
Affiliate marketing di TikTok
Bagaimana cara kerjanya? Mari simak pembahasan selengkapnya, berikut yuk!
Program affiliate marketing di TikTok
Bentuk pembayaran komisi dari program afiliasi di TikTok adalah setiap satu klik, kreator TikTok akan diberikan upah atau komisi jika ada orang yang mengklik dan membeli produk yang dibagikan kreator tersebut.
TikTok menyediakan program affiliate bagi kreator, sehingga kreator bisa memasarkan produk sendiri atau produk brand lain di akun TikTok. Jika ada yang membeli produk tersebut melalui keranjang di profil, nantinya kreator akan langsung mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual.
Cara mengikuti program affiliate marketing di TikTok
Tertarik untuk mengikuti program affiliate marketing di TikTok? Yuk, coba ikuti step-step berikut:
1. Langkah pertama, buka aplikasi TikTok atau klik https://affiliate.tiktok.com/.
2. Pilih menu “Seller Center Indonesia”.
3. Masuk ke aplikasi atau login dengan username dan password Anda.
4. Jika proses login berhasil, Anda akan diarahkan ke laman TikTok Shop.
5. Verifikasi nomor telepon dan alamat email Anda.
6. Isi lengkap form seperti alamat rumah, nomor telepon, dll.
7. Tambahkan produk yang ingin dipromosikan.
8. Setelah proses verifikasi dari TikTok, akan ada notifikasi jika permintaan produk yang dijual sudah disetujui.
Info lebih lengkap mengenai program affiliate TikTok, klik link ini.
Fitur share link/ bagikan tautan di Instagram
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, agar bisa memperoleh komisi, afiliasi akan membagikan tautan atau link di Instagram. Nantinya, link atau tautan tersebut akan diklik, dan produk yang terjual akan menghasilkan komisi atau upah.
Untuk membagikan tautan atau link di Instagram, sekarang ada fitur “Share Link” di Instagram Stories.
- Link yang dibagikan formatnya diubah secara otomatis dalam bentuk Sticker.
- Sticker dari Instagram tersebut akan lebih mudah dibagikan ke Stories dalam sekali klik.
- Walaupun berbentuk sticker, TikToker lainnya akan tetap bisa mengklik stiker tersebut dan diarahkan ke laman tertentu. Misalnya website eCommerce, landing page produk, dan lainnya.
- Jika produk terjual, maka afiliasi akan mendapatkan komisinya.
Cara menghasilkan uang di TikTok
Jadi, yuk kita simak bagaimana agar bisa memanfaatkan traffic TikTok dalam kampanye pemasaran afiliasi Anda.
1. Gunakan jangkauan organik.
Opsi pertama adalah memanfaatkan lalu lintas organik atau organic traffic gratis. Karena, saat ini TikTok tampaknya tidak membatasi berapa banyak lalu lintas yang didapat pembuat konten.
Ada empat cara Anda dapat menggunakan lalu lintas organik TikTok:
· Tautan ke URL dari laman profil.
· Arahkan lalu lintas ke profil sosial lainnya.
· Promosikan kode kupon/URL di video Anda.
· Tambahkan URL afiliasi ke deskripsi konten.
2. Tautan ke URL eksternal.
Untuk menambahkan tautan ke URL eksternal, Anda bisa memakai beberapa cara:
a. Tingkatkan ke akun bisnis.
Akun 'Pribadi' TikTok tidak mengizinkan Anda menempatkan tautan ke URL eksternal yang dapat diklik di laman profil Anda. Jadi, pakai akun “Bisnis”, selain itu, peningkatan dari akun pribadi ke akun bisnis juga gratis, kok!
Kemudian, tautkan langsung ke website atau blog Anda dari laman profil TikTok. Monetisasi traffic itu dengan program affiliasi pilihan Anda.
b. Gunakan LinkTree.
Sekarang, bagaimana jika kita ingin mengarahkan lalu lintas ke beberapa URL affiliasi? Tak masalah, cukup gunakan LinkTree.
Mirip seperti Linkin.bio, Linktree bisa dipakai untuk program afiliasi yang bekerja sama dengan TikTok. Jangan khawatir, LinkTree tidak mengenakan biaya apapun alias gratis.
Setelah login, yang perlu dilakukan adalah mengklik “Add New Link”.
Kemudian lengkapi dua bidang dan geser dari kuning ke hijau untuk mengaktifkan tautan Anda:
Buatlah daftar pendek posting blog yang dimonetisasi dengan program affiliasi Anda yang paling prospektif.
Kemudian tambahkan saja ke profil Linktr.ee Anda.
c. Tautan ke profil sosial Anda.
TikTok sebenarnya membuat ini sangat mudah.
Ketuk ikon 'Me' di bagian bawah layar pada aplikasi TikTok:
Kemudian ketuk 'Edit Profil'.
Dan voila, Anda memiliki bidang terpisah untuk profil Instagram dan YouTube:
3. Profil Tiktok Dengan Tautan Media Sosial.
4. Gunakan kode promo.
Pengiklan memahami bahwa produk yang tepat di hadapan audiens target dapat menghasilkan ROI.
Jadi mereka biasanya dengan senang hati membagikan kode kupon/diskon kepada pemasar afiliasi TikTok dan influencer sosial.
Menggunakan kode kupon ini semudah menyebutkannya di konten TikTok.
Atau, beberapa pengiklan mengambil langkah lebih jauh dengan memberi Anda URL referral khusus untuk program afiliasi mereka.
Contohnya, Anda mempromosikan Niagahoster.
Alih-alih memberikan kode kupon tertentu kepada audiens, minta audiens untuk mengklik tombol URL afiliasi ke Niagahoster agar audiens bisa membeli paket layanan hosting/ domain yang ditawarkan.
Nantinya, setiap pembelian yang dilakukan oleh pengikut Anda di URL tersebut akan dikreditkan ke saldo program afiliasi Anda.
5. Tambahkan URL ke deskripsi video TikTok.
Metode ini dilakukan untuk mendapatkan klik karena bergantung pada pengguna mau copy-paste URL afiliasi ke browser mereka atau tidak.
Tetapi, semakin kredibel influencer yang memajang URL tersebut, biasanya para pengguna TikTok atau pengikutnya juga akan mempertimbangkan untuk membuka URL tersebut.
6. Gunakan iklan berbayar TikTok.
Jangkauan organik terkadang masih belum cukup untuk menargetkan satu atau dua demografis tertentu. Jadi, Anda membutuhkan opsi iklan lainnya, seperti platform iklan berbayar di TikTok.
Perlu dicatat, iklan video di TikTok tidak murah. Bahkan, paket iklan termurah mulai dari $600.
Jika memang brand Anda memiliki finansial atau budget yang mencukupi, cobalah opsi-opsi berikut:
· In-feed –masuk ke feed Anda saat Anda scroll, mirip dengan apa yang Anda dapatkan di jejaring sosial lainnya
· Tantangan Hashtag – mendorong penggunaan interaksi dengan aktivitas tertentu yang cocok dengan hashtag.
· Pengambilalihan Merek – pengambilalihan merek diputar otomatis saat Anda membuka aplikasi tetapi juga mengambil alih seluruh layar
· Konten AR Bermerek – mempromosikan fitur AR (Augmented Reality) seperti lensa, stiker, dll.
Pro & Kontra Pemasaran Afiliasi TikTok
Bagaimana menurut Anda, apakah program afiliasi di TikTok adalah ide yang bagus? Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan program afiliasi TikTok, simak kelebihan (pro) dan kelemahan (kontra) berikut:
Pro
· TikTok adalah platform sosial dengan pertumbuhan tercepat saat ini.
· Anda bisa mendapatkan tingkat keterlibatan yang besar hanya dengan beberapa video.
· Membuat konten itu mudah – tidak perlu pengalaman mengedit video.
· Bisa sangat efektif sebagai alat pembangun merek.
· Anda dapat menumbuhkan audiens Anda di platform lain dengan memanfaatkan TikTok.
· Tidak ada pembatasan pada lalu lintas organik.
Kontra
· Tingkat komersial yang dipertanyakan untuk pemasar afiliasi.
· TikTok menghadapi masa depan yang tidak pasti di pasar Barat.
· Anda tidak dapat menambahkan tautan ke program afiliasi di konten video.
Contoh pemasaran afiliasi di TikTok.
Berikut adalah beberapa contoh nyata dari program afiliasi yang menghasilkan uang dengan TikTok.
1. Pertama, ada GraceakaLittleMama dengan 475k pengikut.
Dari contoh di atas, GraceakaLittleMama memonetisasi lalu lintasnya dengan berbagai penawaran, termasuk Amazon dan produk pemasaran afiliasi.
Tapi dia melakukannya dengan mengarahkan lalu lintas TikTok ke profil YouTube-nya.
2. Kedua, adalah Rachel Meaders dengan 1,3 juta pengikut:
Rachel memonetisasi lalu lintasnya melalui program Amazon Associates – sudut pandangnya adalah video pendek “Hal-hal yang Anda tidak tahu Anda butuhkan dari Amazon”.
Kemudian dia menggunakan LinkTr.ee untuk mengarahkan pengguna ke laman yang diinginkan.
TikTok lebih merupakan sumber lalu lintas ketimbang hanya sekedar platform untuk narsis. Tak bisa dipungkiri, TikTok adalah platform menarik yang saat ini menikmati momennya yang sedang bersinar.
Jadi, kira-kira apakah Anda tertarik bergabung program afiliasi di TikTok?