Menghasilkan Pendapatan Pasif Bulanan dari Affiliate

Menghasilkan Pendapatan Pasif Bulanan dari Affiliate

Bayangkan sejenak alangkah senangnya kalau kita bisa memiliki kebebasan finansial, cukup dengan menghasilkan uang dari rumah saja. Jika ini terdengar seperti mimpi, Anda perlu mengenali affiliate marketing.

Dengan affiliate marketing, Anda bisa mendapatkan penghasilan bulanan yang terus mengalir, bahkan tanpa perlu keluar rumah.

Apa itu penghasilan bulanan dari affiliate marketing? Ini adalah uang yang bisa didapatkan melalui metode pemasaran afiliasi. Dalam program pemasaran afiliasi atau affiliate marketing, Anda memperoleh penghasilan dengan mempromosikan produk atau jasa orang lain.

Cara umum mempromosikan produk/ jasa dengan affiliate adalah link, konten, banner, dll.

Menghasilkan pendapatan pasif pemasaran afiliasi.

Siapa sih yang tak mau punya pendapatan bulanan tanpa perlu repot keluar rumah? Banyak orang yang bertanya-tanya pendapatan pasif affiliate marketing.

Sayangnya, ini bukan sekadar “bagikan tautan, dan orang akan mengeklik” saja. Untuk menghasilkan pendapatan pasif atau uang bulanan, juga butuh strategi dan trik.

Sebagai contoh, Anda harus mengelola blog, memilih jenis program affiliate, serta membuat konten untuk mempromosikan produk/ jasa.

Jika dilakukan dengan benar, Anda akan menikmati pendapatan pasif yang mengalir setiap bulan ke rekening. Hanya saja, pastikan untuk memilih program yang tepat.

Macam-macam program affiliate.

Banyak program affiliate marketing yang membayar upah atau komisi ketika pengunjung web Anda mengeklik dan membeli produk/ jasa.

Namun, kalau anda benar-benar ingin mendapatkan penghasilan pasif setiap bulan, Anda harus memilih program afiliasi otomatis melalui komisi berulang atau recurring commision.

Terkadang, ada juga beberapa program affiliate yang menawarkan komisi dalam jangka waktu tertentu, misalnya setahun. Tetapi, ada juga lho, program affilite yang menawarkan komisi bulanan seumur hidup. Wow banget, kan!

Berikut adalah beberapa jenis program affiliate yang bisa diikuti. Antara lain:

1. SocialPilot.

Social Pilot memiliki program affiliate gratis untuk diikuti. Alat otomasi media sosial ini memberikan komisi 30% bagi Anda untuk setiap referral baru dan 30% lagi untuk setiap update.

2. Leadpages.

Leadpages memiliki program pendapatan affiliate otomatis yang royal untuk alat pembuatan prospeknya. Anda akan mendapatkan 50% komisi berulang selama orang yang Anda referensikan tersebut, tetap menjadi pelanggan Leadpages.

3. Weebly.

Seperti program pendapatan afiliasi lainnya, Weebly menawarkan komisi 30% berulang untuk penjualan alat pembuat situs webnya.

4. Aweber.

Penyedia layanan pemasaran email Aweber biasanya menyapa para anggota program afiliasinya dengan sebutan “Aweber Advocates”. Anda dapat mendaftar secara gratis, dan mendapatkan komisi 30% setiap bulan selama referral Anda tetap menjadi pelanggan.

5. ConvertKit.

Selanjutnya, program affiliate lainnya yang bisa diikuti adalah ConvertKit. Program pendapatan pasif afiliasi dari ConvertKit merupakan salah satu jenis program yang bisa diikuti siapapun untuk memperoleh email marketing.

Daftar  gratis, dan dapatkan komisi berulang 30% selama referral Anda tetap menjadi pelanggan ConvertKit.

5 Tips untuk meningkatkan pendapatan affiliate.

Ingin sukses dengan affiliate marketing? Berikut adalah beberapa tips terbaik untuk membantu Anda berhasil meraih penghasilan bulanan pasif tanpa keluar rumah!

1. Pilih Produk yang Tepat.

Hindari tergoda untuk menjadi afiliasi dari semua jenis produk. Tetapi, fokus pada produk atau jasa yang Anda sukai dan kenali. Yang terpenting lagi adalah disukai dan dikenali audiens Anda.

Semakin relevan produk tersebut bagi Anda, semakin besar kemungkinan pengunjung website akan mengklik tautan tersebut, sehingga menciptakan penghasilan bulanan pasif untuk Anda.

2. Berikan Informasi yang Berguna.

Hardselling sekarang sudah kuno. Kebanyakan orang menginginkan informasi yang bisa diandalkan untuk membantu mereka memahami tentang suatu produk atau layanan.

Misalnya, kenapa harus membeli atau mendapatkan produk/ jasa tersebut. Nantinya, konsumen di zaman sekarang yang akan memutuskan sendiri secara cerdas akan membeli atau tidak.

Banyak dari afiliasi hebat yang memberikan ulasan produk, panduan, dan perbandingan untuk membantu audiens memilih dan membangun kredibilitas.

3. Optimalkan Konten Anda.

Setelah Anda menulis konten, pastikan konten ini dioptimalkan, ya. Pasalnya, konten SEO Friendly akan lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google atau Yahoo. Pencarian review produk akan terus meningkat.

Jika pemasaran afiliasi atau affiliate marketing milik Anda muncul dalam penelusuran, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan komisi.

4. Gunakan Video untuk Promosi.

Pembeli online mencari informasi otentik. Faktanya, 55% rang memakai video ketika membeli di dalam toko. Video yang menunjukkan Anda sedang memakai atau mengulas produk tersebut.

Jadi, pertimbangkan untuk membuat video sebagai salah satu metode pemasaran afiliasi Anda.

5. Eksperimen untuk Meningkatkan Konversi.

Mendapatkan traffic organik atau lalu lintas ke blog affiliate adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi. Langkah selanjutnya adalah membuat pengunjung website atau blog agar mau mengeklik.

Salah satu cara agar meningkatkan peluang ini adalah bereksperimen dengan headline, judul, dan call to action (mengajak pengunjung untuk membeli/ bertindak). Misalnya, dengan menambahkan embed tombol check-out, tombol beli sekarang, atau tombol daftar sekarang.

Anda juga bisa melihat trend gambar dan video untuk melihat apa sih konten yang paling menarik bagi audiens.

Contohnya, kalau Anda mempromosikan produk/ jasa teknologi, gambar tanpa orang memiliki peluang 26% lebih tinggi diklik, ketimbang gambar dengan orang.


Anda sudah melihat bagaimana cara menghasilkan pendapatan pasif bulanan dari affiliate. Mayar.id bisa membantu para konten kreator, marketer, atau affiliate untuk mengajak audiens melakukan langkah tindak lanjut dengan membeli produk atau jasa Anda.

Cukup, embed tombol Check-out dari Mayar yang bisa dibuat dalam format Link/ Tautan Pembayaran, atau kode QR. Kirimkan link atau kode QR pembayaran ini lewat HP, dan terima pembayaran dari berbagai e-wallet, seperti Gopay, OVO, Dana, Shopee Pay, dan banyak lainnya.

Silakan coba GRATIS 30 hari, klik tautan ini untuk trial sekarang!