Merugikan Bisnis, Inilah 4 Kendala Pembayaran Invoice Pelanggan

Merugikan Bisnis, Inilah 4 Kendala Pembayaran Invoice Pelanggan

Dikutip dari laman Entrepreneur, hampir 82% bisnis gagal karena memiliki piutang yang tidak terbayar. Bahkan, dikatakan ada total $ 825 miliar piutang milik bisnis kecil atau UMKM di Amerika yang tidak dibayar.

Alhasil, pelaku UMKM harus menanggung biaya operasional dan beban tagihan ini dari kocek pribadi. Sehingga, membuat bisnis seret dan mengalami gulung tikar.

Apapun alasannya, proses pembayaran yang efisien dan nyaman, terbukti dapat meningkatkan omzet bisnis dan menghindari aset seperti piutang tidak dibayar klien atau supplier.

Sayangnya, masih saja ada bisnis di era modern saat ini yang memakai surat tagihan berbasis kertas. Meskipun terkesan mudah dibuat dan simpel, surat tagihan berbasis kertas prosesnya jauh lebih lambat dibandingkan penagihan otomatis berbasis aplikasi modern.

Mayar sebagai solusi penagihan otomatis menghadirkan kemudahan pembayaran dan pengelolaan keuangan bisnis Anda. Cukup mengirimkan Link Pembayaran via email, whatsapp, atau SMS.

Klien, supplier, atau pelanggan bisa mudah membayar dengan berbagai metode, seperti: transfer bank, e-wallet, kode QR, hingga Alfamart dan Indomaret. Sistem Mayar bisa membuat klien Anda lebih nyaman membayar dan mencegah pembayaran bisnis Anda tertunda.

Berikut adalah beberapa masalah yang sering dijumpai dalam hal pembayaran invoice atau faktur tagihan:

1. Pencatatan transaksi yang buruk.

Pastikan bisnis Anda memiliki sistem akuntansi yang modern, sistematis, dan rapi. Kenapa begitu? Sebab, kalau hanya mengandalkan pencatatan buku besar berbasis kertas, akan berisiko tercecer, sobek, hingga kesalahan input manual.

Mulailah dengan mencatat transaksi secara rapi, termasuk mencatat utang-piutang, data pelanggan, memakai aplikasi Mayar.

Agar efisien dan produktif, gunakan Mayar untuk membuat tagihan secara otomatis tanpa ribet. Data pelanggan atau klien tersimpan rapi, dan mudah dikelola setiap saat.

Penagihan otomatis bisa diatur secara periodik, seperti mingguan, bulanan, tahunan, atau custom berdasarkan kebutuhan. Catatan rapi dan otomatis, membuat bisnis Anda bisa memantau arus kas dan pengelolaan utang-piutang secara modern dan lancar.

2. Faktur tagihan tidak terorganisir.

Sekali lagi, perlu diingat jika surat tagihan berbasis kertas rentan rusak atau tercecer. Padahal, staf Anda sudah repot-repot mengetik, menge-print, mem-fotocopy, menyusun, dan lain-lain.

Belum lagi, apabila terjadi bencana seperti banjir atau kebakaran, arsip faktur tagihan berbasis kertas juga berisiko musnah.

Hal ini akan berbeda jika Anda menggunakan aplikasi Mayar. Riwayat faktur tagihan yang pernah dibuat tersimpan secara rapi berbasis Cloud. Anda bisa mengakses kapan saja dan mengirimkan Link Pembayaran secara otomatis sesuai kebutuhan.

3. Salah memilih aplikasi pembayaran.

Di luar sana, banyak aplikasi pembayaran modern untuk bisnis. Tetapi, jangan sampai Anda salah pilih. Sistem penagihan otomatis yang salah bisa menambah kendala baru. Antara lain:

-      Biaya mahal.

-      Desain antarmuka dan menunya terlalu rumit.

-      Dukungan teknis buruk.

-      Tidak bisa memproses pembayaran otomatis dari kartu kredit/ kartu debit.

-      Dll.

Aplikasi pembayaran modern yang salah, bisa membuat staf atau tim keuangan bingung dan cepat stres ketika bekerja.

4. Komunikasi yang buruk.

Masalah lain yang membuat faktur tagihan tidak dibayar atau tertunda bayar ada pada komunikasi antara perusahaan dan pelanggan.

Sebaiknya, buat perjanjian tertulis mengenai ketentuan membayar sesuai jatuh tempo.

Jika perusahaan Anda tidak memberitahukan secara rinci pembayaran, ini bisa menyebabkan masalah. Rincian pembayaran termasuk: jumlah nominal, jatuh tempo, dan detail informasi identitas singkat.

Sertakan pula, jangka waktu pembayaran yang jelas. Biasanya, antara 14 – 45 hari, maksimal 90 hari.

Pakai Mayar untuk Penagihan Otomatis, Modern, dan Praktis Agar Pembayaran Makin Cepat.

Mayar adalah solusi pembayaran modern yang dirancang dengan fitur smart invoicing secara otomatis.

Cukup mengirimkan Link Pembayaran, nantinya klien Anda bisa langsung membayar dengan metode transfer bank, e-wallet (ShopeePay, Gopay, Dana, LinkAja, dll), hingga Alfamart dan Indomaret.

Bahkan, untuk bisnis berlangganan, tersedia fitur penagihan otomatis secara periodik. Misalnya, pada tanggal 10 tiap bulan, atau custom sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Pembayaran tagihan ke pelanggan semakin mudah dan praktis. Kunjungi laman Studi Kasus Mayar.id hari ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana Mayar bisa membuat penagihan dan invoicing semudah beberapa klik saja.

Coba GRATIS Mayar 30 hari, melalui tautan ini! Begitu Anda membuktikan manfaat Mayar, Anda akan menjadi salah satu dari ribuan klien kami yang bangga dengan aplikasi Mayar Indonesia. Nantikan terus artikel-artikel menarik seputar bisnis lainnya hanya di Blog Mayar, ya!