7 No-code Apps untuk Otomasi Bisnis Anda

7 No-code Apps untuk Otomasi Bisnis Anda

Tak bisa dipungkiri, no-code adalah platform masa depan.

Beberapa dekade silam, banyak website atau aplikasi yang dikembangkan oleh programmer yang bekerja siang dan malam.

Namun, pada 2021, kini developer adalah orang yang membuat suatu aplikasi agar semua orang bisa mengembangkan website atau aplikasi tanpa kode apapun.

Selain itu, tanpa otomasi, banyak bisnis yang akan collapse. Sebab, semua orang ingin agar aktivitas bisnis berjalan cepat, lancar, dan tepat waktu.

Jadi, kita semua membutuhkan aplikasi tanpa kode yang bisa bekerja otomatis sesuai kebutuhan kita. Nah, kalau Anda butuh rekomendasi apa saja aplikasi no-code terbaik untuk otomasi bisnis? Yuk, cek daftar ini!

1. Automate.io.

Automate.io adalah aplikasi otomasi bisnis yang dipakai oleh perusahaan berbagai bidang teknologi. Termasuk, perusahaan seperti Intel, Uber, hingga Adobe.

Platfom ini bisa melakukan integrasi tanpa kode yang tersambung dengan lebih dari 200 aplikasi. Anda bisa membuat bot sederhana di antara beberapa aplikasi dan menyesuaikan kebutuhan kerja dalam pilot otomatis.

Bot di dalam Automate.io akan me-refresh secara berkala, kecuali diatur untuk dijeda secara manual. Antarmuka sederhana cukup drag-and-drop untuk memungkinkan siapa saja membuat aplikasi dengan mudah.

2. IFTTT.

Aplikasi tanpa kode yang cocok untuk otomasi bisnis selanjutnya adalah IFTTT. Alat ini memiliki rangkaian integrasi yang menarik dan mudah dipakai.

Menariknya, IFTTT dulunya gratis. Tetapi, sekarang dikenakan biaya $3,99 per bulan karena memiliki lebih dari 3 otomatisasi.

IFTTT sangat ideal untuk pasar rumah pintar karena aplikasi selulernya apik, lugas, dan disesuaikan dengan industri saat ini. Karena IFTTT ditujukan untuk perangkat seluler, Anda dapat mengintegrasikannya dengan Siri dan Asisten Google.

3. Integromat

Integromat adalah salah satu aplikasi tanpa kode yang terpercaya. Dipakai oleh perusahaan ternama seperti Adidas, Airbnb, Uber, dan Cisco.

Dilengkapi fitur-fitur hebat yang ditambahkan setiap hari, serta sudah mencakup 500 integrasi yang bukan hanya menyambungkan dengan Integromat tetapi juga aplikasi no-code lainnya.

4. n8n.io

Kalau ingin aplikasi no-code terbaik yang gratis, n8n bisa jadi pilihan ideal. Tersedia versi Cloud dan hosting yang bebas diunduh atau dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda.

Secara visual, antarmuka n8n dibangun di antara node yang memiliki penempatan elemen seperti grid. Jadi, Anda lebih mudah memakai fitur drag-and-drop.

5. Parabola.io

Parabola.io adalah aplikasi no-code untuk otomasi bisnis yang lebih fokus ke eCommerce dan marketing. Memiliki fitur impor tabel data agar lebih cepat menyelesaikan tugas input data Anda.

Seperti Integromat, aplikasi ini memiliki antarmuka berbasis teks yang sederhana. Sehingga, siapapun bisa langsung paham alur kerja yang dibuat.

Data yang diproses Parabola.io dapat dilihat dalam spreadsheet secara real-time  yang mudah dipahami dan dilihat setiap kalangan tanpa perlu keahlian IT tinggi.

6. Tray.io

Dalam hal fitur dan harga, Tray.io bisa jadi pertimbangan aplikasi no-code untuk otomasi bisnis. Tray.io bisa mengintegrasikan 4.500 aplikasi, dua kali lebih banyak ketimbang Zapier.

Pengguna Tray.io lebih cocok untuk korporasi atau perusahaan skala besar. Fitur yang diandalkan Connector Press, yang memungkinkan Anda menghubungkan aplikasi web apa pun ke Tray.io, meskipun aplikasi itu tidak tersedia di Tray.io.

Tray.io menawarkan fleksibilitas untuk pindah ke platform lain. Serta, antarmuka drag-and-drop yang mudah dipakai.

7. Zapier.com

Selanjutnya, kalau soal otomasi bisnis, mungkin sebagian besar orang sudah mengenal nama Zapier. Di kalangan pengguna aplikasi no-code, Zapier adalah primadona otomasi bisnis.

Banyak pengguna yang menggambarkan Zapier sebagai “The Swiss Army knife” atau pisau Swiss yang serbaguna dengan berbagai cara yang sederhana namun efektif.

Zapier mengintegrasikan aplikasi dan tools no-code sedemikian rupa. Sehingga, bisa melakukan tugas tertentu secara otomatis, tanpa Anda repot mengetik code atau sintax yang bikin sakit kepala.

Dengan lebih dari 2.000 aplikasi seperti Google Suite, Slack, Twitter, dan Gmail yang siap dirangkai untuk kepentingan terbaik bisnis Anda, Zapier menciptakan pengalaman membuat aplikasi yang lancar dan user-friendly.

Didukung fitur dan proses yang cepat, aplikasi no-code mampu mengotomasikan bisnis tanpa ribet, cepat, dan mudah dipelajari siapapun. Anda bisa lebih hemat waktu, uang, dan tenaga.


Bahkan, aktivitas dan tugas operasional perusahaan di era digital, bisa dilakukan secara cepat dan praktis, semudah beberapa klik saja. Tak terkecuali, dalam hal pembayaran dan penagihan bisnis.

Anda bisa mengandalkan aplikasi no-code seperti Mayar.id yang menyederhanakan tugas penagihan dan pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, dan modern.

Mulai aja dulu yuk, coba GRATIS Mayar selama 30 hari klik tautan ini.