Pahami Apa Itu Virtual Account dan Cara Transaksinya

Kalau kamu lebih suka mengatur keuangan secara online secara cepat dan efisien, tanpa harus mengantri panjang di bank, mungkin virtual account bank adalah pilihan yang pas buat kamu.

Sebenarnya, kamu enggak sendirian, lho! Dikutip dari laman Katadata, pada 2022 ada sekitar 60% pengguna aplikasi digital di Indonesia yang memakai virtual account ketika berbelanja online.

Semakin banyak orang yang merasa nyaman dengan transaksi online, masa depan perbankan virtual akan semakin naik daun.

Di artikel kali ini, kita akan bersama mengenal semua yang perlu kalian ketahui tentang virtual account bank, mulai dari artinya dan bagaimana cara kerjanya hingga semua manfaat yang bisa didapatkan. Jadi, mari kita mulai, yuk!

Apa itu virtual account bank?

Secara sederhana, kita dapat menggambarkan virtual account sebagai suatu metode pembayaran yang biasanya dipakai bertransaksi online.

Dengan virtual account, kita bisa membayar tagihan atau membeli barang secara online lebih cepat dan mudah.

Kalau dibandingkan transfer bank, di mana pembayaran dilakukan langsung antar rekening ke rekening atau melalui mesin ATM, internet banking, serta mobile banking, virtual account memberikan alternatif yang lebih praktis.

Seperti yang mungkin sering kita lihat, virtual account terdiri dari nomor ID pelanggan yang dibuat atau diterbitkan oleh bank. Ketika memakai metode transfer bank, kita harus memberikan info secara lengkap, contohnya nomor rekening, nama pemilik rekening, serta jumlah yang akan ditransfer.

Nah, dengan virtual account kita tak perlu memberikan rincian info tersebut. Virtual account mempermudah transaksi karena kita cukup menginput nomor ID pelanggan yang diterbitkan oleh bank saja, dan pembayaran sudah bisa diselesaikan

Tak cukup itu, virtual account memiliki keunggulan, yaitu bisa membayar tagihan secara otomatis. Ini artinya, kita bisa mengatur untuk pembayaran bulanan, seperti air PDAM, tagihan listrik, telepon, dll, tanpa harus membayar manual setiap bulan.

Bagaimana Cara Kerja Rekening Bank Virtual?

Ketika bertransaksi menggunakan virtual account, pelanggan akan diberikan nomor identifikasi khusus yang merupakan nomor rekening virtual mereka. Setiap transaksi akan diidentifikasi dengan Nomor Akun Virtual (Virtual Account Number) yang unik.

Ada dua jenis virtual account yang umum digunakan, yaitu fixed virtual account yang memiliki nomor identifikasi tetap dan non-fixed virtual account yang nomornya berubah setiap transaksi.

Metode ini sangat berguna terutama dalam bisnis, karena pelanggan hanya perlu memasukkan nomor Virtual Account saat pembayaran, tanpa perlu mengirimkan bukti pembayaran.

Proses transaksi juga otomatis tercatat dalam pembukuan perusahaan atau penjual, mempermudah pelacakan dan manajemen keuangan. Dalam dunia yang semakin digital, penggunaan virtual account menjadi solusi efisien untuk bertransaksi dengan cepat dan mudah.

Apakah Virtual Account Bank Aman?

Berkat sifat digitalnya, Virtual Account menggunakan platform yang sangat aman untuk memastikan semua data pelanggan terenkripsi dan terlindungi.

Selain itu, mereka menawarkan fitur otentikasi multi faktor dan login biometrik untuk keamanan saat mengakses aplikasi seluler dan rekening bank online.

Secara umum, Virtual Account dapat dianggap aman asalkan kita mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan oleh bank atau penyedia layanan keuangan, serta menjaga kerahasiaan informasi pribadi.

Apa Perbedaan Virtual account dengan transfer bank?

Mari kita bedah sedikit tentang rekening virtual dan transfer bank. Mungkin terdengar mirip, tapi sebenarnya ada perbedaan penting yang perlu dipahami.

Virtual account bisa digambarkan seperti alamat khusus untuk masing-masing orang, seperti tanda pengenal digital. Jadi, kalau ingin bayar sesuatu, nggak perlu repot menginformasikan dari mana asal dana yang terkirim.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan transfer bank, di mana kita harus menginformasikan secara rinci, termasuk jumlah uang, siapa pemilik rekening, berapa nomor rekeningnya, dll. Nah, disinilah letak perbedaan signifikan virtual account dan transfer bank.

Jika menggunakan virtual account, bayarnya menjadi lebih cepat dan mudah dilacak. Tak usah ribet mengirimkan bukti transfer. Virtual account diterbitkan oleh bank secara unik, jadi kita akan langsung tahu siapa yang bayar.

Ditambah lagi, cara bayarnya juga anti ribet, bisa melalui ATM, internet banking, aplikasi mobile banking, dan lainnya.

Mekanisme transaksi dengan Virtual account

Virtual account sebenarnya memiliki cara kerja mirip seperti rekening biasa, hanya saja tidak bisa menyimpan saldo. Bila ingin menyimpan saldo, virtual account harus dihubungkan ke rekening fisik utama.

Setelah menerima pembayaran, virtual account akan menyimpan saldo dan mencatat data si pengirim untuk diinformasikan ke rekening utama.

Cara kerjanya seperti ini: Ada rekening fisik utama yang menjadi tempat penyimpanan saldo, dan ada virtual account yang menjadi saluran transaksi menuju rekening utama.

Rekening fisik utama ini bisa mengumpulkan semua saldo dari rekening virtual yang terhubung dan menyelesaikan transaksi. Jadi intinya, virtual account ini berperan sebagai "alias" dari rekening fisik utama.

Cara kerja virtual account akan membantu mempermudah pelacakan dan pengaturan keuangan di rekening utama.

Apakah bisa transfer ke virtual account bank lain?

Tentu saja bisa! Kita dapat melakukan transfer ke virtual account yang berasal dari bank lain.

Cukup dengan menginput nomor virtual account saat melakukan transfer, dan dana akan masuk ke rekening bank dengan cepat tanpa masalah. Penting diingat ketika menginput nomor virtual account via ATM secara manual, pastikan nomornya valid dan sesuai. Hal ini akan memastikan transaksi berjalan lancar dan aman.

Apakah bisa bayar virtual account di ATM?

Bisa, lebih baik gunakan ATM yang sama dengan rekening Virtual Account yang akan dibayarkan. Contohnya, pakai ATM Bank BCA untuk mengirimkan ke VA BCA.

Hal ini mencegah keterlambatan transaksi yang mungkin terjadi jika menggunakan ATM dari bank lain serta harus berkomunikasi melalui jaringan antarbank.

Dengan menggunakan ATM yang sesuai, proses pembayaran Virtual Account lebih lancar dan cepat, menghindari kemungkinan hambatan yang dapat mengakibatkan penundaan penerimaan transaksi.

Baca juga: Solusi Pembayaran Aman Dengan Virtual Account

Apakah pembayaran virtual account ada biaya admin?

Ada. Pembayaran melalui virtual account umumnya terdapat biaya administrasi sesuai dengan kebijakan masing-masing bank yang menawarkan layanan tersebut.

Sebagai contoh, berikut adalah daftar biaya administrasi virtual account dari beberapa bank:

Jenis Virtual Account

Biaya (Rp)

BNI Virtual Account (BNI VA)

1.500

BRI Virtual Account (BRI VA)

1.500

Permata Virtual Account (Permata VA)

1.500

CIMB Virtual Account (CIMB VA)

1.500

Mandiri Virtual Account (Mandiri VA)

1.500

BCA Virtual Account (BCA VA)

2.800

Berikut adalah contoh biaya transaksi menggunakan virtual account BCA untuk beberapa perusahaan atau produk:

Nama Perusahaan/Produk

Biaya (Rp)

Go-Pay

1.000

LinkAja

1.000

PLN Mobile

1.750

i.saku

1.000

ShopeePay

1.000

IMKAS

1.000

Starbucks

1.000

VIRGO

1.000

TANTO

1.000

Sebelum melakukan pembayaran melalui virtual account, penting untuk memahami biaya admin yang dikenakan oleh bank yang bersangkutan.

Berapa Fee Channel dan Fee Admin di Mayar?

Berikut adalah besaran fee channel pembayaran sebagai biaya penanganan setiap transaksi per channel:

Metode Pembayaran            

Biaya Transaksi

Bank Transfer (VA)

Rp 4.500

Kartu Kredit

2.90% + Rp 2.000

E-Wallet

1.5%

E-Wallet Jenius

2%

QRIS (E-Wallet)

0.7%

Mini Market

Rp 5.000

PayLater (Akulaku)

1.7%

Mayar juga menetapkan biaya admin atau biaya transaksi yang besarannya 1% - 3%. Berikut tabelnya :

Jenis Produk

Starter

Business

Enterprise

Invoicing, PayMe, Simple POS & Pay Request

1%

1%

0%

Link Pembayaran

1%

1%

0%

Produk Fisik, Webinar, Event, Coaching, Bundling

2%

1%

0%

Subscription, Membership

2%

1%

0%

Digital Download, E-Book, Podcast, Audiobook

3%

2%

0%

Galang Dana, Kelas Online, Bootcamp

3%

2%

0%

Sesuai dengan namanya, tautan pembayaran atau link pembayaran dapat dihasilkan menggunakan generator tautan pembayaran seperti Mayar Link Payment.

Dengan alat ini, kita lebih mudah mengumpulkan pembayaran secara daring. Pelanggan hanya perlu mengklik tautan URL Mayar yang dibagikan untuk memulai transaksi secara instan.

Sediakan Pembayaran Virtual Account bagi Pelanggan Bisnis dengan Mayar!

Cukup sekali klik tautan Payme Mayar, bayar apapun bisa cepat dan praktis dengan berbagai metode. Entah itu, virtual account bank (transfer bank), gerai ritel (Alfamart, Indomaret), kartu kredit/debit, serta dompet digital dan e-Wallet.

Proses ini memungkinkan pelaku bisnis lebih mudah dan cepat mengumpulkan uang pembayaran pelanggan atau vendor/ supplier. Tunggu apalagi, segera daftar akun Mayar hari ini untuk mencoba fitur-fitur selengkapnya!

Jangan lewatkan kesempatan selalu update konten menarik kami melalui Instagram @mayar_id. Selain itu, jangan ragu untuk berlangganan/ subscribe Blog Mayar, di mana Anda bisa mendapatkan wawasan mendalam, panduan, serta berbagai tips berguna untuk memaksimalkan penggunaan layanan kami. Terima kasih atas minat dan dukungan Anda terhadap Mayar!