Paket Tahunan vs Bulanan untuk Bisnis SaaS, Manakah yang Terbaik?

Paket Tahunan vs Bulanan untuk Bisnis SaaS, Manakah yang Terbaik?

Paket tahunan dan bulanan adalah periode paket berlangganan yang paling umum dipakai dalam bisnis Saas (Software as a Service). Biasanya, pemilik bisnis SaaS membuat sebuah aplikasi berbasis web agar bisa dipakai oleh pelanggan melalui Internet. Untuk memakainya, cukup berlangganan saja dengan model bisnis berlangganan per bulan atau per tahun.

Tapi, sebenarnya manakah paket penawaran yang terbaik untuk bisnis SaaS, bulanan atau tahunan? Dan, apa saja keuntungan masing-masing paket? Mari simak beberapa opsi berikut untuk menentukan mana yang cocok untuk bisnis SaaS Anda.

Paket Berlangganan Tahunan untuk Layanan Berbasis SaaS

Paket berlangganan tahunan untuk layanan bisnis SaaS berarti klien hanya akan melakukan pembayaran satu kali saja dalam setahun di muka. Dibalik paket berlangganan tahunan, tersimpan berbagai keuntungan, di antaranya:

  • Pembayaran dilakukan hanya satu kali untuk 12 bulan. Maka, tidak perlu lagi mengirim surat tagihan atau pembaruan membership tiap bulan. Ini berarti bisa menghemat tenaga, biaya, dan waktu karyawan bisnis Anda.
  • Tingkat churn pelanggan (persentase pelanggan yang berhenti berlangganan) lebih rendah dibandingkan sistem tagihan bulanan. Sebab, pelanggan sudah membayar penuh untuk kurun waktu setahun.
  • Bisnis SaaS Anda tak perlu khawatir tentang pembayaran yang tertunda.
  • Pemasukan lebih lancar karena bisnis SaaS Anda sudah mendapatkan pelanggan tetap selama setahun.

Sedangkan, keuntungan bagi pelanggan adalah lebih hemat biaya transaksi. Karena, pembayaran hanya dilakukan satu kali, maka biaya transaksinya juga hanya dikenakan satu kali, bukan 12 kali.

Paket Berlangganan Bulanan untuk Layanan Berbasis SaaS

Dengan paket recurring payment bulanan, bisnis SaaS cukup menagih klien atau pengguna aplikasi web Anda setiap 30 hari. Pelanggan membayar lebih sering, ini artinya bisnis SaaS Anda juga akan mendapatkan  lebih banyak keuntungan dari biaya transaksi. Sesederhana itu.

Tetapi, apakah opsi ini bagus untuk diterapkan bagi bisnis Saas? Coba cek keuntungannya berikut, ya!

  • Pengguna atau klien yang memilih opsi berlangganan bulanan, akan merasa lebih tenang dan bebas khawatir untuk membatalkan layanan kapanpun diinginkan setelah satu bulan penggunaan.
  • Tarif berlangganan jauh lebih murah dibandingkan paket berlangganan tahunan. Karena, dihitung hanya 30 hari pemakaian.
  • Dapat memantau dan mengelola data pelanggan yang lebih valid. Sebab, pelanggan aktif akan melakukan pembayaran setiap bulan. Ini artinya, nomor HP atau email pelanggan bisa lebih akurat.
  • Dengan interaksi bulanan, perusahaan SaaS memiliki hubungan dan kontak yang lebih baik dengan pelanggan. Misalnya, Anda bisa meminta masukan atau feedback kinerja layanan secara real-time. Anda tidak perlu menunggu setahun untuk mengetahui apakah klien masih ingin terus memakai layanan aplikasi web Anda. Jadi, bisa jauh lebih mudah membuat strategi pemasaran yang tepat.

Jadi, Manakah Paket Berlangganan Terbaik untuk Bisnis SaaS Anda?

Tentu saja akan lebih bagus kalau Anda menawarkan kedua opsi paket berlangganan, baik tahunan dan bulanan kepada para pelanggan. Biarkan pelanggan yang memutuskan sendiri, opsi mana yang paling cocok dengan mereka.

Di Mayar, pemilik bisnis SaaS bisa dengan mudah mengelola pembayaran dan penagihan secara otomatis. Mayar memiliki berbagai fitur menarik dan modern yang terintegrasi. Seperti halaman checkout, invoice secara periodik yang terkirim otomatis, sistem pengingat tagihan, hingga kemudahan pembayaran dengan berbagai channel. Mulai dari kartu kredit/ kartu debit, kode QRIS, e-wallet, transfer bank, atau membayar melalui outlet Alfamart dan Indomaret. Dijamin, pembayaran bisnis SaaS bisa lebih gampang, cepat, dan praktis. Info lengkap untuk kelola pembayaran untuk Saas bisa cek di sini atau hubungi [email protected].

Image Credit: Unsplash