Panduan Membuat Produk Bundling Yang Menarik

Panduan  Membuat Produk Bundling Yang Menarik

Sobat Mayar, tau gak sih produk bundling itu apa?

Produk Bundling merupakan strategi pemasaran yang digunakan oleh industri buat tingkatkan penjualan serta memperluas pangsa pasar mereka dengan mencampurkan 2 ataupun lebih produk yang berbeda jadi satu paket.

Dan kemudian dijual dengan harga yang lebih murah daripada bila produk tersebut dibeli secara terpisah.

Tujuan dari bundling merupakan buat tingkatkan penjualan serta keuntungan, dan membagikan nilai tambah untuk pelanggan dengan sediakan paket yang lebih lengkap serta menarik.

Salah satu alasan kenapa produk bundling jadi strategi pemasaran yang efisien, sebab dia memberikan nilai tambah untuk konsumen.

Dalam banyak permasalahan, konsumen hendak merasa lebih aman membeli paket bundling sebab mereka tidak butuh membeli tiap produk secara terpisah, yang kerapkali lebih mahal.

Tidak hanya itu, paket bundling kerap kali menawarkan diskon bonus yang buatnya lebih menarik untuk konsumen membelinya.

Untuk melakukan Bundling pun bisa dicoba dengan berbagai metode, misalnya:

1. Bundling produk yang saling berkaitan

Dalam strategi ini, 2 ataupun lebih produk yang berkaitan, semacam laptop serta printer, dijual untuk satu paket.

Strategi ini menguntungkan untuk pelanggan sebab mereka bisa membeli produk yang diperlukan dalam satu paket dengan harga yang lebih murah dibanding bila membeli produk tersebut secara terpisah.

2. Bundling produk yang berbeda

Strategi bundling ini mengaitkan penjualan 2 ataupun lebih produk yang tidak berkaitan secara langsung.

Strategi ini memberikan nilai tambah untuk pelanggan sebab mereka bisa membeli 2 produk yang berbeda dengan harga yang lebih murah dibanding bila membeli produk tersebut secara terpisah.

3. Bundling produk yang lebih rendah dengan produk yang lebih tinggi

Dalam strategi ini, produk yang lebih rendah semacam produk generik, dijual bersama dengan produk yang lebih besar semacam merk populer.

Strategi ini membagikan nilai tambah untuk pelanggan sebab mereka bisa membeli produk yang lebih murah dengan mutu yang lumayan baik.

Terdapat juga Manfaat dari bundling produk ini, antara lain:

  1. Tingkatkan penjualan: Strategi bundling bisa tingkatkan penjualan produk sebab pelanggan cenderung lebih tertarik pada produk yang ditawarkan dalam paket.
  2. Tingkatkan keuntungan: Dengan menjual produk dalam paket, penjual bisa tingkatkan keuntungan sebab mereka bisa menawarkan harga yang lebih besar dibanding bila produk dijual secara terpisah.
  3. Membagikan nilai tambah untuk pelanggan: Bundling membagikan nilai tambah untuk pelanggan sebab mereka bisa membeli produk yang mereka butuhkan dalam satu paket dengan harga yang lebih murah.
  4. Tingkatkan loyalitas pelanggan: Pelanggan cenderung lebih loyal terhadap merk ataupun toko yang menawarkan bundling produk sebab mereka merasa memperoleh nilai tambah dari produk yang ditawarkan.

Produk bundling bisa menolong bisnis tingkatkan penjualan serta tingkatkan loyalitas pelanggan. Tetapi tidak seluruh produk bundling sama.

Di bawah ini merupakan panduan tentang metode membuat produk bundling yang menarik serta efisien:

1. Pilih Produk Yang Terkait

Memilih produk yang terkait buat di bundling. Produk yang saling terikat akan menarik atensi pelanggan yang sama serta bisa menolong tingkatkan penjualan buat kedua produk.

Selaku contoh, bundling produk laptop dengan pernak-pernik semacam tas serta mouse bisa jadi opsi yang pas sebab pelanggan yang membeli laptop pula hendak memerlukan pernak-pernik buat menunjang penggunaannya.

2. Tetapkan Harga Bundling Dengan Cermat

Tentukan harga bundling yang menarik buat pelanggan serta menguntungkan untuk bisnis Anda.

Diskon pada harga bundling wajib lumayan besar buat menarik atensi pelanggan, tetapi masih tahap yang wajar agar masih menciptakan keuntungan yang baik.

Jangan menetapkan harga bundling sangat besar sebab bisa membuat pelanggan enggan membelinya.

3. Berikan Variasi Pilihan

Bagikan opsi produk bundling yang berbeda buat menarik atensi pelanggan yang berbeda.

Contohnya, Anda bisa menawarkan paket bundling yang terdiri dari produk yang sangat terkenal serta paket bundling yang lebih lengkap dengan produk bonus yang lebih mahal.

4. Promosikan Produk Bundling

Promosikan produk bundling Anda secara efisien supaya pelanggan dapat mengetahuinya. Pakai media sosial serta email marketing buat memberitahu pelanggan tentang produk bundling serta keuntungannya.

Sertakan foto produk serta deskripsi yang jelas sehingga pelanggan bisa menguasai apa yang mereka miliki dari pembelian produk bundling.

5. Berikan Nilai Tambah

Bagikan nilai tambah pada produk bundling Anda. Misalnya, Anda bisa membagikan garansi ataupun pelayanan pelanggan yang lebih baik buat produk bundling daripada buat pembelian produk individual.

Hal seperti ini bisa membagikan motivasi untuk pelanggan buat membeli produk bundling serta tingkatkan loyalitas pelanggan.

6. Pertimbangkan Musim atau Event Khusus

Pertimbangkan musim ataupun event spesial buat membuat produk bundling yang menarik. Misalnya, dikala liburan Lebaran, Anda bisa membuat paket bundling spesial dengan produk-produk yang sesuai buat sepanjang liburan.

===

Untuk menjual produk bundling dengan mudah, Anda bisa menggunakan platform Mayar.

Di Mayar terdapat beberapa fitur yang dapat membantu Anda melakukan penjualan produk dan salah satunya adalah membuat produk bundling.

Untuk membuat produk Bundling di Mayar, pertama silahkan masuk terlebih dahulu pada platform Mayar.

Anda perlu membuat beberapa produknya terlebih dahulu. Jika Anda sudah membuat beberapa produk tersebut, Anda dapat menyatukan produk-produk tersebut untuk dimasukan pada produk Bundling.

Jika sudah membuat produk, kemudian selanjutnya Klik button "BUAT" yang ada disebelah kanan atas. Pilih Bundling, Lalu akan muncul Form Buat Bundling.

Anda dapat mengisi data produk bundling tersebut, mulai dari Nama Bundling, Memilih Produk Bundling, Harga, hingga Redirect URL (Jika diisi, Kami akan membawa pelanggan ke halaman ini setelah sukses membayar).

Jika Anda telah mengisinya secara lengkap, Klik button Buat Bundling yang terdapat dibagian bawah form modal.

Maka setelahnya, produk Bundling tersebut telah berhasil dibuat. Produk Bundling ini dapat muncul di Katalog Produk Anda.

Atau anda dapat membagikan link pembayaran dan halaman produk Bundling kepada khalayak.

Untuk memaksimalkan promosi produk Bundling yang telah dibuat, juga bisa dengan mengirimkan broadcast email kepada pelanggan dengan isi email yang menarik agar dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk Anda.

Note: Jika Anda ingin menutup produk Bundling tersebut, bisa dengan meng-Unpublished, caranya pada bagian tabel Edit dan Kustom yang berada pada Detail Produk, terdapat pilihannya.

Bagaimana Sobat Mayar, mudah sekali kan untuk menggunakan fitur Bundling di Mayar?

Tunggu apalagi, mulai pake Mayar. Dan mulai gunakan semua fitur dan layanan yang ada di Mayar sekarang.

Jangan lupa, follow-like-comment akun Instagram @mayar_id untuk update informasi menarik lainnya, ya!