Label Massal untuk Percepat Pengiriman Order Barang

Label Massal untuk Percepat Pengiriman Order Barang

Anda punya usaha rumahan? Atau, menjalankan UMKM? Kalau iya, berarti Anda mungkin sering mencetak label pengiriman untuk ditempelkan pada kemasan barang yang akan dikirim.

Perlu diketahui, label pengiriman adalah selembar kertas yang biasanya berisi berbagai informasi penting agar paket barang bisa sampai ke tujuan. Berupa informasi yang terdiri dari, misalnya:

- Nama dan alamat pengirim.

- Nama dan alamat penerima.

- Deskripsi atau isi paketnya.

- Barcode tracking.

- Bukti pembayaran ongkir,

- Dan masih banyak lagi.

Ketika Anda mengirimkan paket tersebut ke kurir atau kantor pos, maka label barang ini harus ditempelkan atau disertakan dalam pengiriman.

Maka itu, banyak pengusaha yang mencetak sendiri label barang karena berbagai alasan. Apa sih pengertiannya dan apa saja alasan yang dimaksud? Lihat ulasannya yuk!

Apa Itu Label Pengiriman?

Label pengiriman - Unsplash

Label pengiriman menampilkan informasi kunci bagi ekspedisi atau jasa kurir untuk mengangkut paket dari tujuan awal (gudang Anda) ke tujuan akhirnya (tangan pelanggan).

Informasi utama meliputi: kode pos, negara, nomor pelacakan, tanggal, jumlah paket serta berat, alamat, validasi, dan jalan kapal, kota dan negara bagian (area). Label pengiriman juga dapat menentukan isinya, terutama jika untuk pengiriman internasional.

Label juga mencakup informasi yang berkaitan dengan metode pengiriman, misalnya: Ekspres, Standar, dll. Nantinya, informasi ini sangat penting bagi kurir guna memastikan layanan yang telah dibayar disediakan.

Setiap label bersifat unik dan Anda tidak dapat menggunakan kembali label lama. Label baru harus dibuat hanya untuk satu order barang dan pengiriman.

Bagaimana Cara Kerja Label Pengiriman?

label pengiriman - Unsplash

Label pengiriman menampilkan informasi untuk mengarahkan paket ke alamat tujuan yang benar.

Di samping itu, dengan adanya label pengiriman, si penerima juga bisa melacak sudah sampai mana paket barang yang dia beli. Setiap jasa ekspedisi biasanya memakai template atau format tertentu untuk setiap label barang.

Namun, umumnya setiap label barang bisa dibaca oleh manusia dan mesin (scan barcode). Sehingga, saat mencetak label harus benar-benar jelas dan mudah dibaca.

Setiap jasa kurir atau ekspedisi mungkin mendesain dan mencetak label yang berbeda sesuai metode mereka sendiri. Akan tetapi, bisa dilihat, pada label barang akan sangat umum dijumpai beberapa hal, seperti angka dan huruf atau barcode.

Ini semua adalah kunci dari proses pelabelan barang. Setiap angka dan huruf menunjukkan informasi ke divisi atau departemen tertentu yang menjadi bagian dalam rantai distribusi.

Anatomi Label Pengiriman

label pengiriman - unsplash

Berikut ini beberapa hal yang umum dijumpai dalam label barang:

1: Nama dan alamat pengirim.

2: Nama dan alamat penerima.

3: MaxiCode – kode yang dapat dibaca ke segala arah oleh mesin.

4: Kode Rute – menginformasikan cara merutekan paket di dalam bagian penyortiran.

5: Kode pos/ barcode – kode pos tujuan.

6: Nomor Resi/ tracing – nomor yang diberikan kepada pelanggan untuk melacak paket mereka.

7: Jenis Layanan – metode yang dipilih yang disediakan oleh operator (mis. Ekspres, Standar, dll.)

Sebagian besar informasi dihasilkan secara otomatis oleh operator. Informasi utama yang harus ada dalam label pengiriman adalah:

- Nama dan alamat pengirim.

- Nama dan alamat penerima.

- Jenis layanan.

Penting untuk diperhatikan, ukuran standar label pengiriman ada beberapa. Di antaranya:

- 4 x 6 inci (10 x 15 cm).

- 6 x 3 inci (15 x 7cm).

- 4 x 4 inci (10 x 10cm).

Dimana Menempelkan Label Pengiriman Pada Paket?

label pengiriman - Unsplash

Label pengiriman biasanya ditempatkan di sisi terbesar dari paket, idealnya di bagian atas .

Label harus berukuran ideal sehingga pas sepenuhnya di sisi tempat label itu ditempatkan. Pastikan tidak terlipat, terselip, robek, atau terkoyak. Karena, bisa menyebabkan informasi penting mengenai barang jadi tidak terlihat atau tidak bisa di-scan.

Pastikan label ditempelkan atau diisolasi dengan erat. Tidak ada sudut yang menonjol, dan tidak ada bagian paket yang dapat merusak label dan membuatnya tidak terbaca.

Kebanyakan dalam pengiriman barang, orang akan menutupi label barang dengan selotip transparan atau isolasi transparan agar melekat kuat dan terlindungi dari percikan air/ minyak.

Anda juga bisa memakai tambahan plastik transparan agar paket yang dikirim lebih aman. Biasanya, cara ini paling sering dipakai untuk pengiriman internasional atau dokumen pabean.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan seluruh label bisa terlihat dan dapat dibaca dengan jelas. Baik manusia maupun pemindai barcode harus dapat membaca informasi label pengiriman barang dengan benar.

Keuntungan mencetak label paket sendiri.

label pengiriman - Unsplash

Mari kita cari tahu apa sih keuntungan label pengiriman yang bisa dicetak massal atau sekaligus? Sebenarnya, saat ini ada banyak mesin atau aplikasi online yang memungkinkan pencetakan label pengiriman tersebut dari mana saja berbasis teknologi Cloud atau internet.

Hanya saja, beberapa alat ini disediakan oleh pihak ketiga, sehingga butuh biaya ekstra yang harus dikeluarkan pebisnis. Karena itu, daripada membayar lebih, maka label bisa dicetak sendiri.

1. Lebih Hemat waktu.

Ketimbang harus antri atau berkendara jauh ke jasa percetakan, lebih baik cetak saja label pengiriman sendiri dari rumah atau secara online.

Nanti, label barang yang sudah dicetak bisa diambil dari tempat percetakan kalau sudah jadi. Cepat, simpel, dan mudah, kan!

Anda pasti akan sangat senang, terutama menghemat waktu dan praktis. Kalau jam-jam sibuk atau event tertentu,  akan lebih baik mencetak sendiri.

Seiring,  tingkat pengiriman yang semakin bertambah karena banyak orang yang mengirimkan hadiah atau kado untuk teman maupun keluarga di saat event hari Raya.

2. Efisiensi biaya.

Mencetak label sendiri juga berarti lebih hemat ongkos angkutan umum atau uang bahan bakar kendaraan. Banyak jasa cetak yang menawarkan diskon dengan metode delivery order!

Jadi, Anda bisa mencetak label pengiriman secara online, tanpa harus keluar rumah. Bahkan, bisa mengurangi beban kerja saat jam-jam sibuk.

Menariknya lagi, layanan jasa cetak tertentu, juga menawarkan label pengiriman barang yang lebih murah. Wah, Anda bisa makin untung!

3. Hanya butuh internet dan printer label.

Agar bisa mencetak label pengiriman, Anda bisa memakai smartphone atau komputer yang tersambung internet. Selain itu, untuk jenis kertasnya juga bisa memakai kertas HVS biasa. Bukan kertas stiker.

Sebagian pengusaha UMKM, mencetak label pengiriman di atas kertas biasa memakai printer biasa.

Kemudian, kalau sudah dicetak, label pengiriman bisa ditempelkan ke paket barang dengan isolasi atau lem biasa.

4. Cocok untuk usaha kecil dan e-Commerce berkembang.

Anda punya toko online atau e-Commerce yang sedang berkembang ? Sebagai pelaku UMKM atau entrepreneur, Anda layak menggunakan fitur cetak label massal untuk pengiriman barang yang lebih efisien waktu.

Bisnis jadi lebih terorganisir, tidak repot menulis manual, serta hemat tenaga dan waktu Anda yang berharga.

Lebih mudah mencetak label pengiriman barang sendiri dengan fitur label massal. Terutama, untuk pengiriman barang dalam jumlah besar, hingga ribuan orderan. Anda bisa mengirim lebih banyak paket dalam waktu bersamaan, ketimbang hanya mencetak satu per satu.

Banyak layakan pengiriman dan aplikasi menawarkan alat khusus untuk pemilik bisnis eCommerce atau toko online agar proses pengirimannya lebih mudah.

Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk pengemasan dan pengiriman order, maka semakin banyak waktu yang Anda miliki agar lebih fokus mengembangkan bisnis Anda.


Mayar.id

Gimana, udah siap memproses ratusan bahkan ribuan sekaligus dari toko online Anda? Kabar baik, karena Mayar juga punya fitur produk baru Label Masal dan Pickup Masal untuk mendukung bisnis Anda.

Anda bisa mencetak label dan request penjemputan produk secara masal langsung dari aplikasi Mayar. Bebas ribet, dan anti repot ketika ingin mengirimkan banyak order sekaligus.

Download label pengiriman masal dan request aja penjemputan barangnya. Dalam sehari, ratusan order bahkan ribuan order bisa diproses secara bersamaan.

Dapatkan juga update fitur menarik lainnya seperti:

- Aktif/Non-Aktifkan Kurir dan Paket Pengiriman.

- Checkout lebih cepat dengan fitur pencarian kecamatan/kelurahan.

- Resi dan Kode Order kini sudah dapat dilihat di portal pelanggan, memudahkan pelanggan anda dalam tracking paket pengiriman.

- Urutan gambar produk fisik berdasarkan urutan upload..

- Dll

Selamat berbisnis dengan seru dan praktis!

Source img: Photo by Bench Accounting on Unsplash