Penyebab Pengunjung Tidak Jadi Transaksi Saat Checkout
Tahukah anda kenapa pengunjung website dan toko online anda tidak jadi membeli produk?
Salah satu faktornya adalah pengalaman checkout yang kurang baik.
Menurut penelitian dari Baymard dan diamini oleh penelitian serupa oleh Bolt, ada beberapa faktor yang menyebabkan calon pembeli produk mengurungkan niatnya untuk membeli produk anda pada saat checkout. Berikut adalah pembahasannya dan bagaimana Mayar membantu anda memberikan pengalaman checkout yang lebih baik kepada pelanggan.
Extra cost too high (shipping, tax, fees)
Biaya ekstra yang tinggi (pengiriman, pajak, biaya admin) yang tidak ada diawal, tapi muncul saat checkout.
Solusi:
Mayar transparan kepada pembeli sejak awal berapa jumlah yang harus dibayarkan, tidak ada biaya tersembunyi
The site wanted me to create an account
Diperlukan membuat akun atau mendaftar saat checkout
Solusi:
Tidak perlu! Mayar tidak mewajibkan pelanggan untuk membuat akun, bahkan kolom yang diisi pun secara default hanya tiga (nama, email, no hp). Untuk melihat riwayat transaksi, Mayar menyediakan portal pelanggan yang dapat diakses memakai email pelanggan saja.
Too long/complicated checkout process
Proses checkout yang terlalu panjang
Solusi:
Checkout di Mayar cukup tiga langkah. Dan kami selalu berupaya untuk menghilangkan dan menyederhanakan langkah yang tidak perlu sehingga pengalaman checkout dan membayar semakin cepat dan mudah
I couldn't see /calculate total order cost up-front
Pelanggan tidak bisa melihat atau menghitung total harga diawal
Solusi:
Di Mayar, Total harga yang harus dibayar jelas diawal dan tidak ada biaya tersembunyi.
I didn't trust the site with my credit card information
Pelanggan tidak mempercayai situs untuk memproses kartu kredit/debitnya
Solusi:
Semua proses pembayaran di Mayar ditokenisasi, dikomunikasikan via SSL dengan enkripsi RSA. Dengan integrasi payment gateway terbesar dan terpercaya di Indonesia yang digunakan banyak brand dan perusahaan besar (Xendit, Midtrans, Doku). Selain itu Mayar juga menawarkan banyak pilihan channel pembayaran, tidak hanya kartu kredit/debit.
Website had error / crashed
Website error dan crash
Solusi:
Dengan mempercayakan proses checkout dan pembayaran kepada Mayar, anda meminimalisir kemungkinan munculnya error atau crash karena kami selalu memonitor dan memaintaince sistem secara berkala
There weren't enough payment method
Tidak cukup banyak pilihan metode pembayaran
Solusi:
Di Mayar, secara otomatis pelanggan anda bisa membayar dengan berbagai channel pembayaran dan akan terus bertambah seiring waktu. Kami selalu berusaha mengadopsi channel pembayaran baru secepatnya
The credit card was declined
Kartu kredit ditolak
Solusi:
Mayar menggunakan sistem pemrosesan kartu kredit hanya dari payment gateway yang terpercaya dan memiliki reputasi baik di Indonesia dan Internasional, yang meminimalisir penolakan kartu kredit pelanggan anda. Sebagai alternatif Mayar juga menawarkan banyak pilihan channel pembayaran lainnya, tidak hanya kartu kredit/debit.
Semoga informasi berikut dapat memberikan gambaran bagaimana Mayar Checkout dapat membantu anda untuk menawarkan pengalaman checkout yang lebih baik kepada pelanggan.
Sumber dan Catatan Kaki:
https://baymard.com/research/checkout-usability
https://www.bolt.com/resources/checkout-abandonment/