Prospektif! 5 Ide Bisnis Terbaik Saat Ini

Prospektif! 5 Ide Bisnis Terbaik Saat Ini

Berkat vaksinasi skala luas, pandemi global mungkin akan segara mereda. Bisnis kecil dan UMKM sudah bersiap untuk kembali ke operasional pra-pandemi “normal” seperti sebelumnya.

Akan tetapi, bagaimana jika selama pandemi ini Anda ingin meluncurkan bisnis sekarang?

Memang, mungkin menjadi dilema dan bukan waktu terbaik untuk memulai bisnis. Apalagi, pembatasan masih berlaku di mana-mana, perusahaan butuh penyesuaian dalam operasional, serta konsumen juga memiliki daya beli yang masih lemah.

Pertanyaannya sekarang, bisnis apa yang paling sesuai untuk diluncurkan? Bisnis manakah yang paling potensial? Yuk, simak beberapa ide bisnis berikut!

Cleaning service profesional.

Bisnis kebersihan sebenarnya bukanlah hal baru. Namun, di era pandemi, bisnis kebersihan bisa menawarkan layanan tambahan, karena kebanyakan orang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Layanan tambahan ini bisa untuk komersil maupun residensial sesuai protokol kesehatan. Misalnya, pembersihan peralatan furnitur atau ruang dan kamar ditambah disinfektan.

Selain rumah tangga, layanan kebersihan bisa menyediakan jasa kebersihan untuk kantor, ruang kerja, atau fasilitas umum lainnya yang membutuhkan higienitas secara profesional.

Layanan pembelajaran jarak jauh atau bimbingan belajar.

Sekolah dan universitas menawarkan metode belajar hybrid selama beberapa waktu. Namun, setelah New Normal, institusi pendidikan tinggi akan membutuhkan layanan yang bisa membantu mahasiswa memahami dunia pembelajaran yang baru.

Pertimbangkan untuk meluncurkan platform bimbingan belajar virtual yang bekerja sama dengan kurikulum atau tutor profesional. Dilengkapi tutor virtual dan mata pelajaran yang diajarkan melalui platform konferensi video.

Selain itu, Anda juga bisa meluncurkan layanan bimbingan belajar yang bertatap muka langsung, tetapi mematuhi protokol kesehatan. Misalnya dibatasi hanya 3 orang siswa dan 1 tutor.

E-commerce dan jasa titip.

Belanja online menjadi kebutuhan di masa pandemi. Sementara, e-commerce berjalan baik selama beberapa tahun, kedatangan virus corona mempercepat adopsi e-commerce. Bukan hanya untuk konsumen, tetapi juga untuk bisnis yang masih offline harus segera memulai digitalisasi.

Bukan berarti bersaing langsung dengan Amazon. Melainkan, temukan produk khusus dan mulai bisnis dengan berfokus pada jenis barang yang tidak tersedia di platform e-commerce tradisional.

Misalnya, sekarang sudah ada siomay online, rujak cingur online, atau bisnis lokal lainnya yang merambah ke dunia e-commerce agar bisa dijangkau konsumen lewat smartphone.

Layanan pengiriman hyperlocal.

Pengemudi truk adalah pahlawan pandemi tanpa tanda jasa. Meskipun, tidak semua sektor truk menjadi yang teratas selama pandemi. Akan ada kebutuhan untuk perusahaan logistik di sektor-sektor tertentu.

Gunakan pengiriman hyperlocal. Lakukan riset dan evaluasi untuk mengungkap industri lokal apa yang kebutuhannya sudah berubah dan tidak dilayani dengan baik di perusahaan truk lokal?

Tujuannya, tentu saja agar lebih efisien waktu dan biaya dibandingkan layanan mainstream lainnya. Dengan hanya fokus di area tertentu, Anda bisa memahami biaya operasional bisnis di sana. Serta, mempelajari tentang perilaku konsumen saat berbelanja agar bisnis bisa berjalan lebih baik.

Layanan kesehatan di rumah saja.

Sebagian besar industri perawatan kesehatan semakin kewalahan melayani pasien di era pandemi COVID-19. Hal ini membuat layanan bisnis kesehatan memutar otak agar bisa tetap survive dan membantu masyarakat.

Ketika ekonomi kembali pulih, akan ada lonjakan kebutuhan perusahaan yang mendukung pemberian layanan kesehatan dari rumah ke rumah. Sementara, telemedicine akan terus menguat, sebagai pebisnis baru, Anda harus bisa menemukan cara menjembatani kesenjangan antara online dan offline.

Misalnya, Anda bisa menyediakan platform untuk mengantarkan obat atau menyediakan petugas medis di rumah pasien. Pertama, layanan kurir medis untuk mengantarkan obat-obatan, spesimen laboratorium, atau peratalan dari apotek atau rumah sakit ke rumah pasien yang membutuhkan.

Perawatan kesehatan di rumah pasien adalah opsi lain. Dan semakin berkualitas layanan Anda, akan semakin banyak permintaan dari para pengguna bisnis Anda.


Biasanya, bisnis terbaik adalah bisnis yang mampu menangani kebutuhan pasar saat ini, dan belum ada pemain lainnya yang mampu mengatasi masalah tersebut. Baik, secara offline maupun online. Selesaikan masalah itu, dan bisnis Anda akan menjadi bisnis terbaik yang diminati masyarakat.

Saat membuat rencana bisnis tersebut, ada baiknya juga untuk mempertimbangkan opsi pendanaan Anda, serta manajemen arus kas dan pembayaran yang modern.

Di sini, aplikasi Mayar.id siap membantu Anda meluncurkan bisnis dengan metode pembayaran yang praktis, modern, dan sistematis. Silakan coba GRATIS 30 hari aplikasi Mayar, daftar tautan ini.

Atau, jika ada kendala atau pertanyaan lainnya, silakan email: [email protected].