Punya Bisnis e-Commerce? Yuk, Pakai Model Subscription

Punya Bisnis e-Commerce? Yuk, Pakai Model Subscription

Model subscription atau berlangganan kini menjadi trend di seluruh dunia. Tak terkecuali, bagi bisnis e-Commerce yang sedang naik daun. Contoh paling nyata seperti Amazon, Blue Apron, MeUndis, eBay, Stitch Fix, dan masih banyak lagi.

Meskipun mungkin di Indonesia belum begitu populer, bukan berarti tak ada peluang. Justru, sekarang saat yang tepat mengembangkan model subsctiption untuk e-Commerce Anda, selagi masih belum banyak kompetitor.

Apa itu model berlangganan/ Subscription e-Commerce?

Penjelasannya sederhana, Anda menyediakan barang atau jasa kepada klien yang ingin berlangganan secara rutin. Entah itu, pembelian barang kebutuhan bulanan (popok bayi, susu bayi, sabun cuci, dll), atau biaya bulanan untuk mendapatkan diskon khusus member.

Apapun jenis dan model subscription yang ditawarkan kepada pengguna e-Commerce Anda, sudah pasti kedua pihak akan sama-sama merasakan keuntungan dari model berlangganan ini.

Apa manfaat model berlangganan untuk bisnis eCommerce?

Ketika menawarkan barang FMCG (Fast-Moving Consumer Goods) atau barang kebutuhan sehari-hari yang cepat terjual, Anda harus memikirkan apa untungnya bagi pelanggan e-Commerce. Berikut adalah manfaat yang bisa diberikan kepada konsumen:

1. Kenyamanan dalam membeli.

Dengan subscription, konsumen bisa membeli produk atau jasa favorit tanpa repot memesan ulang setiap bulan atau minggu. Selain itu, tarifnya juga tetap, jadi konsumen bisa lebih mudah mengelola anggaran bulanan keluarga.

2. Meningkatkan pengalaman berbelanja.

Dari data demografis seperti usia konsumen, barang yang terlaris, rata-rata penghasilan konsumen, Anda lebih mudah menghadirkan pengalaman belanja yang berkesan.

Berikan layanan produk atau jasa yang sesuai preferensi pelanggan. Sehingga, konsumen lebih mudah menemukan apa yang mereka inginkan sesuai budget dan kebutuhan.

3. Menemukan strategi pemasaran efektif.

Sekali lagi, subscription dapat membantu menentukan strategi pemasaran selanjutnya. Dengan data analisis, Anda bisa menciptakan produk atau layanan baru yang lebih inovatif untuk ditawarkan ke konsumen.

Sebagai pebisnis eCommerce, Anda bisa menjual barang secara paket atau kategori tertentu. Kemudian, berikan harga yang lebih bersahabat. Ini jelas bisa menjadi strategi pemasaran efektif untuk memikat hati konsumen.

Bagaimana menerapkan model berlangganan/subscription bisnis ecommerce dengan Mayar?

Mayar adalah solusi bagi sistem penjualan eCommerce dengan model berlangganan/ subscription box secara modern, praktis, dan mudah. Pakai Mayar untuk melengkapi sistem pembayaran berlangganan agar Anda bisa fokus pada bisnis dan mengembangkan layanan eCommerce.

Dilengkapi fitur “Subscription Box” dari Mayar, bisnis eCommerce lebih mudah membuat smart invoicing dan penagihan otomatis. Semuanya berbasis teknologi Cloud modern, tanpa menyita waktu, tenaga, dan tanpa kode bahasa pemrograman apapun.

Mayar dilengkapi sistem manajemen subscription dan penagihan otomatis. Sehingga Anda mengintegrasikan pembayaran dengan berbagai channel pembayaran atau payment gateway. Seperti e-Wallet, transfer bank, kartu kredit/ kartu debit, atau Alfamart/ Indomaret.

Mayar juga secara otomatis akan melakukan maintenance dan update apabila terdapat perubahan API atau bila ada channel pembayaran terbaru.

Buat Paket Berlangganan, Tentukan Periode Penagihan, Harga dan Mulai Berjualan dengan Mayar

Bisnis eCommerce dapat mengandalkan Mayar untuk membuat paket berlangganan secara cepat dan praktis, tanpa kode pemrograman dan keahlian teknis IT khusus. Dengan integrasi API, proses pembuatan sistem paket berlangganan sangat cepat dalam hitungan menit.

Tersedia portal pelanggan sebagai Dashboard di mana pelanggan bisa melihat riwayat transaksi, faktur penagihan/ smart invoicing, reminder otomatis, dan fitur menarik lainnya. Anda tidak perlu lagi membangun sendiri portal khusus pelanggan.

Anda juga tak perlu repot membangun sistem pengingat/ reminder pembayaran karena Mayar telah melengkapi sistem dengan notifikasi otomatis untuk mengingatkan konsumen ketika jatuh tempo pembayaran

Cukup tempatkan tombol “Subscription” atau “Berlangganan” di website eCommerce Anda, agar konsumen bisa langsung memakai model berlangganan hanya cukup sekali klik atau sekali tap.

Mari, Kembangkan Bisnis Anda dengan Model Berlangganan eCommerce bersama Mayar

Jelas terbukti, di pasar persaingan eCommerce yang semakin kompetitif, model berlangganan/ subscription adalah pembeda yang akan membuat Anda selangkah lebih unggul dari kompetitor.

Tertarik memulai bisnis subscription untuk website eCommerce Anda? Mayar siap membantu Anda mengatur dan mengelola secara mudah dan instan. Coba pakai Mayar GRATIS 30 hari atau baca artikel Panduan Penggunaan Mayar ini untuk info selengkapnya. Jika Anda ingin bertanya langsung dengan tim customer care Mayar, silakan hubungi email: [email protected].