Raih Komisi Jutaan Per Transaksi Sebagai Affiliate Marketer, Mulai Yuk!

Raih Komisi Jutaan Per Transaksi Sebagai Affiliate Marketer, Mulai Yuk!

Apakah Anda pernah mendengar istilah affiliate marketer atau affiliate marketing?

Dari sisi pebisnis, affiliate marketer atau afiliator berarti orang yang menjual atau mempromosikan produk dan jasa tertentu agar mendapatkan komisi.

Sedangkan, affiliate marketing adalah program yang diadakan suatu bisnis untuk memberikan komisi antara 10% hingga 30% untuk penjualan yang berhasil laku.

Afiliator atau affiliate marketer dapat berupa orang yang bekerja sama dengan bisnis tersebut, atau seorang influencer terkenal. Misalnya, selebgram atau tokoh populer.

Sebagai contoh, suatu marketplace ABC membuat program affiliate marketing dengan komisi sebesar 30% per transaksi produk yang terjual. Hanya saja, para afiliator atau affiliate marketer yang mengikuti program tersebut harus seorang influencer terkenal. Katakanlah, wajib memiliki pengikut Instagram di atas 5.000 followers.

Nah, secara singkat, seperti itulah gambaran affiliate marketing dan perolehan komisinya. Kira-kira Anda semakin tertarik menjadi affiliate marketer? Sebelum mendaftar, simak dulu postingan kali ini sampai tuntas, ya!

Bagaimana Cara Kerja Program Afiliasi?

Anda mungkin telah memahami definisi affiliate marketing dan afiliator. Tapi, bagaimana cara kerja program pemasaran ini? Ikuti penjelasan dan langkahnya berikut:

Sebagai contoh, Anda menjual produk baju kaos/ T-shirt XYZ melalui media sosial atau website, maka cara kerja program affiliate marketingnya adalah berikut:

· Langkah 1: Anda membangun program afiliasi kaos XYZ.

· Langkah 2: Orang-orang bergabung dan menjadi afiliator.

· Langkah 3: Afiliator mendapatkan tautan afiliasi/kode kupon.

· Langkah 4: Afiliator atau influencer akan mempromosikan produk (atau layanan) Anda dan meminta audiens mereka untuk membeli melalui tautan afiliasi tersebut.

· Langkah 5: Pelanggan potensial mengklik tautan afiliasi mereka dan membeli dari Anda.

· Langkah 6: Platform afiliasi Anda seperti Mayar akan melacak klik & pembelian dan mengonfirmasi bahwa pelanggan tersebut valid dari program afiliasi.

· Langkah 7: Anda membayar komisi sesuai kesepakatan antara 10%-30% untuk setiap transaksi yang sukses.

Begitu cara kerjanya terus berulang dan seterusnya. Setiap afiliator akan membawa pelanggan baru untuk membeli produk T-shirt dan Anda sebagai pemilik bisnis membayar komisi mereka.

Mendapatkan Penghasilan Pasif Sebagai Affiliate Marketer

Pemasaran secara online memiliki banyak keuntungan dan terbukti ampuh menambah pendapatan bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah affiliate marketing.

Dengan menggunakan jasa influencer terkenal yang memiliki niche sama, Anda bisa merangkul calon pelanggan potensial untuk membeli produk yang ditawarkan.

Bahkan, seorang afiliator yang sukses bisa mendapatkan penghasilan pasif setiap bulan hingga jutaan rupiah. Ini artinya, meskipun afiliator sedang tidur atau tak bekerja, uang komisi dari program affiliate marketing akan tetap mengalir ke rekening bank afiliator.

Cara Memulai Program Affiliate Marketing

Sekarang, kita akan mempelajari bagaimana cara memulai program affiliate marketing dan bagaimana Mayar sebagai platform manajemen Affiliate bisa membantu Anda.

1.    Pilih Produk Terlaris

Langkah pertama memulai program afiliasi adalah memilih produk mana yang ingin dipromosikan.

Anda dapat memasukkan semua produk, tetapi sebaiknya fokus pada produk yang terlaris atau memiliki pesanan tinggi agar dapat meningkatkan pendapatan dan penghasilan afiliasi per klik.

Sebagai contoh, komisi 10% untuk produk seharga Rp 8 juta lebih menarik afiliator ketimbang komisi 10% untuk produk seharga Rp 500 ribuan.

Sampaikan kepada afiliator produk mana yang akan diiklankan atau ditawarkan dengan beberapa tips promosi, seperti:

· Mempromosikan pengiriman gratis untuk pesanan di atas Rp 50ribu.

Sembilan dari 10 pembeli mengatakan pengiriman gratis adalah insentif nomor satu untuk berbelanja lebih banyak secara online.

· Menawarkan diskon bagi pembeli pertama.

Berikan pelanggan baru diskon ekstra untuk pembelian pertama mereka. Anda kemudian dapat memasarkan ulang kepada mereka melalui email dan iklan Facebook.

· Beli lebih banyak, hemat lebih banyak diskon.

Tawarkan penjualan diskon berskala untuk meningkatkan nilai pesanan rata-rata. Misalnya, hemat 20% saat Anda membelanjakan Rp 50ribu, atau 25% saat Anda membelanjakan Rp100ribu.

Menawarkan produk yang tepat dengan influencer akan mendorong penjualan yang lebih banyak. Pada gilirannya, akan menambah penghasilan bisnis Anda. Selain itu, jika ada program afiliasi yang gagal, tak perlu khawatir! Anda bisa mengubah strategi jika program afiliasi kurang efektif.

2.    Tentukan Harga Dan Komisi Afiliator

Setelah memilih produk, sekarang saatnya memutuskan besaran komisi yang diberikan. Idealnya, komisi berupa uang akan menjadi insentif yang menarik.

Beberapa merek e-Commerce juga menawarkan produk gratis atau poin. Tetapi, sebaiknya uang jika memungkinkan.

Langkah selanjutnya adalah mengatur persentasi komisinya, sebagai berikut:

· Persentase komisi, atau persentase dari setiap penjualan afiliasi

· Komisi tarif tetap, atau jumlah nominal rupiah yang ditetapkan untuk setiap penjualan

Menurut ReferralRock, persentase komisi yang paling umum dalam program afiliasi, adalah rata-rata antara 5% dan 30%.

Sebagai perbandingan, tingkat pendapatan komisi Amazon biasanya berkisar antara 1% dan 20%, tergantung pada produk apa yang Anda promosikan.

Pilih tarif berdasarkan kategori Anda yang tercantum di atas untuk memulai. Anda selalu dapat menaikkan atau menurunkan harga jika tidak cocok untuk bisnis Anda. Atau buat penawaran berbeda menggunakan beberapa jenis komisi.

3.    Pilih aplikasi manajemen afiliasi, seperti Mayar.id

Mendapatkan program manajemen afiliasi untuk bisnis Anda sangat mudah. Sebab, sekarang di Indonesia sudah ada Mayar.id.

Dengan fitur Manajemen Afiliasi Mayar, perjalanan program afiliasi akan siap berjalan. Memastikan perhitungan dan pembayaran komisi secara otomatis.

Mengelola Afiliator dengan Fitur Manajemen Afiliasi dari Mayar

Mayar adalah platform afiliasi di Indonesia yang terpercaya. Digunakan oleh ribuan klien dari Sabang hingga Merauke menawarkan fitur pengelolaan dan perhitungan komisi afiliasi bagi para influencer atau afiliator. Sehingga, Anda bisa meluncurkan program pemasaran bisnis dalam hitungan menit.

Mayar.id memudahkan pebisnis untuk merekrut influencer, melacak perkembangan afiliasi, serta membayar komisi mereka. Semua pelanggan Mayar.id dapat bermitra dengan ribuan influencer untuk mempromosikan produk lewat program afilliate marketing.

Berikut beberapa fitur Manajemen Afiliasi Mayar:

1. Dapat menangani ribuan afiliator

Mayar menghadirkan fitur Manajemen Afiliate Marketer hingga ribuan anggota. Anda bisa lebih mudah memasarkan dan mempromosikan produk secara maksimal. Tak perlu pusing hitung-hitungan komisi dengan kalkulator manual. Sebab, Mayar menyediakan dashboard yang otomatis menghitung komisi per affiliator dan produk dengan praktis.

2. Aktivasi otomatis

Laman pendaftaran anggota afiliator dapat diaktifkan secara otomatis. Bagikan tautan melalui Whatsapp, email, atau DM media sosial agar afiliator dapat menerima dan melakukan pendaftaran secara cepat.

3. Mengatur komisi, produk, dan afiliator

Setelah sukses melakukan pendaftaran, afiliator atau affiliate marketer dapat dikelola cukup dalam satu dashboard Mayar. Termasu berapa komisi yang didapatkan, produk yang bisa dijual tiap afiliate marketer, dan sebagainya.

4. Transfer komisi otomatis

Bayangkan betapa banyak tugas administratif yang bisa selesai dengan cepat jika menggunakan aplikasi Mayar.id. Termasuk, mengirimkan uang komisi ke para influencer atau afiliator dapat dilakukan secara otomatis oleh Mayar.

5. Bergabung komunitas Affiliator

Mayar mendukung komunitas afiliator saling bertukar pikiran dan berdiskusi untuk meningkatkan penjualan. Bergabung dengan ribuan afiliator lainnya di Mayar untuk memperluas jaringan dan relasi bisnis Anda.

Permudah Memantau Program Afiliasi Lewat Dashboard Mayar.id

Setelah Anda memulai program afiliasi, Anda harus memantau perkembangannya secara kontinyu. Hal ini akan lebih mudah jika menggunakan platform atau aplikasi afiliasi seperti Mayar.id.

Memantau afiliator yang paling sukses menghasilkan penjualan terbesar, atau afiliator yang kurang sukses, cukup melihat dalam satu dashboard. Menganalisis seberapa baik program afiliasi, seperti jumlah pendapatan, tingkat konversi, unique selling, dan rata-rata pesanan.

Terbukti kan, memulai keberhasilan program afiliasi lebih mudah dan modern bersama aplikasi Mayar! Untuk mempelajari fitur-fitur selengkapnya, Anda dapat membaca laman fitur Manajemen Afiliasi Mayar.

Setiap anggota program afiliasi atau tiap afiliator perlu memiliki akun Mayar. Sebab, dana komisi akan ditransfer masuk ke akun Mayar secara otomatis.

Nikmati kecanggihan dan kemudahan berbisnis bareng platform finansial dan e-Commerce Mayar yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dengan fitur Manajemen Afiliasi. Ayo, daftar Mayar hari ini GRATIS selama 30 hari, tanpa ribet.