Recurring Payment, Pengertian dan Bagaimana Cara Sukses Penerapannya

Recurring Payment, Pengertian dan Bagaimana Cara Sukses Penerapannya

Andakah yang menjadi pelaku usaha, sekaligus menjual produk atau jasa sendiri secara periodik? Apabila benar adanya, maka artinya pelanggan Anda akan membayar sejumlah biaya dalam kurun waktu atau tempo yang telah ditentukan sebelumnya dan mempergunakan nominal yang sama.

Sederhananya, konsumen harus membayar tarif tertentu agar dapat berlangganan produk Anda. Contoh paling mudah ditemui saat ini adalah berlangganan Wifi antar RT, langganan TV kabel, catering rumahan, langganan mingguan produk susu kedelai, dan masih banyak lagi model bisnis berlangganan secara periodik lainnya.

Dalam bisnis model berlangganan, konsumen perlu membayar sejumlah tarif sesuai kesepakatan pada tempo yang sudah ditentukan. Agar pelanggan dan Anda sebagai pebisnis bisa bertransaksi secara nyaman, aman, dan praktis, memilih metode recurring payment adalah pilihan ideal.

Lalu, apa itu metode recurring payment?

Recurring merupakan sebuah teknis dari sistem pembayaran tagihan yang dipergunakan para pelaku usaha pada pelanggannya dengan model bisnis berlangganan atau periodik. Hal ini biasanya ditujukkan untuk sebuah transaksi yang secara berkala diberlakukannya. Bisa dikatakan, recurring payment adalah sistem penagihan yang dilakukan oleh pelaku usaha kepada pelanggan yang mana, transaksinya secara berkala pada jumlah pembayaran yang relatif sama.

Sifat dari metode pembayaran yang satu ini adalah mempergunakan sistem membership atau registrasi. Jadi, sebelum berhasil dijalankan maka pelanggan harus mendaftar dahulu. Kemudian, recurring payment bisa diset berdasarkan tanggal atau sistem penagihan yang disepakati. Sebagai contoh, bisa diatur sesuai jadwal jatuh tempo seperti tahunan, bulanan, minggu, atau custom sesuai kebutuhan.

Perlu Anda ketahui, dengan adanya sistem recurring payment, tidak perlu lagi input data secara manual berulang kali ketika tiba saatnya penagihan. Hal ini dapat meminimalisir kesalahan dan lebih efisien waktu serta tenaga. Sistem penagihan bisa dilakukan secara otomatis, hanya cukup sekali klik. Invoice dapat terkirim melalui email atau share linknya ke chat/ pesan Whatsapp pelanggan yang lebih cepat dan praktis.

Tak hanya itu, di dalam dashboard, pelaku usaha bisa melihat pencatatan laporan siapa saja pelanggan yang sudah membayar beserta data identitas nomor HP maupun email. Nantinya, data pelanggan ini akan menjadi aset berharga bisnis untuk dijadikan laporan atau analisis strategi pemasaran berikutnya.

Lantas, sebenarnya apa saja produk yang dapat dibayarkan dengan mempergunakan metode recurring payment?

Pada dasarnya, baik barang atau jasa nantinya akan mempergunakan metode yang satu ini, asalkan dalam pembayarannya dilakukan secara berkala dan nominalnya sama. Banyak sekali contoh model recurring payment yang diterapkan bisnis-bisnis di era milenial.

Contoh Bisnis Model Recurring Payment (Bisnis Model Berlangganan)

  • Tempat fitness.
  • Bimbingan belajar.
  • Tempat kursus bahasa asing.
  • Penitipan hewan peliharaan.
  • Jasa cleaning service.
  • Tempat yoga.
  • Persewaan kost.
  • Langganan Wi-Fi antar RT.
  • dll.

Ada juga beberapa jasa perangkat lunak Software as a Service (SaaS) yang mempergunakan sistem langganan sebagai metode pembayaran. Sistem recurring payment diterapkan dalam jangka waktu mingguan, harian, bulanan, tahunan, maupun custom sesuai preferensi para penggunanya. Contoh yang banyak dijumpai, seperti software anti virus, software editing foto/ video, dan masih banyak lagi. Dengan metode recurring payment, tagihan akan dikirimkan secara otomatis kepada para pelanggan menyesuaikan dengan jadwal yang ditentukan. Jadi, lebih efisien waktu, biaya, dan tenaga tanpa perlu input manual.

Anda juga tidak perlu lagi membuat invoice dari Word/ Excel yang masih konvensional dengan data yang sama isinya. Recurring payment selangkah lebih unggul dengan otomasi sistem penagihan. Tak perlu lagi repot membuat surat tagihan (invoice) yang dicetak untuk ribuan pelanggan. Karena sangat menyita waktu dan mahal biaya persediaan kertas. Selain itu, pelanggan juga tidak khawatir lupa atau takut terkena denda karena terlambat membayar tagihan. Semuanya berjalan otomatis dan praktis, dengan recurring payment.

Nah, bagi Anda yang ingin segera meningkatkan bisnis Anda dengan model recurring payment, Mayar adalah rekomendasi terbaiknya. Mayar merupakan platform yang mempermudah Anda dalam hal pengelolaan dan penjualan produk, event, jasa, langganan atau subscription dan produk digital download lainnya. Sangat cocok diterapkan pada bisnis di era digital yang serba mudah dan cepat. Ayo, beralih pakai Mayar hari ini! Info lebih lengkap hubungi info@mayar.id.

Image Credit: Unsplash