Strategi Ampuh Promosikan Webinar Untuk Pemula

Strategi Ampuh Promosikan Webinar Untuk Pemula

Webinar atau web-seminar merupakan kegiatan online yang dapat diakses siapapun. Bagi anda selaku pebisnis, webinar dapat menjadi rujukan strategi ampuh untuk menggaet calon konsumen. Webinar mempermudah anda meraih hati calon konsumen, namun dengan banyaknya peserta maka anda memerlukan cara khusus untuk membuat suasana lebih intens.

Mempromosikan Webinar

Mulailah mempromosikan webinar anda jika semuanya sudah siap. Beri jeda waktu antara masa promosi dan hari H. Disarankan untuk mulai promosi tiga minggu sebelum hari H. Hal ini dilakukan untuk memastikan jumlah peserta yang mengikuti webinar.

Langkah promosi yang mudah dilakukan salah satunya menggunakan iklan berbayar, sebut saja facebook ads, Google AdWords, dan promoted pins. Anda dapat menyesuaikan demografi, minat, dan intensitas pengunjung setiap platform untuk memperoleh hasil yang paling relevan. Strategi ini manjur digunakan bila Anda tidak mempunyai banyak followers.

Tidak ada salahnya mempromosikan webinar anda di social media dan membagikannya pada warganet. Mirip dengan iklan berbayar, social media memposisikan webinar anda di depan calon peserta dengan minat yang baru dan meningkatkan peluang calon peserta yang mendaftar.

Cara lain untuk mempromosikan webinar anda yaitu menyematkan link ajakan di bawah entri blog, pastikan topik bahasannya sama. Pengunjung blog yang memiliki minat yang sama pada topik tersebut, kemungkinan tertarik mempelajarinya lebih lanjut. Disinilah anda berperan untuk mengundang mereka ke webinar anda.

Menyiapkan Webinar

Sebelum mempromosikan webinar, anda perlu menyusun topik yang menarik, merencanakan jalannya acara, membuat desain slide, dan membuat landing page untuk mempermudah calon peserta melakukan pembayaran webinar.

Gunakanlah google analytics untuk menemukan isu mana yang banyak dibicarakan, lalu kembangkan lebih dalam. Selain menggunakan google analytics, anda juga dapat menjelajah media sosial seperti twitter, facebook, dan linkedin untuk melihat topik yang dibicarakan seputar perusahaan anda.

Setelah anda mendapatkan sebuah topik, uraikan garis-garis besarnya untuk mempermudah anda mendesain slide. Bagi topik anda menjadi beberapa poin utama dan buatlah transisi yang mulus untuk memasarkan produk anda. Gunakan penawaran spesial atau waktu khusus sebagai transisi tambahan.

Ketika anda selesai menyusun poin-poin utama, kini waktunya anda membuat slide power point yang menarik. Carilah desain template power point di internet dan kembangkanlah sesuai garis besar tadi. Ingat gunakan satu poin untuk satu slide sehingga peserta webinar mudah menangkap poin utama anda.

Persiapkan landing page webinar untuk mengarahkan para calon peserta webinar. Anda dapat menggunakan template page HTML sebagai alternatif tercepat untuk mengaktifkan landing page webinar. Selain itu anda harus memilih webinar platform untuk menginfokan acara webinar anda kepada calon peserta melalui live chat.

Bagaimana Mayar Membantu Anda Mengelola dan Mempromosikan Webinar?

Aplikasi Mayar menawarkan tidak hanya tiga, namun tujuh keuntungan untuk anda menarik calon peserta. Anda dapat mengundang calon peserta melalui chat maupun social media dengan membagikan landing page melalui chat atau meletakkan link pembayaran di profil sosmed anda.

Di Mayar peserta dapat membayar dari berbagai channel pembayaran. Platform Mayar selalu mengadopsi channel pembayaran baru dengan cepat. Keunggulan lainnya Mayar akan membuatkan sertifikat webinar untuk semua peserta. Anda hanya perlu memilih desain template yang tersedia.

Data dan histori peserta tersusun rapi di dashboard Mayar. Data ini dapat digunakan untuk komunikasi berkelanjutan anda dengan peserta. Semua data dapat diexport dalam format excel maupun csv, dan tidak ada lock-in data. Info selengkapnya klik Panduan Penggunaan atau jangan ragu untuk menghubungi [email protected]

Image Credit: Unsplash