Strategi Bisnis Menjelang Liburan Hari Idul Fitri, Persiapkan yuk!

Strategi Bisnis Menjelang Liburan Hari Idul Fitri, Persiapkan yuk!

Hari Idul Fitri di Indonesia terkesan lebih bermakna dan spesial dibandingkan negara lain. Pasalnya, sekitar 86% penduduknya beragama Islam sehingga perayaan Idul Fitri berlangsung sangat meriah.

Momen seperti ini bisa menjadi peluang bisnis prospektif karena semakin banyak orang berbelanja persiapan Ramadhan dan Lebaran. Entah itu, membeli makanan, kue lebaran, pakaian baru, perabotan rumah, dll.

Yang jelas ketika menjelang Idul Fitri, bisnis akan terkena dampak peningkatan penjualan signifikan. Itulah sebabnya, bulan Ramadhan mendekati hari Idul Fitri disebut sebagai momen konsumtif, di mana konsumen semakin aktif berbelanja keperluan rumah tangga.

Bersama keluarga tercinta, sebagian besar umat Muslim merayakan Idul Fitri dengan saling memberikan hadiah. Hal ini juga menjadi waktu utama bagi toko dan bisnis apapun untuk memikat pelanggan, mendorong perilaku konsumen agar terus berbelanja.. lagi.. dan lagi.

Ramadhan dan Lebaran Adalah Bulan Konsumtif Bagi Bisnis

Idul Fitri adalah salah satu periode pemasaran paling penting sepanjang tahun untuk berbagai bisnis di Indonesia. Dengan mayoritas penduduk beragama Islam, selama Ramadhan mendekati hari Idul Fitri, para pengusaha dan UKM bersiap memaksimalkan pemasaran lewat media sosial dan kanal digital lainnya.

Di bawah ini, kita akan melihat beberapa strategi untuk membantu pelaku UKM dan pebisnis memanfaatkan karakteristik unik bulan suci guna mendongkrak penjualan.

Jika Anda pemilik bisnis atau pelaku UKM, wajib simak terus artikelnya sampai akhir, ya!

1. Optimalkan waktu untuk melejitkan profit Anda

Selama 30 hari Ramadhan adalah waktu emas bagi bisnis apapun menjaring konsumen. Mulailah promosi lebih awal dan manfaatkan jendela peluang yang terbatas ini.

Penting diingat bahwa perilaku konsumen akan segera berubah drastis memasuki bulan Ramadhan. Dari semula makan pagi, siang, dan malam, saat Ramadhan kebanyakan konsumen akan lebih cenderung membeli makanan menjelang waktu berbuka puasa atau sahur.

Katakanlah, Anda seorang pengusaha warung ayam geprek, Anda dapat memberikan promo spesial atau diskon harga menjelang waktu berbuka puasa dan sahur. Hal ini akan membantu peningkatan penjualan bisnis Anda.

2. Kenali tren yang berlaku

Strategi hebat lainnya bagi brand untuk merayakan Ramadhan dan Lebaran adalah menjangkau audiens potensial dengan membagikan produk & jasa lewat platform media sosial, terutama Facebook dan Instagram.

Melalui postingan feed dan Instastories Anda dapat mengajak audiens terlibat, misalnya ikut giveaway/ kontes, berkomentar, menjawab pesan, dll.

Coba tempatkan diri Anda pada posisi konsumen yang sedang merayakan Idul Fitri, mereka mungkin ingin berbelanja di menit-menit terakhir dan memberikan hadiah bagi orang-orang tercinta.

Kira-kira apa ya, yang ingin mereka beli? Untuk siapa mereka membeli, teman, anak, orangtua, atau mitra bisnis? Tetap up to date pada tren lokal dan regional. Contohnya, generasi digital akan senang diberi hadiah gadget, aksesoris, bahan craft, stiker, dll. Anda bisa mempromosikan produk yang sedang tren tersebut untuk mengarahkan konsumen agar membeli.

3. Memberikan nilai tambah

Sementara Ramadhan adalah periode belanja, di mana banyak orang membeli kue Lebaran atau makanan buka puasa, Idul Fitri adalah kesempatan berbelanja pakaian dan produk fashion.

Sebagian besar masyarakat membeli baju, kosmetik, sepatu, perhiasan, sampai dekorasi rumah, dan masih banyak lagi. Hari-hari mendekati Idul Fitri banyak calon konsumen yang sudah mempersiapkan dana khusus berbelanja baju baru, setidaknya untuk anak-anak mereka.

Jadi, pelaku UKM atau pebisnis fashion harus memberikan nilai tambah, seperti penawaran, promo, dan diskon tambahan untuk memikat pelanggan.

Anda juga dapat memberi apresiasi berupa hadiah atau kartu ucapan atas loyalitas mereka. Memberikan hadiah souvenir dapat membantu meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) Anda.

4. Malam terakhir Ramadhan

Momen lain yang perlu diperhatikan adalah saat malam terakhir Ramadhan. Kebanyakan orang akan lebih aktif di media sosial dan situs belanja.

Ketika calon konsumen ini menelusuri dunia maya, promosikan produk bisnis Anda. Atur jadwal untuk memposting unggahan penawaran promo spesial, diskon harga, ide atau hadiah souvenir lainnya.

5. Unggah konten yang relevan

Manfaatkan konteks liburan Ramadhan/ Idul Fitri untuk lebih dekat dengan pelanggan. Ucapan Idul Fitri yang tulus dan harapan baik adalah cara yang bagus untuk menciptakan hubungan yang lebih akrab.

Mayar menyediakan fitur Email Broadcast untuk mempermudah Anda membagikan ucapan Selamat Idul Fitri/ Lebaran secara massal dalam sekali klik. Anda bisa mengubah desain template yang tersedia sesuai preferensi dan kebutuhan. Selanjutnya, Anda juga bisa membagikan ucapan selamat Idul Fitri di akun media sosial bisnis Anda.

Kenapa sih Bisnis Perlu Membagikan Ucapan Lebaran?

Hampir setiap perayaan hari agama tertentu banyak ucapan dari berbagai kalangan wara-wiri di media. Entah itu, media online, spanduk, baliho, koran, dll.

Pelaku usaha tidak ingin melewatkan momen spesial seperti Lebaran untuk sekadar mempererat hubungan bisnis yang terjalin.

Selain menjadi bentuk kepedulian, ucapan selamat Lebaran dapat menambah keuntungan bagi bisnis. Apa saja keuntungan yang dimaksud? Apa pentingnya membagikan ucapan Lebaran kepada pelanggan? Di bawah ini adalah pembahasannya, simak ya!

1. Media promosi bisnis

Seringkali kartu ucapan Lebaran yang dibuat digital dapat menampilkan logo merek, katalog produk yang direkomendasikan, kode voucher, nomor kontak bisnis, dll.

Oleh karena itu, kartu ucapan dapat dikatakan sebagai media promosi usaha yang memperkenalkan beberapa jenis produk & jasa bisnis Anda.

2. Menghormati pelanggan

Siapapun dan apapun agama pelanggan, pelayanan bisnis harus selalu memberikan penghargaan sebaik-baiknya. Di saat pelanggan Muslim merayakan Idul Fitri, tak ada salahnya bisnis Anda turut memberikan ucapan selamat untuk mempererat jalinan hubungan usaha.

Hal  ini akan memberikan citra positif bagi perusahaan atau bisnis Anda yang begitu menghormati dan respek terhadap pelanggan.

3. Citra positif dan kreatif

Semakin kreatif hasil desain kartu Idul Fitri digital Anda, semakin istimewa citra merek di mata pelanggan.

Selain berupa tambahan foto JPG, Anda dapat menambahkan GIF agar kartu Idul Fitri berbentuk animasi foto yang bergerak. Ide-ide mengenai desain kartu ucapan dapat Anda temukan di situs berbagi video atau berbagi ide, seperti Pinterest, Youtube, dll.

Contoh Ide Pesan Ucapan Idul Fitri untuk Mitra Bisnis

Idul Fitri merupakan kesempatan bahagia bagi umat Islam untuk bergembira dan berkumpul bersama keluarga besar.

Pada hari yang suci tersebut, para pelaku bisnis juga dapat menambah semarak Idul Fitri dengan ucapan selamat kepada para pelanggannya.

Berikut adalah contoh pesan dan harapan Idul Fitri yang cocok untuk dibagikan dengan mitra bisnis menggunakan template dalam fitur Broadcast Email Mayar:

Di hari yang suci ini, harapan kami semoga Alloh selalu memberkahi setiap langkah Bapak/ Ibu sekeluarga.

Kami mengucapkan terima kasih telah menjadi pelanggan Toko Barokah dan senantiasa berbelanja di toko kami. Sebagai apresiasi, berikut kode voucher 10% untuk pesanan selanjutnya: BQGHAZ.

Selamat Merayakan Hari Kemenangan Idul Fitri 1 Syawal ___ Hijriyah & mudah-mudahan amal ibadah & puasa Ramadhan diterima Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Sampaikan salam hangat kami bagi keluarga Anda tercinta.

Cara Buat dan Kirim Kartu Lebaran Digital ke Pelanggan dengan Fitur Mayar Broadcast

Selanjutnya, Anda dapat mengirimkan pesan berupa terima kasih atau ucapan Idul Fitri melalui fitur Broadcast Email di Mayar, berikut panduannya:

1.    Login ke website Mayar

2.    Setelah muncul laman Beranda utama Dashboard, lihat di sebelah kiri dan pilih opsi “Broadcast” yang berada di menu Marketing.

3.    Klik tombol “BUAT” berwarna biru di sudut kanan atas laman Beranda.

4.    Akan muncul sejumlah opsi menu dropdown, pilih “Broadcast/ Blast”

5.    Isilah formulir yang muncul dengan benar sesuai petunjuk yang diminta, seperti nama broadcast, judul email, dan template email.

6.    Anda dapat memilih berbagai jenis template instan yang siap pakai, nantinya Anda dapat mengedit sendiri sesuai kebutuhan bisnis.

7.    Jika sudah memilih template, klik tombol “BUAT BROADCAST”.

8.    Anda dapat mengedit desain dan layout template tersebut sesuai preferensi.

9.    Jika kartu ucapan Lebaran Anda sudah jadi, Anda dapat mengirimkan secara massal ke semua pelanggan dalam sekali klik.

10. Klik opsi Broadcast di sisi kiri laman Beranda, dan pilih template yang sudah dibuat tadi untuk melihat detailnya.

11. Kemudian akan muncul layar untuk mengatur tujuan pengiriman broadcast lewat email, seperti ini:

12. Proses selesai.

Bagaimana, mudah bukan membuat kartu digital ucapan Lebaran dengan fitur Broadcast Mayar? Buktikan sendiri yuk, daftar akun Mayar Paket Starter Rp0 GRATIS dan temukan fitur-fitur bermanfaat lainnya untuk bisnis Anda.

Selalu ikuti terus update artikel-artikel menarik lainnya dengan Subscribe Blog Mayaratau kepoin akun Instagram @mayar_id.