Strategi Membuat Media Digital dengan Bisnis Model Berlangganan yang Efektif

Strategi Membuat Media Digital dengan Bisnis Model Berlangganan yang Efektif

Seiring dengan ads blockers yang semakin meningkat, banyak penerbit media digital kini lebih memilih bisnis model berlangganan atau subscription. Kenapa begitu? Sebab, model bisnis subscription bisa lebih meningkatkan pendapatan secara kontinyu tiap bulan. Melalui sistem langganan atau pendaftaran membership, pengguna media digital akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain bisa lebih update berita-berita terkini, dan informasi trending yang tengah happening, sistem berlangganan juga sering memberikan promo diskon atau voucher yang lebih efisien biaya.

Perusahaan penerbitan media digital menawarkan model berlangganan premium untuk semua akses berita-berita terupdate dan akurat. Sehingga, lebih banyak orang yang bersedia membayar. Berita yang valid dan terhangat sangat penting, terutama bagi mereka para pemegang keputusan atau investor.

Menjaga Loyalitas Konsumen Media Digital dengan Subscription (Model Berlangganan)

Bagi bisnis media digital yang sudah menerapkan model bisnis subscription, tantangan akan bergeser dari semula mencari pelanggan, menjadi mempertahankan pelanggan. Dengan model bisnis berlangganan, perusahaan media digital memiliki lebih banyak analisis informasi dan data pelanggan yang bisa dimanfaatkan. Nantinya, data dan analisis tersebut bisa dijadikan bahan untuk menerapkan strategi marketing yang lebih efektif lagi serta memikat konsumen dengan penawaran konten yang lebih sesuai.

Penting dicatat, bahwa kebanyakan konsumen media digital kurang menyukai iklan di layar saat membaca berita online. Maka itu, kustomisasi atau penyesuaian di aplikasi harus dibuat lebih nyaman bagi audiens. Jika hal ini berhasil, maka akan lebih mudah mempertahankan loyalitas pelanggan dalam jangka panjang.

Strategi Bisnis Model Berlangganan Bagi Media & Berita Digital

Namun sayangnya, tak sedikit pula beberapa penerbit media digital yang merasa sulit membangun bisnis model berlangganan. Oleh karena itu, yuk simak langkah-langkah untuk mengembangkan strategi model berlangganan media yang efektif di bawah ini!

  1. Memahami tantangan model langganan media.

Penting untuk mengetahui masalah yang akan Anda hadapi ketika memulai postingan digital berbasis subscribe. Media harus mampu menyuguhkan konten berkualitas, konsisten, akurat, dan selalu uptodate. Model berlangganan media harus menyajikan konten yang trending dan bisa dipercaya. Jika Anda hanya menyajikan konten yang sudah sering pengguna lihat, maka orang tentunya juga tidak mau atau enggan membayar.

2. Fokus pada membangun komunitas.

Jika Anda ingin membuat pengguna setia dengan langganan premium, maka usahakan agar fokus membangun komunitas dari pengguna terlebih dahulu. Untuk membangunnya, Anda perlu memulai dan mengakhiri dengan konten yang berkualitas tinggi. Jika pengguna senang membaca artikel Anda, maka model berlangganan kemungkinan besar akan lebih mudah berhasil.

Tak hanya melulu soal konten yang berkualitas, Anda juga perlu seringkali memberikan nilai tambahan kepada pengguna Anda agar langganan tetap berjalan. Anda perlu menemukan apa yang membuat para pengguna tertarik dan akan menyukai model bisnis ini.

Contohnya Anda bisa memberikan diskon, voucher, event dan layanan khusus member, serta keuntungan atau hak istimewa lainnya, jika pengguna menggunakan langganan premium. Ini akan memiliki berbagai keuntungan dan kekuatan untuk mempertahankan interaksi penerbit dengan pengguna.

3. Pilih metode pembayaran cashless yang sesuai.

Pertimbangkan pula metode pembayaran digital yang paling sesuai dan memudahkan pelanggan. Dalam hal ini, Anda perlu memahami target pasar dan perilaku pelanggan di pasar media digital. Karena, setiap tipe bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Yang terpenting adalah memiliki aplikasi pembayaran digital yang terjamin keamanannya dan mudah digunakan para pelanggan di seluruh pelosok tanah air.

Macam-macam Model Berlangganan di Media Digital

Saat ini berita yang update dan akurat, merupakan aset berharga bagi media digital. Setidaknya ada lebih dari 100 juta pengguna internet aktif di Indonesia. Dan tentunya, mereka setiap hari membaca berbagai konten di media digital. Bukan hanya konten yang menuai sensasi, tetapi beberapa orang benar-benar membutuhkan berita dan informasi yang valid dan berdasarkan fakta.

Karena itu, sejumlah media digital kemudian menawarkan beberapa macam model berlangganan untuk konsumen. Antara lain:

1. Hard Paywall

Ini adalah model berlangganan yang paling sederhana. Pihak penyedia konten atau media digital membatasi akses audiens untuk membaca berita, kecuali mereka membayar atau berlangganan.

Sebagian besar penerbit yang menggunakan model ini, umumnya hanya menampilkan beberapa artikel atau teaser konten ke publik. Jika pengguna ingin melihat seluruh konten, mereka harus berlangganan dan membayar.

2. Premium Membership

Dengan metode keanggotaan premium, penyedia konten atau media digital mengizinkan beberapa konten untuk dilihat secara gratis. Kemudian, media digital akan menambahkan lebih banyak konten berharga (premium) yang dilindungi dengan paywall langganan.

Untuk pelanggan premium, nantinya konsumen akan mendapatkan manfaat tambahan, seperti mendapatkan undangan ke acara-acara eksklusif dan pengalaman membaca bebas iklan. Menarik, bukan?

3. Metered Paywall

Selanjutnya, ada metode paywall yang memungkinkan media digital dalam menjangkau audiens dengan konten-konten gratis. Akan tetapi, di sini media digital juga memperoleh pendapatan dari penayangan iklan, sekaligus terus berusaha menarik dan mengembangkan animo publik.

Mayar sebagai salah satu platform  penyedia solusi pembayaran digital di Indonesia, menghadirkan berbagai fitur menarik. Di antaranya: penagihan otomatis, penjualan konten atau berita, dan aneka produk digital lainnya. Platform Mayar dapat membantu Anda dalam menerima pembayaran pembayaran sekali transaksi, maupun pembayaran berlangganan. Jika Anda menggunakan Mayar sebagai platform pembayaran bisnis model berlangganan, Anda bisa terima pembayaran pakai Ovo, Dana, Gopay, ShopeePay dan Linkaja dengan Mayar.

Cukup 5 menit mendaftar, pembayaran QRIS dapat dilakukan langsung dari HP! Berjualan produk digital dengan aplikasi Mayar juga makin gampang. Tersedia beragam fitur yang fungsional, seperti auto-download, tokenisasi download, hingga portal pelanggan.

  • Auto-download setelah transaksi.
  • Link download unik per-pelanggan.
  • Portal pelanggan untuk download ulang.
  • Kapasitas penyimpanan besar.
  • Tombol order di web/blog anda.

Gimana, tertarik menggunakan aplikasi Mayar untuk berjualan produk digital? Silakan daftar di mayar.id

Imace Credit: Unsplash