Terima Pembayaran Lebih Mudah Dengan Mayar Simple POS

Terima Pembayaran Lebih Mudah Dengan Mayar Simple POS

Mayar Simple POS atau Simple Point Of Sale merupakan salah satu fitur yang terdapat di platform Mayar, fitur ini berguna untuk menerima pembayaran dari pelanggan dengan mudah menggunakan QRIS.

Apa itu QRIS?

QRIS ataupun Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar pembayaran non-tunai nasional yang diresmikan oleh Bank Indonesia, yang ialah suatu teknologi pembayaran digital yang mulai diperkenalkan di Indonesia semenjak tahun 2019.  

QRIS membuat pembayaran non-tunai menjadi lebih gampang serta cepat, sehingga terus menjadi terkenal di golongan masyarakat serta pembisnis di Indonesia.

Penggunaan QRIS dalam metode pembayaran ini sudah menjadi terkenal di Indonesia sepanjang sebagian tahun terakhir.

Cara pembayaran QRIS ini mengizinkan pengguna buat melaksanakan pembayaran memakai kode QR yang bisa dibaca oleh fitur seluler, semacam smartphone ataupun tablet.

Pemakaian QRIS sangat memudahkan pengguna, hanya butuh membuka aplikasi dompet digital semacam GoPay, OVO, Dana, serta yang lainnya, setelah itu pengguna dapat memindai kode QRIS yang ada pada merchant ataupun tempat pembayaran.

Sehabis itu, pengguna hanya cukup memasukkan jumlah nominal yang hendak dibayar, lalu proses transaksi juga akan berakhir dengan cepat serta memberikan kenyamanan dalam bertransaksi.

QRIS memiliki dua jenis, yaitu QRIS Statis dan Dinamis.

Apa perbedaan keduanya?

1. QRIS Statis

QRIS Statis merupakan tipe QRIS yang mempunyai kode QR yang tidak bisa diganti atau tetap.

QRIS Statis ini penggunaannya sangatlah mudah, merchant hanya tinggal melakukan pemasangan atau memajang satu stiker maupun print-out QRIS.

Setelah itu pelanggan bisa melakukan scan pada QRIS yang tersedia tersebut, kemudian pelanggan dapat memasukkan jumlah nominal yang harus dibayar nya, lalu masukkan PIN serta klik Bayar.

Dan notifikasi transaksi langsung diterima pengguna maupun merchant.

QRIS Statis sangat sesuai untuk usaha mikro serta usaha kecil.​

2. QRIS Dinamis

QRIS Dinamis merupakan tipe QRIS yang mempunyai kode QR yang bisa diubah-ubah.

QRIS Dinamis umumnya digunakan oleh orang yang memiliki bisnis besar dan mempunyai bermacam produk ataupun jasa yang dijual.

Pemakaian QRIS Dinamis ini pula sangatlah mudah juga, karena QR dikeluarkan lewat suatu device semacam mesin EDC ataupun smartphone.

Merchant wajib memasukkan nominal pembayaran terlebih dulu untuk memunculkan QR, setelah itu pelanggan bisa scan QRIS yang tampak ataupun tercetak.

Perbandingan utama antara QRIS Statis serta Dinamis merupakan pada fleksibilitasnya.

QRIS Dinamis lebih fleksibel sebab bisa digunakan buat bermacam transaksi pembayaran yang berbeda, Anda bisa memasukkan berapa jumlah yang hendak ditagihkan ke pembeli, kemudian QR Code akan terbuat oleh sistem.

Sedangkan QRIS Statis merupakan QR Code yang dapat digunakan seluruh pembeli Anda.

Metode penggunaannya ialah sehabis pembeli men-scan qr code tersebut, pembeli akan diarahkan untuk memasukkan jumlah nominal yang hendak dibayarkan.

Oleh sebab itu, untuk QRIS Dinamis lebih sesuai digunakan oleh pemilik bisnis besar yang mempunyai bermacam produk ataupun jasa yang dijual.

===

Salah satu keuntungan dari memakai QRIS merupakan kemudahan dalam melaksanakan transaksi.

Buat melaksanakan pembayaran memakai QRIS, konsumen cuma butuh memusatkan kamera smartphone mereka ke kode QR yang timbul di layar, ataupun memindai kode QR yang tercetak pada faktur ataupun poster pembayaran.

Tidak hanya itu, QRIS pula mempermudah para pelaku usaha buat menerima pembayaran non-tunai, sebab mereka cuma butuh sediakan kode QRIS pada toko mereka.

Kemudahan pemakaian QRIS pun dapat menolong bisnis buat tingkatkan efisiensi operasi mereka.

Dengan QRIS, bisnis yang dijalankan dapat menghindari permasalahan semacam kesalahan penghitungan uang tunai, keterlambatan dalam pemrosesan pembayaran, serta kerumitan dalam mencatat transaksi.

QRIS pula membolehkan bisnis buat menerima pembayaran dari pelanggan yang memakai bermacam berbagai aplikasi pembayaran digital, sehingga bisnis bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

Keamanan pula jadi aspek yang berarti dalam memakai QRIS. QRIS memakai enkripsi informasi yang kokoh buat melindungi data transaksi dari penipuan serta kebocoran informasi.

Tidak hanya itu, QRIS pula membolehkan konsumen buat memverifikasi pembayaran mereka saat sebelum melaksanakan transaksi.

Sehingga mereka bisa membenarkan atau memastikan kalau transaksi yang dicoba benar-benar cocok dengan jumlah yang wajib dibayarkan.

QRIS memberikan keuntungan untuk bisnis kecil serta menengah, sebab bisa mengirit bayaran yang lebih dahulu dikeluarkan buat mencetak faktur ataupun struk pembayaran.

Anda bisa dengan gampang menerima pembayaran non-tunai tanpa wajib mempunyai fitur pembayaran spesial semacam mesin EDC.

Secara totalitas, QRIS membagikan banyak keuntungan untuk pelaku bisnis serta konsumen di Indonesia.

Dengan kemudahan penggunaannya, keamanannya, serta bayaran transaksi yang lebih rendah, QRIS sudah jadi opsi yang terus menjadi terkenal dalam sistem pembayaran digital di Indonesia.

===

Maka dari itu, Mayar pun menyediakan berbagai macam metode pembayaran yang dapat digunakan, dan salah satunya metode pembayaran melalui QRIS.

Salah satu fitur yang bisa digunakan juga dengan Mayar Simple POS atau Simple Point of Sale, Anda sebagai Merchant hanya perlu memasukkan jumlah nominal yang harus dibayarkan oleh pelanggan, kemudian munculkan QRIS.

Untuk cara penggunaannya, pertama Anda bisa masuk terlebih dahulu ke platform Mayar.

Jika Anda sudah masuk kedalam dashboard Mayar, disebelah kanan terdapat link Mayar Simple POS.

Anda dapat membuka link Simple POS yang tersedia di browser, kemudian akan muncul deretan tombol untuk Anda memasukkan jumlah nominal yang harus dibayarkan oleh pelanggan Anda.

Jika nominal yang harus dibayarkan telah sesuai, Anda dapat klik button Bayar, untuk memunculkan QR Code.

QR Code tersebut dapat di scan oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran.

Nantinya, uang yang dibayarkan melalui QRIS tersebut akan masuk kedalam saldo Mayar Anda, dan dapat dicairkan setelah saldo tersebut berstatus Settled.

Di Mayar pun tersedia untuk mendownload tampilan QRIS Statis Anda, caranya Anda bisa masuk ke dalam menu My Qris yang ada di sidebar sebelah kiri.

Kemudian terdapat button untuk download QR dan button untuk download QR + Template.

Bagaimana sobat Mayar, mudah bukan untuk menerima pembayaran di Mayar. Selain QRIS, terdapat juga metode pembayaran lainnya yang dapat digunakan dan disesuaikan.

Mayar dapat membantu Anda dalam mengelola transaksi pembayaran online, khususnya untuk terima transaksi donasi, webinar, event, produk digital, jualan produk fisik secara online atau membuat link pembayaran online lainnya.

Tunggu apalagi, yuk mulai pake Mayar sekarang. Segera daftar akun di Mayar untuk bisa menggunakan semua fitur Mayar dan layanan lainnya.

Jangan lupa, follow-like-comment akun Instagram @mayar_id untuk update informasi menarik lainnya, ya!