5+ Tips Dan Trik Dalam Membuat Webinar

5+ Tips Dan Trik Dalam Membuat Webinar

Dalam bidang marketing, sebenarnya tidak ada rahasia khusus dan pasti agar bisa berhasil. Sebab, setiap produk atau jasa memiliki keunikannya masing-masing.

Akan tetapi, kalau Anda mau belajar cara membuat event online webinar, Anda akan merasakan keuntungannya karena webinar sudah terbukti bisa “menghasilkan uang” secara online.

Banyak yang beranggapan, webinar memiliki strategi sama seperti pedagang lainnya. Buatlah produk, pasarkan ke audiens yang tertarik, jual, dan Anda mendapatkan untung.

Masalahnya, banyak orang terjebak pada tahap pemasaran. Ada sejuta teknik pemasaran online yang bisa dipertimbangkan. Masing-masing memiliki pro dan kontra sendiri.

Putuskan mana yang paling baik untuk tujuan bisnis agar tidak bingung. Pada intinya, membuat event online seperti webinar tidak sesulit kedengarannya, lho! Simak panduannya di artikel berikut.

Cara Kerja Webinar Menghasilkan Uang Secara Online

Anda merasa senang berwirausaha online? Kalau begitu, Anda perlu mendengar kisah inspiratif, Mariah Coz, pendiri bisnis Femtrepreneur.

Mariah Coz membuat kursus online dengan memanfaatkan platform seperti Teachable. Pada 2015, Mariah menyelenggarakan webinar pertamanya.

Dia mempersiapkan materi dalam 24 jam, mempromosikan kepada audiens target, dan mencari tahu platform yang tepat.

Selama webinar berlangsung dalam 1 jam, ia sudah mengantongi $4.000 atau setara Rp 62 juta.

Sejak saat itu, dia menyelenggarakan ratusan webinar dan mengembangkan daftar emailnya hingga puluhan ribu orang.

Sebelum membahas cara membuat event online webinar, mari kita mempelajari tentang apa yang dimaksud dengan webinar.

Pengertian Webinar Adalah

Webinar adalah pelatihan online gratis yang dapat ditonton orang secara langsung, seperti acara radio, atau ditonton nanti sebagai rekaman.

Untuk menghadiri webinar, calon peserta akan mendaftar dengan alamat email dan mendapatkan akses ke tautan pribadi.

Webinar biasanya diselenggarakan oleh kreator di niche atau topik tertentu, dengan spesialisasi bidang yang ditekuni.

Apa saja yang dicakup selama kursus online?

Materi yang dibahas bisa apa saja! Mulai dari demonstrasi hingga wawancara informal yang mencakup topik tertentu.

Webinar juga menyertakan promosi, biasanya selama paruh kedua waktu yang ditentukan. Sebagian besar webinar menyertakan beberapa menit untuk Tanya Jawab agar lebih interaktif  dengan audiens.

Mengapa Webinar Sangat Digemari?

Sebelum kita membahas cara membuat webinar, kita akan menegaskan kembali mengapa webinar atau event online adalah alat yang ampuh untuk menghasilkan uang secara online.

Berikut adalah beberapa alasannya:

Webinar membantu mengembangkan daftar email

Setiap kali Anda menyelenggarakan webinar, siapa pun yang mendaftar untuk acara tersebut juga menambahkan emailnya ke daftar pelanggan Anda.

Daftar email akan memberi Anda akses langsung ke audiens dan pelanggan target. Semakin besar daftar email Anda, berarti semakin banyak orang yang tertarik dengan webinar.

Webinar lebih cepat menghasilkan uang

Menurut Mariah, tingkat konversi standar pada sebuah email, mulai dari membuka email hingga membeli, adalah sekitar 2% hingga 3%. Dan menurut ConversionXL, tingkat konversi di postingan media sosial lebih rendah dari 1%.

Webinar Mariah secara konsisten mengonversi pada tingkat 30% hingga %!

Artinya, meskipun Anda memiliki audiens yang kecil—dan kebanyakan dari kita yang baru memulai—Anda masih dapat menghasilkan uang dengan webinar.

Webinar membantu membangun hubungan industri

Webinar adalah cara fantastis mengembangkan bisnis. Saat Anda bekerja sama dengan seseorang untuk mengadakan webinar, Anda berdua memanfaatkan jaringan satu sama lain dan menghasilkan uang dari acara tersebut.

Misalnya, Anda bisa berkolaborasi dengan tenaga ahli dalam topik yang saling melengkapi agar webinar semakin kredibel dan menarik.

Contoh, jika webinar Anda mempromosikan produk sabun bayi, Anda bisa berkolaborasi dengan dokter atau ahli kesehatan untuk membahas tentang parenting agar kulit bayi sehat. Di dalamnya, dapat disisipi promosi produk sabun bayi.

Cara Mudah Membuat Event Online Webinar yang Menghasilkan Jutaan

Sama seperti kreator konten video lainnya, Anda perlu sejumlah peralatan yang memadai. Berikut cara mudah membuat event online webinar yang memikat audiens.

1. Siapkan semua bahan Anda terlebih dahulu

Jika Anda akan mengadakan webinar, sebaiknya persiapkan semua materi terlebih dahulu untuk memastikan pengalaman terbaik bagi audiens.

Contohnya, agar peserta webinar lebih mudah memahami materi, Anda bisa membuat semacam infografis, atau membuat sesi tanya-jawab.

Salah satu manfaat utama mempersiapkan semua materi sebelum webinar adalah agar bisa menghemat waktu selama acara berlangsung.

Persiapan juga memastikan Anda tidak melupakan poin penting. Sebelum webinar berikutnya, usahakan untuk mempersiapkan semua materi sekaligus sehingga Anda tidak perlu repot menghabiskan waktu tambahan selama perencanaan acara.

Hal ini termasuk mempersiapkan landing page, website, dan platform webinar yang tepat.

2. Siapkan mikrofon dan kamera

Pertama mari fokus ke peralatan. Di era digital, cara terbaik menyampaikan pesan adalah melalui event online webinar.

Webinar menawarkan cara paling hemat biaya dan efisien untuk mendapatkan pelanggan baru dan memberikan visibilitas dan eksposur karyawan di bidangnya.

Saat memulai pembuatan webinar, peralatan yang tepat layak dipikirkan matang. Sebab, dapat mempengaruhi kualitas konten webinar. Sebaiknya, beli kamera dan mikrofon yang bagus agar presentasi webinar jelas dan mudah didengar.

3. Suasana kondusif dan tenang

Terkadang, gangguan suara bising seperti orang berbicara, suara lalu lalang kendaraan, suara telepon berdering, sangat mempengaruhi kualitas konten video webinar.

Bahkan, bisa menyebabkan pembicara gagal fokus atau kurang konsentrasi ketika menjelaskan topik webinar.

Untuk itu, pastikan suasana benar-benar mendukung. Bila perlu, sediakan sebuah studio khusus agar Anda bisa terpisah dari ruangan keluarga lainnya. Yang dibutuhkan adalah keheningan, agar hasil kualitas konten webinar jauh lebih bagus.

4. Pastikan koneksi internet stabil

Sekarang, faktanya internet memang sangat menjadi kebutuhan masyarakat modern. Apalah artinya, sebuah perangkat seluler atau desktop tanpa internet? Meskipun, dapat dipakai untuk tugas lain, namun kita butuh koneksi internet agar bisa terhubung dengan audiens dan calon pelanggan Anda.

Untuk membuat webinar sebagaimana mestinya, Anda memerlukan akses ke internet yang stabil dan kencang. Jangan sampai, ketika mempresentasikan video webinar, tiba-tiba internet macet atau bahkan terputus.

Peserta webinar yang mengikuti kelas online, tentunya akan merasa kesal dan tidak nyaman, bila koneksi terkendala atau bahkan terputus. Jadi, pastikan koneksi internet stabil untuk memberikan kepercayaan dan pengalaman webinar yang mengesankan.

5. Memastikan landing page berfungsi

Untuk mendukung webinar dan memudahkan para peserta mendaftar, buatlah website atau landing page. Pastikan di dalam landing page, terdapat tombol registrasi atau tombol check-out yang memudahkan calon peserta melakukan pembayaran.

Bila Anda tak mau repot, Anda bisa menggunakan platform seperti Mayar.id untuk membuat landing page secara otomatis.

Landing page Mayar dilengkapi tombol check-out yang menyediakan kemudahan bagi calon peserta membayar. Termasuk, melakukan pembayaran dengan kartu debit/ kartu kredit, merchant ritel, dompet digital, transfer bank/ virtual account, dan masih banyak lagi.

6. Pilih perangkat lunak webinar yang andal

Terakhir, tapi terpenting adalah memilih perangkat lunak webinar yang tepat.

Sebenarnya, platform webinar tersebut akan sangat menghemat waktu, biaya, dan tenaga Anda untuk membuat event online yang sukses.

Faktor lain memang penting, seperti kamera, mikrofon, keterampilan presentasi, dan sebagainya. Namun, sayangnya, jika Anda tidak memiliki platform webinar yang tepat, semua akan sia-sia.

Platform webinar yang andal dapat menyelesaikan banyak masalah. Selain itu, akan memberi Anda akses ke fitur-fitur menarik, dan membawa pengalaman webinar Anda ke tingkat berikutnya.

Mudahnya Membuat Event Online Webinar dengan Mayar.id Secara Otomatis

Membuat event online seperti Webinar sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan seiring berjalan waktu, terus berlatih, belajar, dan berusaha, Anda dapat menambah skill membuat Webinar yang menghasilkan uang secara online.

Mayar.id dapat membantu Anda membuat event online seperti Webinar, kursus online, kursus cohort, penjualan produk digital dan fisik, penggalangan dana/ donasi, dan masih banyak fungsional menarik lainnya.

Fitur Mayar juga lengkap untuk mendukung pemasaran dan promosi Webinar, termasuk dalam hal pembayaran dalam sekali klik dengan tombol Embed check-out berbagai metode pembayaran (transfer bank, kartu, gerai ritel, e-wallet, dll).

Berikut beberapa keunggulan membuat Webinar di Mayar.id:

1.    Landing page atau website event online webinar dibuat secara otomatis oleh Mayar. Anda bisa langsung share ke medsos, email, atau Whatsapp dalam sekali klik.

2.    Semua peserta Webinar juga memperoleh sertifikat yang desain dan template sudah tersedia secara instan. Anda hanya perlu memilih yang cocok, dan akan dibuatkan otomatis oleh Mayar.

3.    Peserta yang sudah melakukan pembayaran akan dikirimkan detail dan instruksi webinar secara otomatis oleh sistem Mayar.id.

Dengan fitur dan fungsional yang otomatis, tentunya pembuatan webinar online akan semakin praktis! Yuk, coba mulai aja dulu FREE Trial Mayar dalam 30 hari. Baca selengkapnya Layanan Webinar Mayar di sini.

Anda juga bisa menghubungi email [email protected] untuk pertanyaan atau info selengkapnya.