Tips Sukses Bisnis Co-Working Space Saat Krisis COVID19

Tips Sukses Bisnis Co-Working Space Saat Krisis COVID19

Bisnis co-working space menghadapi tantangan besar selama COVID19. Para ahli menyatakan industri co-working space dalam jangka panjang masih tetap diminati oleh kaum milenial untuk bekerja secara remote atau bekerja fleksibel.

Akan tetapi, dalam jangka pendek, kemungkinan akan butuh perjuangan agar bisnis co-working space mampu bertahan selama krisis pandemi. Sulit, bukan berarti tidak berhasil!

Yang terpenting adalah tetap fokus untuk menjaga kestabilan keuangan dan meretensi para pelanggan alias penyewa gedung co-working space Anda. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Mari simak tips-tipsnya di bawah!

1. Tawarkan diskon harga sewa.

Hampir seluruh bisnis saat ini melakukan efisiensi biaya agar bisa melewati krisis. Pun begitu dengan bisnis yang dialami para penyewa co-working space. Semakin cepat bereaksi, maka akan semakin mudah meretensi klien atau penyewa gedung.

Tawarkan diskon untuk memberikan keringanan tarif sewa kepada pelanggan co-working space. Atau, berikan perpanjangan jangka waktu membayar sewa. Negosiasi dan komunikasi adalah kunci untuk menyelamatkan bisnis sewa co-working space Anda.

2. Menerapkan protokol kesehatan.

Perusahaan ternama seperti Google, misalnya, mulai memulai kembali bisnis dengan meminta staf untuk bekerja sesuai protokol kesehatan. Termasuk, menggunakan co-working space yang aman. Industri ruang kerja fleksibel mungkin tidak lagi sama setelah COVID19. Namun, agar tetap berfungsi sebagai bisnis co-working space, setiap ruang kerja harus memenuhi persyaratan kesehatan. Antara lain:

  • Menyediakan sekat atau menjaga jarak tempat duduk staf.
  • Mengatur suhu ruangan / AC.
  • Menjaga sirkulasi udara lancar dan paparan sinar matahari.
  • Memperbanyak tanaman hias di dalam ruangan untuk menjaga kebersihan udara.
  • Menyediakan hand sanitizer.
  • Dll.

Manfaat utama menggunakan aplikasi billing dan invoice otomatis dari Mayar bukan hanya mengaktifkan manajemen subscription atau model bisnis berlangganan saja. Tetapi, juga meningkatkan pemasukan bisnis co-working space plus mengurangi kesalahan input manual.

Cukup share link pembayaran via chat atau email, kemudian pelanggan bisa memilih paket membership atau subscription yang sesuai kebutuhan. Bila perlu, sertakan tanda tangan digital dan detail penagihan. Semuanya, bisa terkirim secara otomatis setiap periode tertentu, misalnya: harian (sewa ruang meeting), mingguan, bulanan, atau custom.

Jangan membebani manajer atau admin keuangan Anda dengan menyiapkan surat tagihan berbasis kertas yang ribet dan menyita waktu. Mulailah memakai aplikasi penagihan otomatis dari Mayar.id agar pembayaran lebih tepat waktu, akurat, dan efisien waktu.

Platform manajemen billing dan invoice Mayar.id sangat ideal untuk bisnis co-working space yang saat ini banyak dijumpai di berbagai kota seluruh tanah air. Buatlah paket recurring payment atau paket berlangganan secara fleksibel dengan beberapa pilihan yang tersedia di aplikasi Mayar.id. Seperti: tanggal pembayaran (fixed atau sesuai tanggal pertama kali sewa), periode berlangganan (bulanan, tahunan, dll), serta biaya registrasi ekstra di awal bila ada.

Jika bisnis co-working space Anda menyediakan masa trial gratis, aplikasi Mayar juga menyediakan sistem untuk mengakomodasi masa percobaan. Jadi, ketika masa percobaan sudah habis, para penyewa akan langsung dikirimkan notifikasi dan tagihan secara otomatis sesuai paket berlangganan yang dipilih. Praktis dan gampang, kan?
Tunggu apalagi, yuk coba gratis 30 Hari aplikasi Mayar.id untuk kemudahan pembayaran bisnis co-working space Anda.

Image Credit: Unsplash