Tren Newsletter atau Blog Berbayar dengan Model Subscription

Tren Newsletter atau Blog Berbayar dengan Model Subscription

Sebagai pengguna dan pebisnis di internet, Anda pasti tidak asing dengan email marketing atau email newsletter. Mungkin email tidak sepopuler Facebook, tapi fasilitas komunikasi digital ini memegang kendali penting, terutama untuk perusahaan anda. Ketika konsumen mendapatkan email secara konsisten, nama perusahaan anda akan mudah diingat oleh mereka.

Karena itulah subscription email merupakan alat bantu yang tepat untuk anda. Subscription email dapat mengumpulkan prospek calon konsumen, mengirim newsletter email pemberitahuan secara otomatis, mengirim pesan siaran dalam satu tempat. Terdengar sangat hebat bukan?.

Dengan subscription email, anda dapat menjaring konsumen melalui interaksi link dalam newsletter email. Artinya anda akan mendapatkan statistik pasar konsumen yang dapat dimanfaatkan tim marketing anda untuk menargetkan konsumen serta merancang strategi penjualan berkelanjutan.

Mengapa Harus Newsletter Email Subscription

Saat ini hampir semua orang memiliki alamat email, ibaratnya email merupakan identitas dasar seseorang ketika menjelajah internet. Orang-orang cenderung membaca email dengan teratur, lagipula tidak butuh waktu lama untuk membaca sebuah email, kecuali jika dikirimkan sekaligus.

Survey yang dilakukan The American Genius menyebutkan 4,24% calon konsumen akan melakukan  pembelian ketika mereka mendapatkan email promosi. Berilah saran mengenai pembaharuan layanan dan apa yang akan mereka dapatkan saat itu.

Disamping itu mengirim email merupakan kegiatan yang murah. Bayangkan apabila anda menyebarkan pamflet kertas ke setiap rumah, jauh lebih melelahkan dan memakan waktu. Bandingkan dengan duduk santai di rumah dan biarkan internet yang bekerja. Tampaknya jauh lebih nyaman untuk anda.

Namun sebelum anda menyebarkan email, penting untuk meminta izin pada calon konsumen yang berisi pesan atau informasi dari perusahaan anda, serta topik newsletter email yang akan didapat. Jika anda mengirimkan email tanpa izin, maka anda dianggap spam dan akan sangat mengganggu penerima.

Menjalankan Subscription Email

Hal paling dasar untuk menjalankan newsletter email adalah membuat template. Buatlah template email yang merepresentasikan perusahaan anda atau menonjolkan produk yang anda tawarkan. Setelah template newsletter email disiapkan, anda boleh langsung menyebarkannya. Di dalam newsletter email sediakanlah data yang real dan valid, lalu tunggulah interaksi konsumen. Perhatikan seberapa banyak konsumen yang membaca dan mengklik email yang mengarah ke website perusahaan anda.

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membuat informasi dan wawasan yang detail. Anda dapat menambahkan gambar, tautan, referensi, produk dan layanan unggulan perusahaan anda. Hebatnya lagi anda dapat menambahkan sebanyak apapun isinya tanpa biaya tambahan. Namun jangan terlalu menonjolkan penjualan anda, cukup lakukan soft selling dengan elegan.

Berikutnya anda dapat memilih tools atau penyedia jasa yang mengelola subscription email untuk perusahaan anda. Menggunakan tools yang tepat akan meningkatkan efektivitas newsletter email perusahaan anda.