3 Tren Pendidikan di Tahun 2023, Kelas Online Salah Satunya!

3 Tren Pendidikan di Tahun 2023, Kelas Online Salah Satunya!

Sobat Mayar, seperti yang kita tahu, tren teknologi pendidikan berkembang pesat sejak pandemi COVID-19 melanda.

Beberapa tahun belakangan tren teknologi pendidikan ini makin populer sebab banyak institusi yang mulai beralih ke mode online.

Kini sekolah dan perguruan tinggi juga mulai merasakan manfaat dari pembelajaran digital.

Tren teknologi pendidikan akan diperkirakan meningkat pesat, meskipun pandemi telah berakhir.

Berdasarkan perkiraan Research and Markets, tren teknologi pendidikan ini semakin tumbuh pada angka 15,52% selama 5 tahun ke depan hingga mencapai $605,40 miliar di tahun 2027.

Lalu apa saja teknologi pendidikan yang akan tren di tahun 2023? Ada tiga tren edukasi yang diprediksi muncul, yaitu kecerdasan buatan/ AI, kelas online, dan VR/AR. Simak penjelasannya di artikel Mayar kali ini, ya!

AI (Artificial Intelligence)

AI atau Artificial Intelligence memiliki potensi besar dalam membantu mengatasi sejumlah tantangan besar pada dunia pendidikan sekarang, termasuk halnya dalam peningkatan akses pengetahuan dan wawasan secara global.

Pemanfaatan AI di dalam kelas atau pada pembelajaran menjadi salah satu tren di dunia pendidikan di tahun 2023.

Penerapannya memungkinkan guru atau mentor bisa mengatur waktu dan menyelesaikan tugas dalam mendukung pembelajaran jarak jauh (daring), memungkinkan sistem belajar yang bisa memberikan pengalaman untuk peserta didik secara personal.

Smart Content menjadi salah satu teknologi AI yang fungsinya membagi dan menemukan buku digital dan konten materi yang telah diprogram secara virtual lebih cepat dan mudah.

· Contoh implementasi AI

Contohnya penerapan teknologi ini ada di beberapa perpustakaan digital sekarang, baik di sekolah, perpustakaan umum, atau perguruan tinggi.

Voice Assistant juga menjadi teknologi AI yang paling populer dimanfaatkan di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Misalnya, voice assistant yang dikenal yakni Google Assistant (Google), Cortana (Microsoft), Siri (Apple), dsb.

Voice Assistant juga memungkinkan siswa atau mahasiswa dalam mencari materi, artikel, referensi soal, hingga buku hanya dengan berbicara atau menyebutkan kata kunci (keyword).

Penerapan AI lainnya yakni Automatic Assessment dimana berisi fitur pembuatan kuis dan koreksi otomatis seperti yang disediakan platform Mayar.

· Keunggulan fitur kelas online Mayar

Fitur Kelas Online memungkinkan guru bisa membuat kuis dan soal ujian dengan lebih praktis.

Guru atau mentor hanya butuh memilih jenis jenjang, mata pelajaran, tingkat kesulitan, jumlah soal, dan berbagai pilihan lainnya.

Kemudian guru tinggal membagikan link kuis atau ujian ke para murid agar langsung dikerjakan secara online.

AI diyakini bisa membantu manusia dalam belajar dengan lebih baik dan mencapai tujuan pendidikan secara lebih efektif.

Tak heran sekarang banyak inovasi dan terobosan yang berbasis AI yang diterapkan guna menunjang proses pembelajaran supaya lebih efektif dan praktis.

Kelas online

Pandemi menjadikan beberapa instutusi pendidikan memilih menyediakan pembelajaran kelas online atau secara virtual.

Tren pendidikan ini nampaknya akan terus hadir di sepanjang 2023, mengingat semakin banyak yang ingin belajar online.

Apalagi sekarang ada banyak platform penyedia teknologi pendidikan, contohnya coursera, udemy, google, serta platform Mayar asli Indonesia. Platform ini dirancang agar memungkinkan pembelajaran seumur hidup.

· Fleksibilitas kelas online

Kelas online memungkinkan siswa atau mahasiswa mengatur kecepatan belajar mereka sendiri. Dengan adanya fleksibilitas tambahan setiap peserta mudah mengatur jadwal sesuai dengan agenda masing-masing.

Apalagi untuk orang dewasa, pembelajaran online ini memungkinkan untuk bisa hadir di kelas lebih rutin.

Maka itu, platform pendidikan dalam bentuk kelas online ini juga dan mengajarkan keterampilan manajemen waktu dengan tepat dan memungkinkan keseimbangan yang lebih baik antar studi dan pekerjaan.

Kelas online ini cenderung lebih kecil ukurannya dari kelas konvensional. Hampir pada semua kasus, kelas online juga memungkinkan interaksi lebih banyak dan lebih besan umpan balik antara siswa dan tutor.

· Materi digital

Kelas online juga dilengkapi dengan akses materi yang beragam contohnya ppt, video, pdf, foto hingga eBuku secara online. Tutor bisa mengintegrasikan format lain misalnya forum diskusi dalam meningkatkan pembelajaran oleh siswa.

Konten tambahan tentunya tersedia untuk diakses kapan saja dan dimana saja, sehingga memberi siswa pendidikan yang lebih disesuaikan dan dinamis.

Lain halnya dengan metode pendidikan tatap muka atau offline, kelas online ini cenderung lebih terjangkau.

Sering kali ada beragam pilihan pembayaran yang memungkinkan siswa dapat membayar dengan cicilan atau hanya per kelas.

VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Perkembangan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) ini semakin pesat, utamanya dalam dunia pendidikan.

VR dan AR merupakan 2 bentuk dari extended reality (XR), dimana menjadi penting pada dunia pendidikan sekarang.

Bagaimana tidak, jika simulasi belajar dengan cara ini lebih terasa nyata tanpa harus menatap muka aslinya.

AR tak sama dengan VR sebab AR ini melibatkan gambar yang dihasilkan langsung oleh komputer berupa apa yang sebenarnya dilihat oleh penggunanya. Oleh karena itu, penggunanya bisa mengetahui waktu secara nyata.

Contoh implementasi AR

Salah satu penerapan AR yakni buku teks dengan isi gambar yang bisa menjadi hidup saat dilihat dengan smartphone.

Contohnya saat mata pelajaran sains ataupun sejarah, penggunaan AR ini bisa memungkinkan siswa dalam melihat materi pelajaran lebih mendalam.

Berbeda dengan VR yang bisa dinikmati dengan membutuhkan perangkat khusus yakni headset VR, misalnya Samsung Gear VR, Google Cardboard atau Oculus Rift. Tak hanya itu, VR juga membutuhkan smartphone.

Sebab umumnya smartphone sekarang telah dilengkapi dengan sensor Magnetic dan Gyroscope.

Contoh implementasi VR

VR sendiri digunakan di berbagai bidang seperti pendidikan, arsitektur, pelatihan militer dan hiburan (film dan video game).

Kedua teknologi ini, baik AR atau VR saling mendukung dan ikut meramaikan perkembangan dunia teknologi.

Hal ini bisa menambah pengalaman pada dunia pendidikan, membuat pengalaman baru dan memungkinkan di masa depan nantinya ditambahkan dukungan teknologi yang lebih cerdas.

AR dan VR akan membawa dimensi baru pada interaksi antar dunia nyata dan perangkat digital.

Dengan adanya teknologi ini, siswa bisa mengikuti pembelajaran lebih imersif dengan adanya visualisasi objek.

Misalnya, penggunaan aplikasi AR dan VR dalam mempelajari astronomi (ilmu rasi bintang) dan mempelajari anatomi hewan tanpa perlu melakukan pembedahan.

Anda Termasuk Tim AI, Kelas Online, atau AR dan VR?

Setelah kita membahas tren pendidikan yang sedang naik di 2023 ini, apakah Anda menjadi salah satu pengguna dari 3 tren pendidikan di atas? Atau malah Anda menjadi semua pengguna dari 3 tren pendidikan tadi?

Perubahan pada cara kita menanggapi adanya tren teknologi menjadi dampak yang paling mendalam untuk sebagian besar orang, dimana ini berpengaruh jelas pada perkembangan dunia Pendidikan.

Nah, untuk Anda yang merupakan guru atau dosen tak perlu merasa terancam dengan adanya kemajuan teknologi. Tak ada yang dapat menggantikan kecerdikan dan kreativitas manusia dan perannya secara offline.

Sebaliknya, tren teknologi pendidikan justru menjadi pendukung guru, dosen dan mentor dalam menangani materi dan tugas pembelajaran supaya lebih praktis, mudah dan cepat sehingga mentor dapat fokus dengan kualitas siswanya.

Fitur Mayar Kelas Online Pengelolaan & Pembayaran Dalam Satu Platform

Salah satunya ada pada platform Mayar yakni Mayar AI Assistant (MAIA) menjadi asisten virtual berbasis AI yang mendukung kreator konten dalam pembuatan copywriting sebagai sarana promosi bisnis.

Fitur Kelas Online Mayar bisa mengotomasikan pembuatan kelas online atau bootcamp, penilaian kuis, atau bahkan pembuatan webinar.

Tentunya, Mayar akan sangat mendukung bisnis edukasi dalam pembuatan link pendaftaran, website/ landing page, serta manajemen peserta. Tak hanya itu, Mayar juga menyediakan otomasi pembayaran bermitra dengan berbagai bank dan merchant.

Platform Mayar cocok bagi konten kreator, mentor, coaching, dll untuk membagikan ilmu pengetahuan dan keterampilannya.

Tak perlu harus melakukan coding untuk membuat website atau landing page untuk pendaftaran peserta kelas online, bootcamp atau webinar yang akan Anda buat. Pasalnya, Mayar bisa membuat website/ landing page secara otomatis, Anda cukup menyesuaikan dengan logo atau warna brand Anda.

Bagaimana, siap menghadapi tren pendidikan berteknologi yang akan datang?  Buruan daftar akun Mayar sekarang juga dan nikmati digitalisasi bisnis didukung kecanggihan artificial intelligent.

Hubungi Mayar via [email protected] atau DM melalui Instagram @mayar_id.