Ubah Webinar Jadi Sumber Penghasilan Berbinar, Begini Caranya

Ubah Webinar Jadi Sumber Penghasilan Berbinar, Begini Caranya

Webinar tak sekadar suatu cara untuk mempromosikan barang dan jasa semata. Melainkan, modalitas yang kuat untuk melatih, mendidik, bahkan menghibur dan mengubah audiens menjadi pelanggan setia.

Alasan utama webinar sangat disukai adalah konten video berbasis digital dan faktanya, sebagian besar webinar itu GRATIS! Meski ada versi berbayar, tetapi umumnya biaya webinar sangat rendah dan lebih praktis, ketimbang hadir ke seminar secara fisik.

Maka itu, banyak orang yang memilih pelatihan skill atau menambah wawasan dari webinar.

Nah, jika Anda seorang digitalpreneur yang menawarkan webinar. Anda perlu tahu bagaimana menyusun dan memanfaatkan webinar menjadi sumber penghasilan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa diikuti agar mampu mengubah webinar jadi mesin penghasil uang jutaan yang berbinar-binar. Simak terus, ya!

1. Membuat webinar berseri.

Sudahkah Anda membuat webinar berseri? Jika belum, cobalah untuk membuatnya.

Contoh bagus dari menjual webinar berseri, misalnya adakan event tahunan untuk serangkaian presentasi webinar dari para pemasar terkenal.

Webinar serial ini diatur agar setiap presenter dapat memberikan satu sesi dengan topik berdasarkan skill masing-masing pembicara.

Semua presentasi bisa ditonton secara langsung atau video rekaman. Namun, pada video rekaman, ada biaya tambahan agar bisa mengakses.

Selain itu, dalam video rekaman ini, bisa disertakan file audio dan file transkrip (subtitle) untuk memberikan nilai tambah pengalaman peserta webinar berseri.

2. Menjual kursus online.

Strategi menjual kursus online melalui webinar sangat bermanfaat dan sudah terbukti bisa menambah penghasilan. Pekerjaan ini cukup sederhana. Anda cukup membangun website, lalu menjual dan memasarkan konten Anda.

Bahkan, kini banyak tersedia aplikasi no-code yang bisa membantu Anda membangun website webinar meskipun Anda buta sama sekali secara teknis soal pemrograman.

Hal utama yang Anda perlukan adalah pengetahuan untuk mengisi konten dari materi video yang akan dipromosikan. Kursus online mungkin sedikit berbeda dari webinar berseri.

Sebab, kursus online menyediakan program step by step untuk tujuan tertentu. Selain itu, kursus biasanya menggabungkan materi tambahan seperti lembar kerja, daftar checklist, dan konten lain yang bisa dikerjakan di luar kursus.

3. Promosikan produk Anda.

Mempromosikan produk selama webinar gratis, bisa menjadi cara paling umum untuk mendapatkan penghasilan ekstra. Tetapi, pastikan langkah-langkah Anda sudah efektif. Antara lain:

· Promosikan acara gratis dengan konten dan pemasaran email, dilengkapi dengan iklan PPC.

· Habiskan 30 menit pertama webinar untuk memberikan saran berharga kepada audiens yang dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan atau karir mereka.

· Tawarkan produk atau layanan kepada audiens dengan promo menarik agar mereka mau mendaftar.

Yang paling menyenangkan dari model ini adalah kedua pihak sama-sama diuntungkan.

Peserta mendapatkan keahlian dan ilmu, sedangkan Anda, bisa mengumpulkan alamat email, memperluas jangkauan audiens, dan menambah peserta.

4. Gunakan webinar sebagai alat penjualan.

Webinar sebagai alat penjualan bukan konsep baru. Anda mungkin sudah menerapkan atau mendengarnya.

Ini adalah salah satu strategi paling mudah diterapkan karena hampir tidak membutuhkan usaha ekstra.

Misalnya, Anda bisa menambahkan nilai keuntungan bagi peserta. Seperti membership, diskon, voucher, kursus, produk atau layanan yang Anda tawarkan dengan menambahkan rekaman webinar sebagai bonus. Sehingga, penjualan bisa semakin melejit.

Alternatif cara lainnya agar bisa meningkatkan skema penjualan adalah dengan menciptakan rasa urgensi terhadap pembelian.

Misalnya, dengan menawarkan seat webinar dengan “waktu terbatas”. Sehingga, peserta harus segera membayar agar tak kehilangan momen.

Bagi setiap calon pelanggan yang masih merasa ragu apakah akan mendaftar webinar atau tidak, maupun jadi membeli atau tidak. Anda bisa menggunakan dorongan ekstra yang dibutuhkan seperti Call to Action berupa “Beli Sekarang” atau “Amankan Seat Anda Sekarang”.

Nah, dari beberapa cara di atas, mana yang menurut Anda paling efektif untuk melejitkan penjualan lewat webinar? Apapun pilihannya, menurut banyak digitalpreneur, webinar sangat layak dijadikan platform untuk meraup pundi-pundi jutaan rupiah tanpa perlu keluar rumah.

Jangan remehkan kekuatan webinar, karena alat penjualan ini adalah real deal yang sesungguhnya! Jadi, sudah siapkah Anda beraksi dengan webinar untuk memperoleh penghasilan ekstra?

Webinar dan Kelas Online Berbayar dengan Mayar

Untuk memudahkan Anda membangun webinar dan kelas online yang efektif, gunakan aplikasi Mayar sekarang juga! Dapatkan lebih banyak peserta dan kemudahan pembayaran registrasi hanya dalam sekali sentuhan jari.

Mayar sebagai platform pengelola pembayaran webinar, bisa digunakan dan diintegrasikan dengan webinar tanpa keahlian coding sama sekali atau no-code platform.

Cocok dipakai untuk pelaku UMKM Indonesia, digital creator, digitalpreneur, dan startup.

Anda bisa memanfaatkan Mayar sebagai pembayaran pendaftaran webinar atau kelas online Anda secara praktis.

Dengan berbagai metode pembayaran termasuk transfer bank, e-wallet (Shopeepay, Gopay, DANA, LinkAja, OVO, dll), hingga kartu kredit/ kartu debit, dan minimarket merchant (Alfamart/ Indomaret).

Berikut adalah contoh halaman webinar dengan Mayar:

Halaman website Webinar x Mayar

Mau buktikan keunggulan fitur-fitur selengkapnya? Silakan gunakan Mayar secara GRATIS dalam 30 hari melalui tautan ini.