Wahai Freelance Designer, Pakai Cara Ini Jika Ingin Dibayar Lebih Cepat

Wahai Freelance Designer, Pakai Cara Ini Jika Ingin Dibayar Lebih Cepat

Bekerja sampingan sebagai freelance desainer grafis atau desainer website kini semakin menjadi trend Gen Z dan milenial. Profesi freelance designer, menuntut skill tinggi mengolah gambar agar bisa menyampaikan pesan secara visual dan eye-catchy.

Sebagai freelance designer, umumnya Anda akan dibayar mahal. Mulai dari Rp 1 juta – 10 juta, tergantung pada tingkat kesulitan proyek.

Hebatnya lagi, Anda juga tak perlu repot keluar rumah untuk mendapatkan penghasilan jutaan rupiah. Cukup berbekal internet dan laptop, serta skill desain, beberapa proyek desain sekaligus bisa diselesaikan.

Sayangnya, sebagian freelance design masih mengandalkan metode pembayaran dengan faktur tagihan atau invoice berbasis kertas. Setelah mengerjakan proyek, invoice dikirim via pos atau jasa kurir ke alamat perusahaan.

Hal ini memakan waktu, biaya, dan tenaga. Belum lagi, terkadang ada kendala yang membuat pembayaran molor dan terlambat dari jatuh tempo hingga beberapa minggu.

Padahal, sebagai freelance design, gaji yang dibayar dengan cepat akan menjadi tulang punggung kesuksesan finansial Anda. Berikut adalah hal yang bisa Anda lakukan sebagai freelance designer agar membuat pembayaran bisa lebih cepat sesuai yang Anda inginkan.

1. Membuat rincian syarat pembayaran.

Pertama, pastikan klien tahu persis tentang syarat pembayaran secara jelas. Sebelum bekerja, kedua pihak saling setuju dan sepakat dengan detail pembayaran, meliputi:

· Tarif

· Metode penagihan

· Jangka waktu

· Denda atas keterlambatan pembayaran

Kuncinya adalah membuat rincian yang jelas tentang info pembayaran Anda di dalam semua proyek dan kontrak freelance designer.

2. Minta DP 50% di awal proyek.

Sudah bukan hal baru apabila freelance designer meminta DP 50% di awal memulai proyek. Selain untuk biaya operasional, umumnya hal ini menandakan saling trust atau kepercayaan antara kedua pihak.

Sisi positifnya, downpayment 50% juga membantu menyingkirkan oknum klien yang tidak bertanggung jawab alias freeloader.

3. Kirimkan faktur invoice dengan cepat.

Biasakan setelah proyek selesai atau design utama selesai, kirimkan faktur invoice Anda. Klien akan memahami urgensi ini dan bisa mendorong mereka untuk membayar lebih cepat. Anda bisa menggunakan penagihan otomatis untuk mempercepat pembayaran berulang atau recurring payments.

Lakukan pembayaran yang mudah dan praktis dengan platform Mayar. Mayar memfasilitasi pembayaran freelance writer, freelance designer, dan pekerjaan freelancing lainnya dengan lebih cepat.

Ada banyak metode pembayaran Mayar yang bisa digunakan seperti: ShopeePay, transfer bank, kartu kredit/ kartu debit, hingga Alfamart dan Indomaret.

Anda juga bisa mengatur pengingat email (reminder) otomatis untuk pembayaran yang tertunda. Hal ini bisa mencegah klien lupa atau tidak membaca email. Jangan lupa, Anda perlu menyertakan informasi yang jelas jika ada biaya tambahan.

Ciptakan pengalaman yang tak terlupakan untuk klien Anda bersama sistem Mayar.

Dimulai dari penagihan otomatis yang modern dan profesional dari Mayar, Anda bisa meningkatkan kredibilitas dan personal branding sebagai seorang Freelancr.

Jika Anda bisa menghadirkan pengalaman pembayaran yang berkesan, klien akan cenderung memilih mempekerjakan Anda lagi di kemudian hari. Untuk mewujudkan hal ini, sangat penting memahami bahwa pembayaran yang cepat itu penting.

Hindari pembayaran proyek freelancing yang terlambat, dengan alasan klien sibuk, tidak sempat ke ATM, atau bahkan jadwal padat hingga lupa membayar Anda.

Sebagai freelance designer profesional, Anda tidak perlu menghadapi segala kerumitan ini. Gunakan Mayar untuk membuat faktur invoice yang modern, otomatis, dan efektif untuk mendukung karir freelancing Anda.

YUK, buat aja dulu Link Pembayaran proyek freelance design Anda di Mayar melalui tautan ini GRATIS selama 30 hari! Tanpa kontrak, Anda bebas berhenti kapan aja. Info selengkapnya, email : [email protected].