Wahai Tutor Kelas Online! Pelajari Keunggulan Mayar Sebagai Alternatif Udemy di Indonesia

Wahai Tutor Kelas Online! Pelajari Keunggulan Mayar Sebagai Alternatif Udemy di Indonesia

Apakah Anda seorang tutor, coach, atau mentor yang ingin membuat kursus online? Dalam postingan kali ini, Mayar ingin membantu Anda menentukan platform yang tepat!

Di luar sana, ada banyak platform pembelajaran online yang bisa dipakai, seperti Teachable, Udemy, Coursera, dan lainnya. Namun, sebenarnya di Indonesia sendiri sudah tersedia platform pembelajaran online yang bisa diandalkan, seperti Mayar.

Nah, bagaimana sih cara membuat kursus online yang sukses? Tak peduli, apakah Anda sudah menjadi tutor berpengalaman, atau masih pemula, mari pelajari ulasan selengkapnya di artikel ini. Baca lebih lanjut, ya!

Apa itu platform pembelajaran online?

Sebelum membuat kursus online, Anda perlu memahami apa itu platform pembelajaran online. Sebagai contoh, platform kursus atau kelas online yang cukup populer antara lain: Udemy, Coursera, LinkedIn Learning, Google Class, Teachable, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, di Indonesia terdapat platform kelas online seperti Mayar yang bisa diakses melalui perangkat seluler dan perangkat desktop.

Jadi, platform kursus atau kelas online akan menawarkan berbagai topik dari tutor berpengalaman yang bisa dipilih peserta kursus.

Topik yang umum seperti teknik presentasi/ public speaking, jurnalistik/ menulis, membuat desain, pengembangan website, dan sebagainya. Topik bisa berupa keterampilan atau keahlian spesifik yang membuat peserta yakin bergabung kelas online Anda, karena tidak ada di tempat kursus lainnya.

Platform kelas online menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan, ketimbang tempat kursus biasa (tatap muka). Selain itu, peserta kursus bisa belajar kapanpun dan dimanapun, meskipun saat bepergian.

Dengan Kelas Online Mayar, tutor atau mentor dapat membuat kursus sendiri dan menetapkan harga sesuai preferensi. Selanjutnya, tinggal mempromosikan lewat media sosial atau banner iklan di website.

Tutor dapat memperoleh penghasilan tambahan dengan mengajar di platform Kelas Online Mayar, sama seperti para content creator.

Contoh Kelas Online/ Kursus Online dengan Mayar.id

Berapa Banyak Penghasilan Sebagai Tutor Kursus Online?

Sebagai tutor kelas online, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sama seperti content creator pada umumnya.

Hanya saja, besaran penghasilan sangat tergantung pada berbagai faktor, seperti popularitas kursus online, promosi, dan strategi marketing.

Pada intinya, fitur Kelas Online dari Mayar, memungkinkan peserta kelas online melakukan pembayaran instan di laman website, tanpa ribet. Cukup sekali klik, dan pilih metode pembayaran via transfer bank, e-wallet, atau kartu kredit, transaksi dapat diproses secara cepat dan aman.

Fitur lainnya dari Mayar adalah Kelas Cohort-based, Webinar, Coaching dan Mentoring, serta masih banyak lagi.

Anda juga bisa menyediakan program afiliasi untuk meningkatkan penjualan kursus online bermitra dengan afiliator.

Cara Membuat Kursus di Platform Mayar

Saat membuat kursus di Mayar, ada beberapa hal penting yang perlu diingat agar kursus Anda berhasil.

Buatlah akun di Mayar.id. Kemudian, Anda bisa mulai membuat kursus dengan navigasi yang sangat mudah. Silakan simak panduan tutorial video membuat kelas online Mayar.

1. Membuat topik

Pertama, penting bagi Anda untuk memilih topik yang Anda sukai dan ketahui. Ini akan membuat pembuatan konten kursus menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Manfaat atau nilai ilmu yang Anda berikan kepada peserta kursus akan lebih tinggi, dan Anda akan menghasilkan lebih banyak penjualan. Misalnya tentang subjek atau keterampilan spesifik yang jarang diberikan di tempat kursus online lainnya.

2. Video berkualitas

Kedua, Anda harus memastikan bahwa Anda membuat video berkualitas tinggi. Hal ini tidak hanya membuat kursus Anda lebih menarik bagi peserta, tetapi juga membantu Anda menarik lebih banyak audiens baru.

Setiap sesi kursus harus berdurasi sekitar 5 sampai 10 menit dan mencakup topik tertentu yang terkait dengan mata pelajaran pilihan. Misalnya, jika Anda menawarkan kursus menulis skenario, satu sesi berfokus pada format skenario saja.

3. Interaktif

Sesi kursus online sebaiknya bukan hanya membacakan slide seperti orang yang sedang presentasi kerja. Melainkan, harus menyertakan konten berkapasitas kecil yang bisa dipakai belajar secara mandiri.

Selanjutnya, penting untuk membuat kursus agar lebih interaktif dengan menyertakan tes, latihan, dan alat lain yang mendorong peserta agar giat atau aktif mengikuti setiap sesi kursus.

Bagaimana Cara Mempromosikan Kursus Online Saya?

Setelah materi kursus online selesai, Anda perlu mempromosikannya agar semakin banyak peserta yang bergabung di kelas online Anda!

Beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Gunakan media sosial untuk menjangkau calon peserta kursus

Platform seperti YouTube, Twitter, Facebook, dan LinkedIn adalah alat pemasaran yang bagus untuk menjangkau audiens.

Pastikan untuk memakai hashtag yang relevan pada postingan agar lebih mudah ditemukan di kolom pencarian.

2. Manfaatkan relasi

Jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial atau jumlah pembaca yang besar di blog Anda, beri tahu mereka bahwa Anda membuat kursus online di Mayar.

Anda juga dapat menjangkau orang yang Anda kenal secara pribadi dan memberi tahu mereka tentang kursus online tersebut.

Biasanya, kalau kursus online memang benar-benar bagus dan dirasakan bermanfaat, orang akan dengan senang hati membagikan ke teman atau keluarganya.

3. Buat materi pemasaran yang menarik

Misalnya, jika Anda memiliki blog, Anda dapat menulis posting blog tentang kursus Anda dan menyertakan CTA yang mengarahkan orang ke kursus Anda.

Jika Anda sudah memiliki beberapa kursus dan peserta didik, jangan lupa juga mempromosikan kursus baru maupun yang sudah ada sebelumnya kepada peserta lain yang belum terdaftar dalam kursus tertentu.

4. Peralatan Audio

Anda layak mendapatkan mikrofon yang bagus, mungkin Rode SmartLav+ dengan kabel ekstensi, mikrofon USB seperti Rode NT-USB, atau mikrofon dinamis seperti Zoom ZDM-1 dengan antarmuka audio seperti Scarlett Solo untuk menghubungkannya ke komputer.

Kualitas audio yang baik adalah rahasia kursus online yang berkualitas. Jadi, berinvestasi pada peralatan audio yang bagus agar kursus online yang disajikan lebih berkualitas.

Fitur-fitur Mayar Sebagai Platform Kursus Online di Indonesia

Mayar menghadirkan navigasi yang sederhana, mudah dipahami, namun tetap fungsional dan berharga bagi para content creator atau tutor kelas online. Adapun beberapa fitur Kelas Online Mayar adalah berikut:

1. Kelas Online (Online Course) On-Demand

Tak perlu membangun website dari nol. Karena, dengan Mayar Anda bisa membuat kelas online (on – demand) secara otomatis dan mudah. Komponennya juga lengkap, seperti pembuatan quiz, video, materi pembelajaran online, pendaftaran peserta, pembayaran, dan lainnya.

2. Pengelolaan peserta

Anda bisa mengatur kuota pendaftaran peserta calon didik dengan link yang dapat ditutup secara otomatis. Selain itu, tautan pembayaran kelas online juga bisa diset aktif tanpa batas waktu.

3. Membangun basis data peserta

Kontak para peserta dapat dijadikan strategi pemasaran selanjutnya. Membangun mailing list untuk mengirimkan promo atau penawaran terbaik dari kursus online Anda.

4. Membuat bab materi pembelajaran

Buatlah berbagai format materi pembelajaran online dengan mudah. Seperti teks, video, meeting, attachment file, bacaan, dan lainnya.

5. Ekspor File Excel atau CSV

Mengekspor file CSV dan Excel dalam sekali klik dengan Mayar.

6. Bagikan ke media sosial

Tautan pendaftaran dapat dishare langsung ke media sosial atau aplikasi pesan instan. Setelah dibuka, link akan mengarah ke halaman order dengan berbagai opsi pembayaran cukup sekali klik.

7. Copas Tombol Checkout

Mayar memberikan kemudahan untuk mengcopy-paste kode tombol checkout yang sangat sederhana. Tempelkan tombol checkout atau pendaftaran kursus di blog atau website agar memudahkan calon peserta kursus online membayar tanpa perlu pindah ke halaman lain

Bagi peserta kursus online yang sudah membayar, bisa langsung mengakses kelas online secara otomatis. Link atau tautannya akan dikirimkan via email atau Whatsapp.

Berapa Lama Uang Pembayaran Kursus Online di Mayar Bisa Diterima di Rekening Bank Saya?

Proses berikutnya setelah uang pembayaran para peserta diterima, Anda dapat melakukan penarikan dana atau Withdrawal agar uangnya ditransfer ke rekening bank pribadi Anda.

Lama pengiriman berkisan 2-7 hari, bergantung pada jenis metode pembayaran. Lebih detailnya mari simak info berikut:

· Virtual Account = Real Time (langsung)

· QRIS = H+2

· Credit Cards = H+7

· Retail Outlet (Alfamart & Indomaret) = H+5

· eWallets (OVO, LinkAja, Dana, ShopeePay) = H+2

Dihitung hari kerja

Hari libur dan Sabtu - Minggu tidak dihitung

Transaksi Mayar Terjamin Keamanannya

Perlu diingat, transaksi pembayaran melalui Mayar terjamin keamanannya. Mayar bertindak sebagai antarmuka pembayaran. Semua dana Anda tersimpan di wallet payment gateway yang sudah bekerja sama dan terintegrasi dengan Mayar, sehingga bisa langsung dicairkan ke rekening bank Anda.

Payment gateway yang bekerja sama dengan Mayar telah terdaftar dan diawasi Bank Indonesia dan tersertifikasi PCI DSS.

Tunggu apalagi, kembangkan bisnis kursus online Anda bersama platform Mayar. Info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi [email protected].