4 Ide Produk Digital Terpopuler yang Bisa Dijual Konten Kreator di Mayar

4 Ide Produk Digital Terpopuler yang Bisa Dijual Konten Kreator di Mayar

Teknologi modern saat ini telah berhasil membuka gerbang ke ranah produk digital yang seolah tiada habisnya untuk dijual.

Seiring waktu, ada beberapa jenis produk digital yang paling populer di kalangan konten kreator. Katakanlah, ebooks, lagu, foto, dan masih banyak lagi.

Mayar sebagai salah satu platform untuk berjualan digital produk sangat mendukung konten kreator di Indonesia. Mereka dapat membuat karya-karya digital terbaik, dan menjual langsung kepada para konsumen.

Bagi Anda yang masih awam tentang digital produk maupun platform Mayar untuk berjualan digital produk, tidak masalah!

Satu per satu kita akan mempelajari dan memberikan informasinya di bawah ini. Baca terus sampai akhir, yaa!

Apa itu Digital Produk?

Secara singkat, digital produk adalah sesuatu yang berhasil memberikan informasi secara online dengan tujuan untuk mengedukasi penggunanya, memecahkan masalah mereka, atau membawa perubahan positif bagi penggunanya.

Sejak era milenial, teknologi internet telah mengubah gaya hidup masyarakat, termasuk dalam hal menjual karya seni.

Banyak seniman atau konten kreator menjual produk digital ke seluruh dunia berbekal ide dan internet.

Hasilnya, jutaan orang telah berhasil mengubah pengetahuan atau keahlian mereka menjadi sesuatu yang nyata untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan.

Menciptakan produk digital juga memungkinkan orang meraup penghasilan ekstra, bahkan tak sedikit yang akhirnya berhenti menjadi pegawai atau karyawan.

Dengan menjadi konten kreator, Anda bisa memiliki peluang menghasilkan uang dan menjadi bos bagi diri sendiri. Berjualan produk digital dapat membantu menopang mata pencaharian serta tetap menghabiskan lebih banyak waktu bersama orang-orang tercinta di rumah.

Meraih Penghasilan Jutaan Dengan Produk Digital

Konten kreator di Mayar dapat membuat karya digital sebagai masa depan. Mereka bisa menjual hasil karya dengan investasi minim. Tak seperti bisnis pada umumnya yang butuh modal besar.

Yang Anda perlukan untuk menjadi konten kreator adalah komputer atau laptop, koneksi internet, serta perangkat lunak atau platform yang tepat agar bisa berjualan produk digital.

Platform berjualan digital produk yang dipilih harus bisa menjual berbagai format karya seni. Seperti eBook, video, foto, materi kursus online, dan sebagainya.

Kenapa Harus Memiliki Mayar Sebagai Platform Berjualan Digital Produk?

Sekarang menjual berbagai karya digital tak perlu pusing membuat website sendiri. Sebab, Mayar sebagai platform berjualan produk digital telah dilengkapi berbagai fitur modern.

Meliputi pembuatan website atau landing page secara otomatis, terintegrasi dengan pembayaran, penyimpanan file, serta keamanan tautan untuk mengunduh file digital yang terjamin.

Ukuran file digital yang diunggah bisa mencapai 1 Gygabite tanpa ada batasan format file. Konten kreator bebas mengunggah berbagai jenis format file seperti video MP4, eBook PDF, Foto JPG, Compress file ZIP, dan masih banyak lagi.

Sebagai konten kreator, Anda perlu memahami semua format yang berbeda agar bisa menentukan yang paling sesuai dengan produk digital Anda.

Misalnya, katakanlah Anda mengembangkan produk untuk membantu banyak orang belajar musik. Lebih baik, buatlah video pelatihan daripada menulis eBook yang hanya sekadar teori.

Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk membuat berbagai format produk digital. Hal ini akan membantu menembus pasar digital sekaligus menjangkau audiens yang lebih luas.

Jika kamu menyediakan banyak format produk digital, konsumen bisa menikmati berbagai format yang berbeda.

Berbagai Format Produk Digital yang Bisa Dijual

Sebagai konten kreator, Anda harus sepenuhnya menyadari semua pilihan Anda. Di bawah ini adalah empat daftar jenis produk digital terpopuler yang bisa dipertimbangkan untuk Anda:

1. eBook

eBook persis seperti buku digital! Biasanya, eBook banyak dinikmati orang-orang dari seluruh penjuru dunia untuk belajar secara detail terkait topik tertentu.

Pada tahun 2020 saja, industri eBook menghasilkan lebih dari $950 juta pendapatan global, membuktikan bahwa eBook adalah salah satu format produk paling populer yang tak boleh dilewatkan konten kreator.

Jadi, jika Anda seorang konten kreator digital, Anda sudah pasti harus mempertimbangkan eBook.

Ada banyak tempat di mana Anda dapat berjualan eBook Anda secara gratis, seperti Wattpad.

Namun, sayangnya platform ini umumnya tidak maksimal dalam monetisasi.

Jadi, jika Anda berencana menerbitkan eBook, sebagai salah satu produk digital untuk dijual, Anda bisa memanfaatkan platform seperti Mayar untuk memberikan keuntungan atau imbal balik.

Anda juga bisa menjual eBook ke website atau blog (jika ada). Namun, jangan khawatir, karena Mayar telah menyediakan website ataupun landing page secara otomatis.

Website ini sudah dilengkapi tombol checkout yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran. Termasuk virtual account (transfer bank), merchant ritel, kartu debit/ kartu kredit, dan lainnya.

2. Video Tutorial

Video tutorial menjadi format produk digital terpopuler selanjutnya.

Paling cocok untuk mengajarkan langkah demi langkah secara praktik langsung. Misalnya, seperti belajar alat musik, membuat karya seni, membuat film, kerajinan tangan, atau keterampilan teknis lainnya, dan masih banyak lagi.

Jadi, jika Anda mengajarkan salah satu topik ini, pertimbangkan untuk mengubah pengetahuan Anda menjadi pelajaran video, bukan e-book.

Akan tetapi, tak bisa dipungkiri menulis eBook jauh lebih mudah daripada membuat video tutorial.

Untuk membuat eBook, kamu hanya perlu aplikasi menulis dan waktu luang.

Tetapi, jika membuat video, kamum perlu mempersiapkan skrip, kamera, peralatan suara, dan bahkan editor video.

Meskipun terdengar menantang, tapi dengan menghasilkan karya seni video tutorial yang bagus, nilai valuenya juga lebih besar bagi konsumen.

3. Subscription / Produk Berlangganan

Produk berlangganan atau subscription adalah di mana pelanggan secara rutin membayar sejumlah harga untuk mendapatkan produk atau layanana jasa tertentu. Jadi, singkatnya sama seperti auto langganan.

Biaya berlangganan dapat ditagihkan setiap bulan, setiap tahun, atau sebaliknya. Di Mayar, konten kreator dapat mengatur secara otomatis penagihan sesuai jatuh tempo. Contohnya, mingguan, bulanan, tahunan, atau custom.

Katakanlah, Anda menyediakan produk digital seperti Podcast, majalah digital, atau kursus online, maka Anda bisa membuat biaya berlangganan agar audiens dapat mengakses secara teratur.

Produk-produk tersebut dapat diakses selama pelanggan tetap membayarnya. Ketika ada video, teks, atau bentuk media baru lainnya diunggah, pelanggan yang sudah membayar bisa mendapatkan akses langsung ke tautan pengunduhan.

Banyak pembuat konten digital lebih suka menawarkan langganan. Menjual produk berlangganan akan memungkinkan Anda untuk memiliki stabilitas arus kas masuk dalam bisnis digital.

Tapi, ingat bahwa produk langganan mengharuskan Anda untuk terus memproduksi dan mengunggah konten baru. Oleh karena itu, Anda harus konsisten membuat karya-karya baru agar audiens tidak kecewa sudah berlangganan produk digital Anda.

4. Event / Acara Online

Layanan event atau acara online memungkinkan pelanggan untuk menghasilkan banyak uang jika Anda memiliki audiens target yang sesuai.

Namun, jika Anda baru mengenal produk digital dan belum ada basis pelanggan, mungkin sebaiknya fokus ke produk digital lainnya dulu.

Setelah memiliki basis pelanggan setia, jangan ragu membuat event atau acara online melalui platform Mayar.

Di platform Mayar, Anda bisa menjual tiket secara online, baik itu event gratis atau berbayar. Anda juga bisa mengatur kuota peserta yang hadir, mengelola pembayaran, serta mengatur jadwal acara. Sangat ideal untuk menjual tiket acara online maupun offline.

Anda juga dapat menggunakan event tersebut untuk meningkatkan visibilitas produk digital yang dijual.

Misalnya, katakanlah Anda menyelenggarakan webinar terkait parenting. Anda bisa menawarkan produk digital seperti video, eBook, atau layanan konsultasi online.

Dengan menggunakan event atau acara sebagai alat pemasaran, Anda akan menarik pelanggan baru dalam waktu singkat!

Apakah Anda sudah siap menawarkan lebih banyak format produk digital untuk dijual di Mayar?

Seperti yang bisa dilihat, di pasar digital saat ini ada banyak format produk dan jasa digital yang bisa dijual.

Masing-masing memiliki keunikan dan manfaat tersendiri. Pastikan untuk mempertimbangkan segala persiapan dan berkomitmen memilih satu platform yang tepat.

Mayar adalah platform distribusi produk digital lengkap yang dibangun sebagai solusi bagi konten kreator, mentor, coach, hingga seniman untuk menjual karya digital terbaik.

Bukan hanya itu, di Mayar, konten kreator dapat mempromosikan dan menjual kursus online, video tutorial, eBook dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin memulai bisnis digital sedari awal, atau mendorong bisnis yang sudah eksis ke level selanjutnya, Mayar adalah pilihan tepat!

Silakan kontak [email protected]untuk pertanyaan atau info lebih lanjut.

Image source: Pexels.com