7 Ide Kreatif Jualan Online, Paling Laris dan Cepat Laku!

7 Ide Kreatif Jualan Online, Paling Laris dan Cepat Laku!

Seperti yang telah kita ketahui, perkembangan zaman dan teknologi telah mengubah kehidupan umat manusia menjadi lebih dinamis dan terbuka.

Dalam hal ini, dampak adanya era globalisasi sebagai bentuk perkembangan kehidupan yang lebih modern juga dirasakan oleh semua kalangan di berbagai sektor, salah satunya sektor ekonomi.

Saat ini, ada banyak perubahan yang cukup signifikan, terutama dalam hal bisnis. Mulai dari yang semula bersifat konvensional, hingga sekarang  muncul penerapan teknologi untuk mempermudah aktivitas manusia bertransaksi.

Oleh karena itu, bisnis jualan konvensional yag hanya mempertemukan penjual dan pembeli secara langsung, kini sudah ketinggalan zaman.

Sebab, perkembangan teknologi digital telah mengubah transaksi menjadi lebih praktis dan modern dengan aplikasi digital.

Sekaranglah saatnya, setiap pemilik usaha atau pebisnis mulai menggunakan model jualan online untuk mengambil peluang menguasai pasar lebih luas.

Baca Juga: QR Code Payment: Transformasi Metode Bayar di Masa Depan

Mengenal Peluang Ide Jualan Online

Jualan online merupakan salah satu potensi usaha yang cukup menjanjikan untuk diterapkan pada zaman sekarang.

Dalam bisnis jualan online, pembeli dan penjual tidak perlu bertemu langsung untuk dapat melakukan transaksi jual beli.

Penjual hanya perlu membuat toko online di berbagai platform e-commerce.

Kemudian, pembeli dapat langsung berbelanja atau membeli di platform. Proses transaksi dapat dilakukan dengan beragam metode pembayaran, baik cash dengan gerai ritel (Alfamart/ Indomaret) maupun secara digital menggunakan e-wallet(dompet digital).

Bagaimana Cara Memulai Ide Jualan Online?

Pada prinsipnya, semakin berkembangnya era digital ke arah yang lebih modern dan dinamis, maka pola konsumsi masyarakat akan suatu barang juga ikut berkembang.

Kini, mayoritas masyarakat lebih menyukai membeli barang atau memesan jasa secara online daripada harus datang langsung ke lokasi penjual.

Pasalnya, bagi kebanyakan orang yang bekerja berpikir bahwa mengantri untuk mendapatkan pelayanan akan pembelian suatu barang atau jasa cukup menyita waktu.

Untuk itu, pada zaman sekarang potensi bisnis jualan online sangat besar untuk dilakukan.

Dalam hal ini, ada berbagai peluang ide jualan online yang bisa Anda terapkan demi mendapatkan target market yang sebanyak-banyaknya.

Jadi, Anda tidak perlu takut untuk memulai ide jualan online. Hal ini karena selalu ada kesempatan dalam peluang yang bisa Anda dapatkan melalui usaha yang maksimal.

Baca juga: Jualan Sayur Go-Digital! Pembayaran Cashless Jadi Trend Masa Kini

Contoh Ide-ide Kreatif Jualan Online

Setelah mengetahui apa itu jualan online dan peluangnya di masa kini, sekarang saatnya Anda memberanikan diri memulai ide jualan online.

Sebagai potensi usaha masa kini, beberapa ide jualan online layak dicoba dengan perencanaan yang matang.

Adapun beberapa ide jualan online adalah sebagai berikut:

1. Produk Kecantikan

Ide jualan online yang cukup potensial untuk dilakukan pada saat ini adalah jualan online produk-produk kecantikan atau perawatan tubuh, baik pria maupun wanita.

Produk kecantikan dan perawatan kulit tentunya akan terus dibutuhkan dalam melakukan aktivitas sehari-hari untuk membuat seseorang terlihat lebih cantik atau tampan.

Apalagi jika target market Anda adalah kalangan anak muda dan ibu-ibu rumah tangga, maka pilihan ide jualan online yang satu ini layak untuk dicoba.

Beberapa produk kecantikan dan perawatan tubuh yang biasanya sering dibeli oleh mayarakat, antara lain: bedak, lipstik, eyeshadow, blush on, dan sebagainya.

2. Produk Rumah Tangga

Ide jualan online selanjutnya adalah jualan online berbagai barang yang dibutuhkan dalam rumah tangga, seperti lemari, lampu, kasur, bed cover, piring, rak susun, dan lain-lain.

Dengan menjalankan ide jualan online yang satu ini, ada peluang yang cukup besar laku di pasaran.

Pasalnya, produk-produk rumah tangga ini merupakan salah satu kebutuhan mendasar yang perlu dimiliki setiap rumah tangga di Indonesia.

Selain itu, era digitalisasi industri yang terjadi sekarang ini juga membuat banyak orang lebih suka bekerja dari rumah. Sehingga,sebagian orang ingin mempercantik dan melengkapi aksesoris dan fungsi rumahnya untuk bekerja dari rumah.

Dalam menjalankan ide jualan online yang satu ini Anda perlu kreatif dalam mencari trend produk yang sedang dibutuhkan dan sedang tren di pasaran.

3. Produk Kesehatan

Kesehatan adalah poin nomor satu yang harus dipenuhi oleh setiap orang agar mampu menjalankan aktivitasnya sehari-hari dengan sangat baik.

Karena itu, menjalankan ide jualan online di bidang kesehatan menjadi salah satu pilihan yang cukup meyakinkan.

Dalam menjalankan ide jualan online yang satu ini, Anda perlu mengikuti perkembangan yang terjadi saat ini, berkaitan tentang kesehatan alam dan manusia.

Sebagai contoh, pada tahun 2019 sampai saat ini, pandemi telah menyerang hampir seluruh dunia, salah satunya Indonesia.

Oleh karena itu, menjalankan ide jualan online dengan produknya berupa masker, hand sanitizer dan vitamin menjadi sangat laku di pasaran.

Namun, Anda juga tidak perlu khawatir karena bisnis jualan online produk kesehatan juga berpotensi untuk mendapatkan pembeli setiap harinya. Pasalnya, setiap orang memiliki kondisi kesehatannya masing-masing yang perlu dipenuhi.

4. Produk Makanan

Kebutuhan primer seperti pangan menjadi salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipenuhi oleh setiap manusia.

Untuk itu, ide jualan online yang satu ini sangat potensial untuk dilakukan.

Tanpa perlu melihat perkembangan zaman dan teknologi, tentunya manusia pasti perlu makan setiap harinya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika bisnis jualan online akan sepi pembeli.

Pasalnya, selama ada kebutuhan, disitu ada peluang yang bisa Anda perjuangkan untuk mendapatkan keuntungan. Misalanya, berjualan online dengan produk sembako, bahan kue, pakaian, dan masih banyak lagi ide lainnya.

5. Produk Pakaian

Ide jualan online lainnya yang bisa Anda lakukan adalah bisnis online dalam bidang fashion atau pakaian.

Sama halnya seperti makanan, keberadaan pakaian sebagai sandang juga merupakan salah satu kebutuhan primer yang perlu dipenuhi oleh setiap orang.

Jadi, ide jualan online produk pakaian akan memiliki peluang yang cukup menjanjikan.

6. Produk Anak dan Bayi

Ide jualan online produk-produk yang dikhususkan untuk anak dan bayi cukup memiliki peluang yang besar untuk cepat laku. Hal ini karena, mayoritas orang tua memiliki anak kecil atau bayi yang perlu dibelikan produk-produk khusus sesuai kebutuhannya.

Rasa sayang orang tua kepada anaknya juga membuat bisnis online ini bisa berjalan dengan baik setiap harinya.

Beberapa produk anak dan bayi yang sering dicari di pasaran, antara lain: popok, susu, baju, perlengkapan mandi, mainan, dan sebagainya.

Baca juga: Prospektif! 5 Ide Bisnis Terbaik Saat Ini

7. Produk Digital

Ide jualan online yang tidak kalah potensial untuk dilakukan adalah jualan online produk-produk digital, seperti smartphone, laptop, charger, earphone, kabel data, mouse, dan sebagainya.

Peluang ide jualan online yang satu ini terbilang bagus.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, kebutuhan manusia terhadap aspek digital tentunya juga akan meningkat.

Sehingga, ide jualan online yang satu ini layak untuk di coba.

Mayar sebagai Solusi e-Commerce dan Jualan Online Anti Ribet!

Jika Anda kesulitan dalam mencari platform yang bisa membantu Anda dalam menjalankan bisnis jualan online, maka Anda tidak perlu khawatir.

Sekarang, ada Mayar yang siap membantu Anda dalam mengatur bisnis jualan online tanpa ribet.

Mayar telah menyediakan katalog instan, info ongkir otomatis, cetak label hingga request penjemputan kurir.

Selain itu, Mayar juga menyediakan berbagai macam pilihan metode pembayaran, sehingga pelanggan tidak akan kesulitan membayar non tunai. Termasuk scan kode QRIS, virtual account (transfer bank), gerai ritel, kartu debit/ kartu kredit, Paylater (cicilan), serta dompet digital.

Ayo, mulai berbisnis online dengan cara gampang dan praktis bareng Mayar.id. Daftar akun Mayar GRATIS sekarang!