Cara Cepat & Mudah Kumpulkan Dana Lewat Platform Donasi

Apakah Anda pernah mendengar istilah “crowdfunding” atau bahkan pernah mengumpulkan uang untuk tujuan kegiatan tertentu?

Zaman sekarang patungan dana atau mendanai kegiatan secara bergotong royong adalah hal yang sudah biasa.

Contohnya, katakanlah tahun 2019 silam ketika masyarakat Indonesia ingin membuat pesawat R80 karya Presiden ke-3 RI, Bapak Jusuf Habibie.

Secara patungan rakyat se-Nusantara memberikan donasi hingga total terkumpul Rp9 miliar.

Jika Anda terinspirasi ingin meluncurkan kampanye crowdfunding untuk menambah modal usaha, atau mungkin mendanai lembaga non profit dan kegiatan sosial lainnya, Anda mungkin bertanya bagaimana caranya?

Semua orang mungkin bisa mengadakan penggalangan dana, tapi tak semuanya bisa mengumpulkan banyak uang dalam waktu cepat.

Untungnya, di artikel berikut kita akan membahas beberapa cara terbaik mengumpulkan dana untuk suatu proyek atau acara. Tanpa berlama-lama, yuk kita mulai tipsnya!

Tips Crowdfunding #1: Riset dan pilih platform donasi

Sebelum membuat kampanye penggalangan dana, persiapkan diri untuk memilih platform yang tepat, seperti Mayar.

Anda cukup mendaftar ke Mayar untuk membuat landing page atau website otomatis terkait penggalangan dana. Selanjutnya tinggal kirimkan atau bagikan tautan laman tersebut ke para calon donatur via Whatsapp, Telegram, email, media sosial, dll.

Tips Crowdfunding #2: Minta donasi lebih awal

Kebanyakan penyelenggara crowdfunding membuat kesalahan dengan menyiapkan website kampanye dan berasumsi bahwa orang-orang akan menemukannya.

Padahal, ada jutaan laman crowdfunding di luar sana sehingga memperkecil kemungkinan kampanye Anda bisa ditemukan.

Tapi jangan khawatir! Dengan mempromosikan kampanye Anda pada hari yang sama ketika website dibuat, Anda bisa mendorong pemasaran lebih luas.

Faktanya, hampir setengah dari dana kampanye yang berhasil dikumpulkan dalam 3 hari pertama dan terakhir kampanye. Ini artinya, Anda masih memiliki waktu untuk menyebarkan dan membagikan website/ landing page penggalangan dana.

Berikut adalah beberapa orang yang berpotensi besar memberikan donasi:

· Teman-teman

· Anggota keluarga

· Anggota komunitas

Hampir setiap platform penggalangan dana memiliki fitur berbagi yang memungkinkan Anda menyebarkan info terkait kampanye Anda melalui email, Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya.

Jadi, sangat penting bagi Anda memanfaatkan sepenuhnya.

Contohnya, Anda bisa mempromosikan crowdfunding sejak hari ke-2 peluncuran. Semakin awal mempromosikannya, semakin besar kemungkinan mencapai target penggalangan dana.

Baca juga: 5 Cara Mudah Galang Donasi Secara Online

Tips Crowdfunding #3: Mintalah donasi pada orang yang tepat

Sebenarnya, sama halnya berjualan kita perlu menemukan siapa target audiens yang tepat. Anda yang paling tahu jaringan Anda, lebih dari siapapun.

Misalnya, ada orang yang pernah kehilangan keluarga tercinta karena sakit kanker. Merekalah yang berpotensi besar mau menyumbang pada jenis kampanye crowdfunding untuk penelitian kanker.

Begitu pula, ketika Anda menjalankan kampanye crowdfunding untuk politisi tertentu, kemungkinan besar Anda tak akan menerima sumbangan apapun dari pihak lawan politiknya.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang akan memberikan donasinya untuk proyek kampanye Anda, dan itu bukan masalah.

Tapi kalau Anda ingin memaksimalkan waktu dan energi agar penggalangan dana berjalan sukses, hindari beberapa orang yang berpotensi tidak akan berkontribusi pada kampanye Anda, ya!

Lebih baik fokus pada orang-orang yang kemungkinan besar mau menyumbang pada kampanye Anda. Misalnya, Anda bisa meminta sumbangan pada followers di Instagram.

Dengan meminta donasi pada orang yang tepat, Anda membangun basis donatur yang kuat dan suportif. Tak lupa, jelaskan pada donatur kemana uangnya akan digunakan dan dipertanggung jawabkan dengan baik.

Tips Crowdfunding #5: Tawarkan insentif

Insentif adalah salah satu trik memikat donatur, tetapi insentif hanya berfungsi pada jenis kampanye tertentu. Misalnya, jenis kampanye penggalangan dana untuk pemakaman, tentunya insentif akan menjadi hal yang tak lazim.

Sementara itu, kampanye crowdfunding untuk bisnis kreatif, perjalanan, bahkan pernikahan dan bulan madu bisa menjadi kesempatan sempurna menawarkan insentif pada donatur. Hal ini karena agar donatur tertarik menyumbangkan uangnya pada kampanye Anda.

Ada beberapa jenis insentif atau hadiah yang menarik para donatur, di antaranya:

· T-shirt

· Topi dan aksesoris

· Kerajinan tangan

· Voucher belanja

· Tiket gratis untuk pertunjukan, konser, atau permainan

Menawarkan insentif tidak hanya membuat donatur mengingat kampanye Anda, tetapi juga mendorong mereka untuk memberi lebih banyak lagi!

Tips Crowdfunding #6: Tulis copywriting menarik

Terkadang, laman atau website kampanye yang sudah dibuat menjadi terlihat “hampa” tanpa adanya beberapa kalimat pendukung.

Inilah pentingnya bagi Anda membuat copywriting yang menarik sehingga saat dibagikan melalui email atau media sosial akan semakin memikat donatur.

Meskipun Anda mahir membuat copywriting tetapi terkadang ada kalanya mengalami kebuntuan. Solusinya? Gunakan fitur MAIA (Mayar AI Assistant) untuk membantu Anda dalam hal pembuatan copywriting otomatis.

Anda akan dibantu MAIA untuk membuat headline, judul, pencarian gambar, serta lebih mudah menyesuaikan gaya penulisan dengan genre tertentu. Ditambah lagi, MAIA dapat menambahkan tombol call-to-action dengan sekali klik. Kini membuat copywriting bukan lagi masalah dan bisa menambah inspirasi Anda.

Agar copywriting landing page kampanye penggalangan dana terlihat lebih bersinar dibandingkan yang lain, berikut beberapa ide yang bisa diterapkan:

· Membuat ide kampanye dengan menceritakan kisah Anda secara singkat.

· Memberi tahu donatur ke mana dana akan disalurkan.

· Berikan contoh pencapaian Anda di masa lalu.

· Bicarakan tentang seberapa banyak telah Anda hasilkan dan berapa banyak target dana yang dibutuhkan.

· Dll

Apapun gaya copywriting Anda, pastikan agar dibuat jelas dan singkat. Kemungkinan pembaca atau audiens hanya punya waktu kisaran 3-5 menit untuk membaca sekilas dan memahami bahwa Anda sedang menggalang donasi.

Oleh karenanya, copywriting untuk email marketing, unggahan posting Facebook, Twitter, atau promosi lainnya harus dibuat padat dan jelas.

Tip Crowdfunding #7: Perbarui website crowdfunding anda

Kampanye crowdfunding adalah penggalangan dana berkelanjutan. Tidak seperti acara penggalangan dana (yang biasanya berlangsung satu hari), kampanye crowdfunding dapat berlangsung berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan dan memerlukan concern khusus.

Sebisa mungkin Anda perlu memperbarui website/ landing page penggalangan dana secara teratur karena alasan berikut:

· Website kampanye yang selalu diupdate, lengkap dengan foto baru dan pembaruan tertulis, terlihat lebih menarik daripada halaman yang tidak berubah sejak hari peluncurannya. Ini menunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam kampanye Anda.

· Saat Anda memperbarui halaman kampanye crowdfunding, Anda terus memantau donatur.

· Orang-orang yang telah memberikan donasi atau sedang mempertimbangkan untuk menyumbang pada kampanye Anda ingin mengetahui kemajuan proses kegiatan tersebut. Saat Anda memposting pembaruan di laman kampanye crowdfunding, Anda dapat memberi tahu para donatur tentang kemana donasi mereka disalurkan.

Agar postingan ini benar-benar dibaca, buatlah postingan yang singkat dan menarik, sertakan gambar atau video.

Media gambar dan video sangat penting karena memperjelas situasi perkembangan donasi yang disalurkan. Selain itu, para donatur juga bisa tetap mengetahui kemajuan kegiatan kampanye Anda.

Baca juga: Mudah & Cepat, 5 Alternatif Penggalangan Dana bagi Yayasan

Terima Donasi dan Kelola Donatur Cukup Dalam Satu Platform Mayar!

Penggalangan dana bukanlah hal sepele. Meskipun semua orang mungkin bisa menggunakan platform penggalangan dana, tetapi para donatur akan memilih siapakah fundraiser atau penggalang dana yang layak dibantu.

Gunakan Mayar sebagai platform pengelola donatur dan terima pembayaran donasi secara praktis, kredibel, dan aman.

Mayar adalah software dengan fitur canggih dan modern berbasis no-code platform untuk membuat kampanye program galang dana, terima donasi rutin, sampai broadcast kampanye dan manajemen donatur.

Fundraiser dapat memanfaatkan platform Mayar dengan biaya terjangkau dan berbagai opsi pembayaran digital.

Fitur-fitur Penggalangan Dana Mayar

Adapun beberapa fitur modern Mayar dibuat untuk menyederhanakan tugas penggalangan dana seperti pengelolaan donatur dan terima pembayaran donasi melalui tautan/ link, berikut di antaranya:

Donasi Rutin

Course Review

Data Donatur

Blast Email

Analytics

Online Payments

Integrasi Zapier hingga 5000+ aplikasi

Web Donasi

Galang Dana

Qurban

Zakat

Export Data

Portal Donatur

Pengingat Donasi

Siap rilis penggalangan dana secara instan

Tak perlu repot membuat website atau aplikasi yang rumit, dengan Mayar Anda dapat segera menggalang dana yang dibutuhkan dalam hitungan menit. Mayar memberikan solusi pembuatan landing page/ website secara otomatis.

Fiturnya juga komplit, meliputi:

· Penargetan donatur

· Doa bagi para donatur

· Portal donatur

· Informasi terupdate

· Broadcast media sosial

· Tombol 1-Click bayar donasi, dll

Semua fitur tersebut bisa Anda dapatkan dengan fee terjangkau, bahkan bagi pebisnis pemula dapat memulai secara gratis Rp 0, -

Apapun tujuan galang dana dan dimanapun Anda berada, yuk segera daftar akun Mayar hari ini untuk memulai pengumpulan donasi yang bermanfaat. Info selengkapnya silakan email info@mayar.id atau kepoin akun Instagram @mayar_id.

Anda juga bisa mengunduh berbagai e-Book seputar bisnis tanpa biaya (gratis) melalui link Learning Mayar ini.