Cara Dapatkan Uang Dari Internet, Jual Karya Digital di Mayar!

Cara Dapatkan Uang Dari Internet, Jual Karya Digital di Mayar!

Di masa lalu, para pedagang harus mendatangi langsung para pelanggan dari satu pintu ke pintu lain.

Namun, berkat kecanggihan teknologi internet, dunia berubah. Era digital, telah mengubah perdagangan ke dalam bentuk yang mungkin belum terbayangkan beberapa abad silam.

Bahkan, Anda bisa mendapatkan uang yang terus mengalir ke rekening bank, meskipun sedang tidur atau tanpa keluar rumah.

Produk digital membuat para pencari cuan berupaya membuka pasar baru di era modern. Contoh yang paling mudah, seperti industri musik.

Di era 80-an, penggemar musik harus rela antri membeli kaset di toko. Akan tetapi, sekarang musik apapun dapat diperoleh dari iTunes atau Spotify melalui genggaman tangan.

Pada tahun 1999, CD (compact disk) mulai merajai pasar dengan total penghasilan 90% bagi industri. Namun, setelah teknologi digital berkembang pada 2020, CD hanya menyumbang sekitar 5% saja, karena tergantikan oleh aplikasi modern.

Pelajaran yang bisa kita petik adalah pelanggan di era saat ini rela membayar atau membeli aksesibilitas langsung demi kepraktisan. Terlebih, kalau produk digital yang ditawarkan tidak dipungut biaya atau gratis.

Kalau Anda ingin menghasilkan cuan tanpa harus keluar rumah ataupun tetap dibayar ketika tidur, jualan produk digital adalah jawabannya!

Apa itu Produk Digital?

Produk digital adalah segala sesuatu yang dapat Anda bayar, lalu unduh dan konsumsi secara instan.

Dengan kata lain, produk digital adalah barang yang dapat dijual dalam bentuk digital dan kemudian dibeli dari perangkat online.

Contoh produk digital seperti berlangganan nonton film di Netflix, atau akses berlangganan membaca buku favorit di aplikasi Kindle, dan masih banyak lagi.

Ya, ini adalah produk digital!

Apakah Saya Bisa Membuat Produk Digital Dengan Modal Kecil?

Jangan khawatir, pasti bisa! Membuat produk digital yang terpenting adalah waktu.

Bahkan, dengan bermodalkan laptop, internet, dan keahlian Anda, mungkin Anda tidak perlu mengeluarkan uang modal sama sekali.

Perlu diingat, jika dapat dilihat secara online, maka Anda bisa menjualnya secara digital.

Anda hanya perlu mencari tahu bagaimana keahlian Anda bisa dibuat menjadi produk digital, kemudian bisa dipasarkan untuk memikat audiens.

Bagaimana Cara Jual Online Produk Digital Terbaik?

Ada banyak produk digital yang bisa Anda jual secara online. Kuncinya adalah Anda mau berusaha dan mencurahkan waktu untuk membuatnya.

Sebagai tambahan inspirasi, berikut adalah beberapa jenis produk digital terbaik yang umum dijual secara online dan bagaimana cara memasarkannya.

1. Video dan Kursus Online

Kebanyakan orang akan lebih mudah memahami atau mempelajari sesuatu hanya dengan melihat video tutorial.

Daripada harus membaca kalimat per kalimat berupa teks, video akan menerangkan topik pembahasan secara lebih gamblang dan praktik langsung.

Karena itu, di pasaran, video tutorial atau video learning harganya lebih mahal daripada eBook atau produk digital lainnya.

Ini berarti Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak uang.

2. e-Book

Dengan membuat dan memasarkan eBook, Anda akan memberikan akses pengetahuan dalam bentuk yang lebih nyaman diakses kapanpun. Misalnya, membaca eBook saat menunggu antrian, menaiki kereta api, menumpang angkutan kota, atau menghabiskan waktu santai.

Ini berarti eBook dapat dibawa oleh pembaca Anda ke mana saja. Selain itu, eBook mudah dipublikasikan.

Ikuti langkah pembuatan eBook berikut:

· Buka Google Docs atau Microsoft Word.

· Tulis isinya.

· Buatlah desain sampul di Canva.

· Simpan sebagai PDF.

· Buat akun Mayar (dibutuhkan 2 menit).

· Publikasikan ke Mayar.

· Mulai menjual.

3. Template dan Desain

Template dan desain adalah penyelamat bagi desainer UI, seniman, fotografer, desainer, dan desainer web.

Biasanya, template dapat dipakai instan untuk menghemat waktu pengerjaan tugas seperti presentasi, desain, pembuatan dokumen, dan lainnya.

Anda bisa menghasilkan uang dengan membuat berbagai jenis template yang siap dipakai instan.

4. Audio

Kalau Anda memiliki passion di bidang seni musik, maka menjual produk digital berupa audio akan sangat menguntungkan!

Misalnya, bisa berupa soundtrack, lagu, loop, dan bahkan efek suara.

Studio film, podcaster, streamer, dan pembuat konten selalu mencari audio baru untuk digunakan dalam pembuatan kontennya.

Bagi Anda yang sudah ahli dan berbakat di bidang seni olah audio, Anda juga bisa membuat video learning untuk mengajarkan orang lain. Sehingga, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

5. Aplikasi/ perangkat lunak

Contoh produk digital populer lainnya yang bisa dipertimbangkan adalah Anda bisa menjual tema situs web, aplikasi, atau perangkat lunak lain yang kemudian dapat dijual sebagai layanan (SaaS) yang berbayar.

Mayar Sebagai Alat Menjual Produk Digital, Alternatif Seperti Gumroad

Ada begitu banyak platform yang bisa dipakai untuk menjual produk digital dan mengalirkan pundi-pundi rupiah masuk ke rekening Anda, meskipun Anda sedang tidur. Salah satunya adalah Mayar sebagai platform penjualan produk digital di Indonesia.

Kalau Anda pernah mendengar aplikasi Gumroad dari luar negeri, di Indonesia sendiri aplikasi Mayar juga dilengkapi fitur fungsional dan menarik bagi konten kreator atau pembuat produk digital.

Konsumen Bisa Membeli Karya Anda dengan Fitur Produk Digital Download dari Mayar

Mayar dilengkapi fitur seperti integrasi pembayaran, penyimpanan file, pembuatan website dan landing page otomatis, serta keamanan link download yang terjamin.

Sehingga, menjual produk digital akan semakin praktis, modern, dan menyenangkan.

Dari sisi konsumen, mereka akan lebih tenang ketika membeli karya-karya digital Anda di Mayar dengan pengalaman belanja terbaik.

Tak perlu ribet mengirimkan link penyimpanan file secara manual, sebab Mayar yang akan menanganinya secara otomatis.

2. Apapun Format File, Kapasitas 1GB

Semua jenis format file karya digital Anda bisa diunggah di Mayar dengan kapasitas upload hingga 1GB. Termasuk, JPG, ZIP, MP4, PDF, dan lainnya semua bisa diupload ke Mayar.

3. Mengatur Kuota Pembayaran

Sebagai pemilik karya digital, Anda bebas mengatur dan mengelola batasan atau kuota pembayaran pembeli. Misalnya, Anda bisa mengatur promo diskon hanya untuk 30 orang pertama, atau unlimited.

4. Mengatur Tanggal Kadaluwarsa

Dalam penawaran terbatas, link akan tertutup otomatis jika melewati tanggal kadaluwarsa. Namun, Anda juga bisa mengaktifkan selamanya.

5. Mengelola Data Pelanggan

Data pelanggan seperti email, nama, nomor telepon tersimpan dengan aman dan terorganisir di dashboard Mayar.

Anda lebih mudah menyusun database pelanggan untuk analisis strategi pemasaran berikutnya. Seperti produk apa yang paling laris, siapa saja pelanggan terbanyak, segmentasi tiap produk, dan lainnya.

6. Analisis Metode Pembayaran Terfavorit

Periksa di Dashboard Mayar apa pilihan metode pembayaran favorit pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat penawaran dan promo agar semakin meningkatkan penjualan.

7. Kemudahan Ekspor Data EXCEL/ CSV

Buat katalog dengan sekali klik tombol ekspor data Excel atau .CSV. Selanjutnya, Anda bisa berjualan karya digital di aplikasi chat atau medsos dan membagikan katalog Anda.

Berjualan bebas ribet karena pembeli juga bisa langsung membayar setelah mengklik katalog yang dibagikan di chat atau medsos.

9. 7. Embed Tombol Checkout

Mayar didukung embed tombol Checkout yang praktis dan tanpa pengetahuan teknis sama sekali. Cukup drag-n-drop tombol checkout atau copy-paste di website atau landing page, dan konsumen bisa membeli karya digital Anda.

Jualan Produk Digital Dapatkan Penghasilan Pasif Tanpa Keluar Rumah, Siapapun Bisa!

Mendapatkan penghasilan sampingan dengan menjual produk digital secara online, semakin mudah dengan platform Mayar.id.

Tak perlu pusing membuat website atau landing page sendiri, serahkan pembuatan website secara otomatis pada platform Mayar.

Lebih baik mencoba sekarang dan gagal, daripada tidak pernah mencoba sama sekali, kan?

Apalagi yang Anda tunggu? Siapa tahu, bahkan meski karya digital hanya sedikit peminatnya, Anda masih bisa menghasilkan gaji pasif yang terus mengalir, meskipun Anda masuk ke kantor atau rebahan di rumah.

Yuk, coba aja dulu membuat produk digital pertama Anda dan menjualnya di Mayar. Sign up Mayar secara gratis di sini hanya butuh 2 menit!