Jualan Produk Digital Terbaik Tahun 2022, Siap-siap Cuan!

Jualan Produk Digital Terbaik Tahun 2022, Siap-siap Cuan!

Memasuki tahun Macan Air, Anda mungkin berencana memulai bisnis produk digital? Keputusan ini sudah tepat! Produk digital memang tidak bisa disentuh atau dicicipi, tapi hampir semua orang mengonsumsinya. Kenapa begitu?

Pasalnya, produk digital semakin populer dan mudah didistribusikan. Mulai dari musik, video, eBook, hingga kursus online, semuanya bakal menjadi konsumsi publik setiap hari. Meluncurkan produk digital untuk dijual pada tahun 2022 akan menjadi penambah cuan yang menjanjikan.

Tapi, gimana caranya jualan produk digital secara online? Dan apa saja produk-produk digital yang paling prospektif tahun 2022? Panduan berikut ini akan membantu Anda, wajib simak terus, ya!

Apa itu produk digital?

Bila Anda masih awam dengan produk digital, ini saatnya mempelajari lebih dalam tentang produk digital. Biasanya, produk digital adalah bagian dari media yang bisa dijual atau didistribusikan berulang kali secara online tanpa perlu memikirkan stok/ persediaan secara fisik.

Contoh produk digital yang populer adalah file digital yang bisa diunduh atau streaming. Yap, seperti PDF, video, plug-in, ekstension, template, hingga musik MP3.

Kenapa saya harus jualan produk digital, apa keunggulannya dibanding produk fisik?

Secara bentuk saja, produk digital sudah berbeda dengan produk fisik pada umumnya. Ada beberapa keunggulan yang menarik, di antaranya:

· Biaya overhead rendah. Anda tidak perlu menyimpan atau kulakan stok, maupun khawatir akan ongkos kirim

· Margin keuntungan tinggi. Tidak ada biaya barang yang berulang, jadi bisa dibilang sebagian besar penjualan adalah keuntungan bersih.

· Potensi untuk diotomatisasi. Pesanan dapat dikirimkan secara instan, dan otomatis.

· Produk yang fleksibel. Anda dapat menawarkan produk gratis untuk membuat daftar email, langganan berbayar bulanan untuk akses ke konten digital eksklusif, atau lisensi untuk menggunakan produk digital Anda. Anda memiliki banyak pilihan untuk mengembangkan bisnis produk digital sesuka hati.

· E-learning adalah masa depan pendidikan. Anda memiliki peluang besar untuk memperluas bisnis produk digital terutama di bidang pendidikan/ edukasi. Pada 2026, diperkirakan industri e-learning akan bernilai $374 miliar.

Apa saja produk digital terbaik untuk dijual online tahun 2022?

Untuk menambah inspirasi bisnis, jelajahi daftar produk digital terbaik yang tercantum di bawah ini:

1. Produk pendidikan.

Kursus online paling cocok untuk konten e-Book atau modul digital. Mulai dari presentasi, hingga video walk-through. Saat membuat kursus online, mulailah dengan meneliti, apa yang diinginkan pembaca dan apa yang diperoleh di akhir kursus?

Sertakan kuis, atau tanya-jawab interaktif dalam kursus ini untuk membuat pembelajaran dan kursus elektronik lebih menarik.

2. Tutorial resep masakan/ kue.

Jarang disadari, selama pandemi COVID-19, banyak orang yang kembali ke dapur dan membuka tutorial resep agar bisa mengolah sendiri makanan sehari-hari.

Selain dianggap lebih menyehatkan, memasak sendiri juga lebih ekonomis dan bisa menjadi hobi yang berpeluang bisnis. Nah, produk digital tentang tutorial membuat makanan/ kue adalah informasi penting yang bisa dijual kepada pecinta kuliner.

Apalagi, jika tutorial membuat kue tersebut menampilkan chef terkenal atau ahli pastry. Sudah pasti, konten digital Anda akan laris!

3. Lisensi untuk menggunakan aset digital Anda.

Contoh dari produk digital ini adalah EditStock. EditStock menjual lisensi bagi penggunanya untuk menggunakan rekaman stoknya sendiri.

Mulai dari stok foto, rekaman video, musik dan efek suara, produk digital berlisensi seperti ini adalah aset berharga bagi content creator. Misalnya, untuk membuat materi iklan.

Dengan menawarkan lisensi kepada individu dan bisnis, Anda dapat mengenakan biaya untuk penggunaan foto, video, musik, perangkat lunak, dan produk digital teratas serupa di toko Anda sendiri dan melalui pasar online, seperti situs stok foto.

Sebagai imbalan untuk eksposur, beberapa pasar ini dapat mengambil komisi hingga 50% untuk setiap penjualan. Bila perlu, pastikan untuk melindungi produk digital Anda dengan watermark, terutama jika Anda menjual foto.

3. Situs keanggotaan.

Contoh produk digital situs keanggotaan adalah Snowboard Addiction. Situs ini menawarkan langganan konten pendidikan premium bagi para snowboarder.

Alih-alih berfokus pada cara menjual produk digital satu per satu, Anda dapat menggabungkannya di balik langganan berbayar untuk menghasilkan pendapatan berulang.

Pendekatan untuk menjual produk digital ini sangat ideal jika Anda berencana untuk memiliki database konten premium yang terus berkembang dan mengembangkan komunitas.

Dalam beberapa kasus, langganan digital berbayar bahkan dapat menciptakan peluang untuk secara langsung memonetisasi konten marketing. Karena konten marketing ini hanya bisa diakses oleh pelanggan yang membayar melalui akun berlangganan.

Anda bisa membangun ide bisnis ini dengan aplikasi seperti Mayar.id untuk penagihan langganan berulang (recurring payment) maupun landing page dan sistem check-outnya.

4. Template.

RetroSupply Co. menjual alat dan aset digital untuk desainer. Produk digital juga bisa hadir dalam bentuk template yang membantu para profesional menyelesaikan pekerjaan denga lebih mudah dan tanpa menghabiskan banyak waktu.

Beberapa contoh cara menjual produk digital secara online dengan cara ini antara lain:

· Template strategi pemasaran digital untuk pengusaha.

· Template CV/ resume untuk pencari kerja.

· Aplikasi seluler untuk bisnis.

· Template desain grafis untuk brosur, flyer, poster, dll.

· Filter dan plugin Adobe Photoshop untuk editor media.

· Huruf/ font, gambar icon, alat Kit UX untuk desainer web, dll.

Jika Anda seorang freelancer, mungkin ada baiknya mempertimbangkan bagaimana mengubah layanan dan skill Anda menjadi produk digital yang menciptakan aliran penghasilan pasif setiap bulan.

5. Musik atau seni.

Contoh lain dari produk digital di bidang musik digital adalah Materia Collective yang menjual lembaran musik digital untuk soundtrack video game.

Bagi Anda yang menyukai seni musik, ada banyak produk digital yang bisa dijual. Selain kaos print on-demand atau custom print, Anda bisa menjual lagu atau nada dering (ring tone).

Di sisi lain, banyak kartunis yang menjual produk cetak, wallpaper, dan lainnya. Bahkan, sinematografer bisa menjual film pendek atau potongan adegan film tertentu.

6. Layanan.

Mau bisnis produk digital secara online, tapi bingung mau jualan apa? Bagaimana jika meniru ide Street Parking yang menjual program pelatihan kebugaran/ fitness pribadinya menjadi produk digital untuk dijual sebagai langganan bulanan.

Misalnya, Anda bisa menawarkan tutorial latihan olahraga, konsultasi dengan biaya tertentu, saran pola makan dan nutrisinya, serta laporan kemajuan proses kebugaran yang disesuaikan kebutuhan pelanggan.

Menciptakan produk digital terbaik untuk bisnis Anda.

Gak perlu repot memikirkan stok barang atau menghitung ongkos kirim, semua jenis produk digital bisa menjadi ide bisnis yang menguntungkan.

Ada banyak cara Anda dapat membuat konten digital terbaik untuk dijual dan mengembangkan bisnis Anda. Dengan sedikit strategi cerdas dan investasi waktu di awal membangun bisnis, Anda bisa menghasilan pendapatan pasif setiap bulan, meskipun sedang tidur.

Bagaimana, siap untuk membuat bisnis produk digital pertama Anda?